Biar Perut Enggak Keroncongan, Coba 6 Makanan Ini Saat Sahur

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Biar Perut Enggak Keroncongan, Coba 6 Makanan Ini Saat Sahur

Halodoc, Jakarta – Sahur bisa dikatakan sebagai waktu pengganti sarapan ketika menjalankan ibadah puasa. Hampir sama dengan sarapan, konsumsi makanan ketika sahur menjadi asupan energi yang baik untuk menjalankan ibadah puasa. Maka, kamu perlu perhatikan dengan baik asupan yang kamu konsumsi ketika sahur.

Baca juga: Alasan Perut Terasa Mual Saat Puasa

Sebaiknya pilih makanan yang dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu menjalani ibadah puasa dengan baik. Berikut ini makanan yang bisa dikonsumsi ketika sahur.

1. Biji-bijian

Kamu bisa memasukan menu makanan yang mengandung biji-bijian untuk menu sahur kamu. Biji-bijian mengandung serat yang cukup tinggi dan kandungan ini membantu merasakan kenyang lebih lama dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Protein dalam biji-bijian bermanfaat untuk memperbaiki dan membangun jaringan pada tubuh. Protein menjaga kekebalan tubuh kamu agar tidak mudah sakit ketika menjalankan ibadah puasa.

2. Sayuran dan Buah

Pastikan sayur dan buah selalu ada dalam menu sahur. Sayuran dan buah menjadi menu makanan yang memiliki kandungan serat, vitamin, kalsium dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Agar tidak bosan mengonsumsi sayur dan buah setiap sahur, kamu bisa membuat menu yang berbeda setiap sahur. Kamu bisa sajikan sayuran dalam sop atau menu lainnya. Hindari konsumsi buah yang terlalu asam untuk menghindari penyakit maag.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Makanan Berat atau Makanan Manis Saat Buka Puasa?

3. Beras Merah

Sebaiknya, ganti konsumsi beras putih dengan beras merah ketika sahur. Beras merah mengandung karbohidrat kompleks. Kondisi ini membuat proses pemecahan dan penyerapannya membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan karbohidrat sederhana. Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, pengolahan karbohidrat menjadi energi membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga membuat tubuh bertahan tanpa asupan berjam-jam.

4. Daging

Konsumsi daging ketika sahur bermanfaat untuk tubuh kamu. Protein dalam daging dapat digunakan untuk proses metabolisme sehingga menghasilkan energi untuk tubuh.

5. Oatmeal

Ingin mengonsumsi makanan yang simpel namun sehat untuk sahur? Kamu bisa mencoba oatmeal sebagai menu sahur. Oatmeal adalah jenis gandum utuh yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kamu ketika puasa, salah satunya dapat menunda lapar. Oatmeal memiliki kandungan karbohidrat kompleks membantu tubuh untuk menunda lapar. Agar lebih bervariasi, kamu bisa menambahkan buah-buahan pada oatmeal yang akan kamu konsumsi.

6. Telur

Telur merupakan makanan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Kandungan protein dalam telur bisa membantu kamu untuk menunda lapar ketika berpuasa.

Makanan yang Harus Dihindari ketika Sahur

Saat sahur, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan ini karena dapat membuat lebih cepat dan halus, di antaranya adalah:

1. Makanan yang Terlalu Manis

Konsumsi makanan yang terlalu manis membuat kamu merasa lebih cepat haus dan perut yang terasa kembung.

2. Kafein

Sebaiknya kurangi kebiasaan mengonsumsi kopi atau teh ketika sahur. Kandungan kafein pada kopi dan teh dapat membuat dehidrasi dan tubuh menjadi lesu.

3. Makanan yang Terlalu Asin dan Pedas

Konsumsi makanan terlalu asin atau pedas ketika sahur membuat ketidakseimbangan pada kadar sodium tubuh kamu. Akibatnya adalah kamu menjadi lebih cepat haus.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi kesehatan untuk menyambut lebaran. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 5 Makanan yang Dihindari saat Puasa