• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Mimpi Erotis Sebabkan Mimpi Basah?

Cek Fakta: Mimpi Erotis Sebabkan Mimpi Basah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cek Fakta: Mimpi Erotis Sebabkan Mimpi Basah?

“Mimpi basah normal terjadi pada pria. Terlalu sering, jarang, atau hanya sekali seumur hidup mengalami mimpi basah juga dikatakan normal. Mimpi basah tidak selalu berhubungan dengan mimpi erotis. Pria dewasa dan wanita juga bisa mengalami mimpi basah.”

Halodoc, Jakarta – Mimpi basah merupakan peristiwa ejakulasi saat kamu sedang tidur. Ejakulasi berarti mengeluarkan air mani (cairan yang mengandung sperma) dari dalam penis. Seseorang akan mengalami mimpi basah jika sudah melewati masa pubertas dan testis mampu menghasilkan sperma.

Biasanya, mimpi basah terjadi saat seseorang bermimpi erotis, tapi sebenarnya ini tidak selalu. Bahkan, seseorang mungkin tidak mengingat apa yang dimimpikan. Dokter biasanya menyebut mimpi basah sebagai “emisi nokturnal” atau orgasme saat tidur. Agar lebih memahami tentang mimpi basah dan apakah selalu berkaitan dengan mimpi erotis, cek fakta berikut!

Baca juga:  Ejakulasi Dini Buat Hubungan Intim Suami Istri Terganggu?

  1. Terjadi Karena Tubuh Memproduksi Hormon Testosteron

Saat laki-laki melewati masa pubertas, tubuh mulai memproduksi hormon testosteron. Setelah tubuh membuat testosteron, sperma bisa dilepaskan. Ini artinya seorang laki-laki bisa membuahi sel telur wanita jika memutuskan untuk memiliki keturunan di kemudian hari. 

Selama masa pubertas, kamu mulai mengalami ereksi pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. Misalnya saat menonton TV atau di kamar mandi. Kamu bahkan bisa mengalami ereksi saat tidur. Air mani bisa menumpuk dalam tubuh, dan salah satu cara keluarnya air mani yaitu dengan mimpi basah. Bahkan, seseorang tidak perlu melakukan masturbasi untuk mengalami mimpi basah, dan bisa ejakulasi tanpa menyentuh penis. 

  1. Tidak Selalu Berhubungan dengan Mimpi Erotis

Belum ada bukti nyata bahwa mimpi basah berhubungan langsung dengan mimpi erotis atau jenis mimpi lainnya. Belum jelas juga apakah mimpi basah berkaitan dengan hasrat atau kebutuhan seksual yang tidak terpenuhi. 

Isi mimpi yang dialami saat tidur tidak selalu mencerminkan pengalaman atau preferensi kamu. Sifat erotis dari mimpi tidak selalu mencerminkan keinginan yang mendasarinya. Lalu,  sangat normal jika kamu tidak mengingat mimpi setelah bangun tidur. 

  1. Pria Dewasa Masih Bisa Mengalami Mimpi Basah

Mimpi basah tidak hanya dialami oleh remaja laki-laki saja. Sangat mungkin seorang pria mengalami mimpi basah saat dewasa, terutama jika kamu tidak melakukan masturbasi atau berhubungan seks. Namun, mimpi basah bukan berarti seorang pria tidak cukup mendapatkan hubungan seks atau tidak bahagia dengan pasangan. 

Baca juga: Hati-Hati, Ini 5 Efek dari Terlalu Sering Masturbasi pada Pria

  1. Wanita Juga Bisa Mimpi Basah

Meskipun wanita tidak menyadari terjadinya lubrikasi vagina saat tidur yang berhubungan dengan mimpi basah, diperkirakan wanita juga mengalami fenomena ini. Walaupun wanita juga mungkin mengalami mimpi basah, tapi istilah ini paling sering digunakan hanya untuk pria. 

Gairah seksual ini mungkin tidak menghasilkan orgasme. Hal ini mungkin juga jarang meninggalkan kelembaban di pakaian dalam atau di tempat tidur, seperti yang dialami oleh pria. Namun, mimpi basah pada wanita bisa meningkatkan pelumasan vagina.

  1. Mimpi Basah yang Keseringan Bisa Diatasi

Frekuensi mimpi basah bisa dikurangi dengan meningkatkan aktivitas seksual dengan pasangan atau mastrubasi, sehingga menghasilkan orgasme. Hal ini akan mengurangi ejakulasi saat tidur atau mimpi basah. Mengurangi kontak dengan alat kelamin, dengan tidur menyamping atau terlentang (selain tengkurap), juga bisa membantu mengurangi frekuensi mimpi basah.

Dalam kasus yang jarang terjadi, saat mimpi basah sudah sangat mengganggu, obat-obatan seperti antidepresan bisa digunakan untuk mengurangi frekuensi mimpi basah. Namun, obat-obatan ini juga mengurangi ejakulasi saat sedang terjaga. 

Baca juga:  Inilah Alasan Anak Lebih Cepat Mengalami Pubertas

Perlu dipahami, mimpi basah adalah bagian normal dari tumbuh dewasa.  Di samping itu, intensitas mimpi basah (tinggi/ sedang) tidak selalu menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan kesehatan atau kesuburan. 

Beberapa pria dapat mengalami mimpi basah beberapa kali dalam seminggu, tapi ada juga yang mengalami mimpi basah sekali dalam seumur hidup. Namun, jika kamu merasa khawatir dengan mimpi basah yang kamu alami, tanyakan saja pada dokter berpengalaman melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthy Male. Diakses pada 2021. All of your questions about wet dreams, answered
Very Well Health. Diakses pada 2021. What Wet Dreams During Sleep Mean to Sexual Health
WebMD. Diakses pada 2021. What Wet Dreams During Sleep Mean to Sexual Health