Nutrisi Penting untuk Diet Vegetarian

Nutrisi Penting untuk Diet Vegetarian
DIET & NUTRISI 05 June 2018

Halodoc, Jakarta — Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dengan cara yang sehat, diet vegetarian adalah salah satu cara jitu yang bisa kamu pilih. Diet vegetarian sendiri bukan berarti kamu hanya makan sayur-mayur saja. Tergantung pada jenis nutrisi yang kamu butuhkan, beragam makanan bisa masuk dalam program dietmu. Berikut nutrisi penting kalau kamu menjalani diet vegetarian.

(Baca juga: Tips Menu Diet Vegetarian)

Protein

Protein membantu menjaga kesehatan kulit, tulang, otot dan organ dalam lainnya. Telur dan produk dairy juga merupakan sumber protein yang baik. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan asupan protein yang cukup dari makanan yang berasal dari tumbuhan kalau kamu mengonsumsi beberapa macam dalam sehari. Sumber yang berasal dari tumbuhan adalah produk kedelai dan produk pengganti daging merah, kacang-kacangan, biji-bijian, dan gandum utuh.

Omega-3

Lemak baik dari omega-3 sangatlah penting untuk menjaga kesehatan jantung. Program diet yang tidak memperbolehkan adanya ikan dan telur biasanya hanya memberikan tubuhmu omega-3 dalam jumlah yang kecil. Untuk mengatasi ini, kamu bisa mengonsumsi produk yang difortifikasi atau suplemen tambahan. Suplemen atau vitamin tambahan bisa kamu dapatkan dari aplikasi Halodoc, lho! Di sini, kamu hanya perlu order melalui aplikasi dan pesanan akan diantar ke tempat kamu dalam waktu satu jam. Selain itu, kamu juga bisa tanya jawab dengan dokter dan membuat janji untuk pemeriksaan lab. Download aplikasinya yuk di Google Play atau App Store!

Mineral dan zinc

Mineral adalah komponen penting untuk sel darah merah. Kacang-kacangan kering, sereal, produk gandum, sayuran hijau dan buah kering adalah sumber terbaik untuk mendapatkan mineral. Karena mineral tidak mudah diserap oleh sayuran, jumlah kebutuhan orang yang diet vegetarian akan mineral menjadi cukup tinggi. Untuk membantu tubuhmu menyerap mineral, konsumsi makanan yang kaya vitamin C, ya, seperti stroberi, jeruk, tomat, brokoli bersamaan dengan makanan yang mengandung mineral.

(Baca juga: Kalsium dan Vitamin untuk Program Diet Vegetarian)

Seperti mineral, zinc juga sulit diserap oleh sayuran. Keju adalah pilihan yang tepat untuk menambah zinc. Produk lainnya yang mengandung zinc adalah produk kedelai, gandum, dan kacang. Zinc penting untuk enzim tubuh dan untuk pembagian sel serta pembentukan protein.


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

20 August 2018

Rata-rata orang Jepang memiliki harapan hidup yang lebih tinggi alias panjang umur. Ternyata rahasianya ada pa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

20 August 2018

Mengetahui ada begitu banyak manfaat dari squat, ada baiknya kamu mengaplikasikan tips squat yang efektif meng...

Selengkapnya

SEKS

20 August 2018

Ternyata selain pola makan, wasir juga bisa muncul atau kumat karena stres. Selain stres, beberapa faktor yang...

Selengkapnya