Tips untuk Memulai Diet Vegetarian

Tips untuk Memulai Diet Vegetarian
DIET & NUTRISI 31 May 2018

Halodoc, Jakarta — Diet vegetarian yang dilakukan dengan baik dan benar bisa membuatmu bahagia, lho! Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Nutrition Journal tahun 2012, pola makan omnivora, yaitu yang makan makanan hewani dan nabati, mengandung lebih banyak asam arachidonic lebih banyak daripada pola makan vegetarian. Asam ini menstimulasi perubahan di otak yang membuat mood kamu menurun.

(Baca juga: Kenalan dengan Diet Vegetarian untuk Turunkan Berat Badan)

Tapi merubah pola makan dan membatasi asupan makanan tertentu tidak selalu mudah. Ditambah lagi, ada beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuhmu tapi tidak diproduksi sayuran atau buah. Untuk mengatasi ini, kamu bisa mengonsumsi vitamin tambahan, kok!

Nah, untuk mempermudah transisi pola makanmu, berikut adalah tips untuk kamu yang mau mulai mencoba pola diet vegetarian yang jauh lebih sehat dari pada pola makan normal.

Bagi kamu yang sering bepergian jauh, pesanlah makanan vegetarian ketika memesan tiket pesawat. Di hotel juga kamu bisa makan oatmeal, kentang dan sayuran. Kalau kamu enggak bisa menemukannya di daftar menu, kamu bisa minta langsung ke pelayan. Persiapkan juga makanan instan yang sehat untuk jaga-jaga seperti oatmeal instan atau susu kedelai.

Saat kamu makan malam di luar, kamu bisa memesan menu sayuran. Misalnya sushi sayuran, nasi setengah porsi dengan sayur tanpa minyak, sup sayuran, pasta marinara, couscous, salad tanpa dressing, atau buah-buahan.

Di kantor, sebaiknya kamu menyiapkan sup instan yang sehat serta buah segar atau buah kering.

Ketika kamu baru memulai pola makan sehat dan menghindari makanan-makanan yang dulu sering kamu makan, biasanya keinginan makan justru meningkat. Makanya, sediakan makanan-makanan sehat di rumahmu. Pastikan selalu ada buah dan sayuran yang kamu sukai di lemari es atau di keranjang buah. Hindari stok makanan yang kurang sehat di rumah atau di tempat kerja. Jadi, saat kamu merasa lapar dan pingin makan yang kurang sehat, kamu bisa langsung memuaskan perasaan lapar itu dengan buah atau sayuran.

(Baca juga: Kalsium dan Vitamin untuk Program Diet Vitamin)

Kalau kamu mau membeli vitamin pendukung diet vegetarianmu ini, kamu bisa langsung download aplikasi Halodoc yang tersedia di App Store dan Google Play. Selain pesan antar obat dan vitamin, fitur lain yang bisa kamu nikmati di aplikasi ini adalah cek lab dan tanya jawab dengan dokter. Makanya, segera download yuk!


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya