• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Stres, Ini 7 Manfaat Curhat ke Psikolog Pernikahan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Stres, Ini 7 Manfaat Curhat ke Psikolog Pernikahan

Cegah Stres, Ini 7 Manfaat Curhat ke Psikolog Pernikahan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Juli 2022

“Stres bisa terjadi karena banyak hal, sering pula dijumpai karena perihal pasangan atau rumah tangga. Tak ada salahnya untuk curhat ke psikolog pernikahan untuk membantu mengatasi permasalahan yang kamu hadapi.”

Cegah Stres, Ini 7 Manfaat Curhat ke Psikolog Pernikahan

Halodoc, Jakarta – Pernikahan tidak selamanya berjalan seperti diharapkan. Perbedaan menjadi hal yang tidak dapat dihindari, apalagi kamu dan pasangan pastinya memiliki karakter yang sama sekali berbeda. Namun, apabila perselisihan atau masalah pernikahan yang kamu alami dengan pasangan tidak kunjung menemukan jalan keluar, berarti sudah saatnya kamu membutuhkan konseling ke psikolog pernikahan. 

Mengenal Konseling Pernikahan

Konseling psikolog pernikahan atau terapi pasangan menjadi bentuk psikoterapi yang ditujukan khusus untuk pasangan yang telah menikah. Terapi ini bisa membantu pasangan untuk mengetahui dan mendapatkan solusi terbaik semua permasalah rumah tangga yang sedang dialami. 

Konseling pernikahan biasanya dilakukan oleh suami istri yang sedang berada di ambang perceraian, atau pasangan yang ingin mendapatkan kembali sisi intim atau romantis. Melalui konseling, diharapkan pasangan dalam membuat suatu keputusan bersama yang terbaik untuk menguatkan ikatan pernikahan. 

Berbeda dengan terapi psikologi lainnya, konseling psikolog pernikahan seringnya tak membutuhkan waktu yang panjang. Konseling juga bisa dilakukan bersama atau sendiri. Ini bergantung pada kondisi dan masalah yang dialami setiap individu dan pasangan. 

Lantas, apa saja sih manfaat curhat dengan psikolog pernikahan?

Manfaat Curhat ke Psikolog Pernikahan

Seperti bentuk terapi psikologi lain, tentu ada manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan konseling ke psikolog pernikahan. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Membantu kamu dan pasangan untuk mengenali masalah dan mendapatkan solusi terbaik terhadap permasalahan tersebut. 
  • Mendapatkan pandangan lain untuk mengenali dan menyelesaikan permasalahan rumah tangga di masa mendatang. 
  • Membantu menjalin komunikasi yang lebih baik dengan pasangan, sehingga masing-masing akan merasa terhubung, dipahami, dan pastinya didengarkan.
  • Membentuk kerja sama yang lebih baik lagi dalam menjalani hubungan pernikahan dan rumah tangga. 
  • Membantu mencapai tujuan pernikahan seperti harapan.
  • Membantu mengurangi stres akibat berbagai masalah pernikahan yang sedang dihadapi.
  • Membantu menentukan komitmen baru atau menegaskan kembali alasan pasangan harus berpisah. 

Efektifkan Menjalani Konseling Psikolog Pernikahan?

Konseling ke psikolog pernikahan dipercaya cukup efektif untuk membantu menyelesaikan permasalahan pasangan yang sudah menjalani rumah tangga. Seperti sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Marital and Family Therapy yang menyebutkan, sebanyak 7 dari 10 pasangan berhasil mempertahankan rumah tangganya setelah melakukan terapi ke psikolog pernikahan. 

Meski begitu, hasil tersebut tidak dirasakan sama oleh semua pasangan. Tentunya, ada banyak faktor yang turut berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan terapi tersebut. Salah satunya yaitu pasangan yang memang sudah mantap untuk berpisah, dan tidak mau lagi mempertahankan rumah tangga mereka. 

Selain itu, faktor lain yang memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap keberhasilan terapi pernikahan adalah kekerasan dalam rumah tangga. Biasanya, kondisi ini membuat korban mengalami trauma hebat. Alhasil, ia  tidak mau lagi untuk bersama pasangan atau melanjutkan hubungan pernikahan mereka. 

Jadi, jangan ragu untuk melakukan konseling ke psikolog pernikahan apabila kamu mengalami masalah pernikahan dengan pasangan. Apalagi jika tidak kunjung mendapatkan solusi atau jalan terbaiknya. 

Kamu bisa langsung tanya ke psikolog secara online melalui aplikasi Halodoc. Cek pula kebutuhan vitamin untuk menunjang kesehatan tubuh melalui fitur Toko Kesehatan. Kamu bisa download aplikasi Halodoc secara gratis di App Store maupun Play Store.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Marriage counseling.
Good therapy. Diakses pada 2022. Find a Marriage Counselor and Learn About Marriage Counseling.
Journal of Marital and Family Therapy. Diakses pada 2022. Research on the Treatment of Couple Distress.