20 July 2018

Cek 4 Makanan Sumber Kalsium Terbaik untuk Vegetarian

vegetarian, sumber kalsium vegetarian,

Halodoc, Jakarta – Ada banyak alasan yang membuat seseorang memilih untuk menjadi seorang vegetarian. Secara umum, vegetarian dikenal sebagai pola makan yang tidak mengonsumsi daging, atau produk olahan hewani. Salah satu faktor seseorang memutuskan menerapkan pola makan vegetarian adalah alasan kesehatan. Misalnya, untuk menjaga berat badan, maupun kadar kolesterol. Selain itu, pola makan vegetarian pun dianggap dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, dan beberapa penyakit lainnya.

Meski menjanjikan hal yang positif, vegetarian ternyata juga harus memperhatikan asupan nutrisi lain. Pasalnya, untuk mendapatkan tubuh yang sehat, menjaga nutrisi yang seimbang adalah hal yang sangat dibutuhkan, salah satunya memastikan tubuh mendapat asupan kalsium yang tinggi. Kalsium berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Baca juga: Ingin Sehat, Haruskah Jadi Vegetarian?

Sebagian besar vegetarian memenuhi asupan kalsium dengan mengonsumsi produk susu, yaitu sumber kalsium terbaik. Nah, selain susu, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi sumber kalsium terbaik. Tentunya yang sesuai untuk para vegetarian. Apa saja?

 

  • Brokoli

 

Salah satu jenis sayuran yang tinggi akan kandungan kalsium adalah brokoli. Dalam satu mangkuk atau sekitar 100 gram brokoli mentah, terdapat kandungan kalsium hingga 86 miligram. Salah satu cara untuk mendapat kalsium, dan kandungan nutrisi lain yang ada dalam brokoli adalah dengan memperhatikan cara memasaknya.

Untuk mendapatkan nutrisi dengan baik, cobalah untuk mengukus brokoli kemudian makan segera setelah matang. Selain kalsium, brokoli juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat membuat tubuh lebih sehat.

Baca juga: Nutrisi Penting untuk Diet Vegetarian

 

  • Daun Kale

 

Selain brokoli, daun kale juga sangat bisa diandalkan untuk asupan kalsium bagi vegetarian. Daun hijau ini sangat baik untuk dikonsumsi untuk mendapatkan tulang yang lebih padat dan sehat. Cara memasak daun kale yang baik adalah dengan menumisnya. Makanlah daun kale yang sudah dimasak setidaknya sekali sehari untuk mendapatkan manfaat terbaiknya. Selain kalsium, daun kale juga kaya akan serat dan berbagai vitamin, di antaranya vitamin A dan C.

 

  • Sawi

 

Sawi yang memiliki daun berwarna hijau juga sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Jenis sayuran yang satu ini cukup mudah untuk ditemukan di pasar. Agar kesehatan tulang dan gigi tetap terjaga, jangan lupa untuk memasukkan sawi dalam menu makan harian kamu. Selain kalsium, sawi  juga kaya akan vitamin dan mineral serta serat yang membuat kulit jadi awet muda karena kaya antioksidan.

 

  • Edamame

 

Edamame alias kedelai hijau juga memiliki cukup banyak kandungan kalsium. Bagi para vegetarian, cobalah untuk rutin mengonsumsi jenis makanan ini. Mengonsumsi setidaknya semangkuk edamame yang direbus disebut sudah dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian. Selain memasukkan dalam menu makanan besar, kamu juga bisa menjadikan edamame sebagai camilan sehat. Makanan ini pun dapat membantu menunjang program diet karena dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Tips untuk Memulai Diet Vegetarian

Selain menjaga pola makan, tubuh yang sehat dan bugar juga bisa didapat dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi suplemen tambahan. Lebih mudah beli suplemen atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!