15 March 2019

Inilah 5 Mitos Perut Kembung yang Perlu Diluruskan

perut terasa kembung, produksi gas yang berlebihan, Perut Kembung Karena Kekenyangan

Halodoc, Jakarta - Perut yang terasa kembung merupakan salah satu masalah yang terjadi pada pencernaan. Kondisi ini bisa terjadi pada siapapun dalam usia berapapun, serta disertai dengan rasa mual dan ingin muntah. Perut kembung terjadi karena produksi gas yang berlebihan, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. Beberapa hal di bawah ini merupakan mitos perut kembung yang perlu diluruskan.

Baca juga: Kenali Perut Kembung dan Solusi Mengatasinya

  • Perut Kembung Karena Kekenyangan

Perut yang kekenyangan enggak bisa buat kamu jadi kembung, kecuali kamu memakan banyak kadar gula pada makanan yang kamu konsumsi. Beberapa kondisi yang juga bisa menyebabkan perut kembung adalah gangguan pencernaan, gastroparesis (kondisi saat otot lambung lemah dan mengganggu kemampuan mencerna makanan), serta adanya ketidakseimbangan bakteri pada usus halus.

  • Perut Kembung Karena Makan Garam

Garam bukan menjadi penyebab spesifik seseorang mengidap perut kembung. Garam yang dikonsumsi bertugas untuk menahan simpanan air yang ada di dalam tubuh. Jika terlalu banyak dikonsumsi, bisa membuat pembengkakan pada daerah tempat garam disimpan. Kondisi ini bisa disebut juga dengan retensi air. Kondisi ini bisa membuat perut kamu jadi terasa enggak nyaman karena adanya pembengkakannya.

  • Perut Kembung Karena Banyak Makan Buah

Mitos ini sangat enggak dibenarkan, ya! Kamu hanya akan mengalami perut kembung jika kamu mengonsumsi buah dengan kandungan fruktosa, sorbitol, dan zat gula yang berlebihan. Salah satu contoh buah yang mengandung tiga zat tersebut adalah apel, persik, dan sirsak.

Baca juga: Inilah Beberapa Penyakit yang Ditandai dengan Perut Kembung

  • Perut Kembung Karena Konsumsi Kacang-Kacangan

Sebenarnya bukan masalah jika kamu mengonsumsi kacang-kacangan, tetapi kamu tetap perlu mengontrol intensitasnya. Jika kamu mengalami gangguan pencernaan, inilah yang akan membuat kamu mengalami perut kembung. Hal ini terjadi karena kacang-kacangan dicerna dengan baik oleh bakteri usus besar, sehingga menghasilkan gas.

  • Perut Kembung Karena Konsumsi Makanan Tertentu

Mitos ini pasti sering kamu dengar, yaitu ada makanan yang bisa meredakan perut kembung. Faktanya, perut kembung hanya bisa disembuhkan jika sudah diketahui penyebabnya. Sebagai contoh, jika perut kembung disebabkan oleh naiknya asam lambung, kamu perlu mengonsumsi obat maag yang bekerja mengurangi produksi asam lambung. Dengan begitu, perut kembung yang kamu rasakan bisa cepat mereda.

Jika perut kamu terasa kembung dan kamu mencoba untuk makan makanan tertentu, perut bisa semakin terasa enggak nyaman. Selain itu, bisa jadi kondisi perut kembung yang sedang kamu alami akan semakin parah.

Proses pencernaan sendiri akan dibantu oleh bakteri yang berada di dalam usus. Jika makanan yang kamu konsumsi banyak mengandung gas, inilah yang menyebabkan perut begah dan kembung. Beberapa hal juga bisa memicu produksi gas berlebih, seperti mengunyah permen karet, kebiasaan mengemut permen, minum lewat sedotan saat minum minuman bersoda atau berkarbonasi, serta stres dan cemas.

Baca juga: Inilah 5 Cara Atasi Perut Kembung

Lebih baik kamu diskusikan langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui Chat atau Voice/Video Call jika kamu mengalami keluhan tentang perut kembung. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa langsung membeli obat yang telah diresepkan oleh dokter, dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu kurang dari satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!