Nutrisi Apa Saja yang Harus Terpenuhi Selama Puasa?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Nutrisi Apa Saja yang Harus Terpenuhi Selama Puasa?

Halodoc, Jakarta – Agar ibadah puasa berjalan lancar, sangat disarankan untuk selalu memilih jenis makanan dan minuman terbaik saat sahur maupun berbuka puasa. Sebab, asupan makanan sehat bisa menjadi bekal terbaik bagi tubuh untuk menjalani puasa mulai dari terbitnya fajar, hingga terbenam matahari. Selain itu, mengonsumsi makanan yang sehat nyatanya merupakan kebutuhan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Mengonsumsi makanan sehat bukan berarti hanya terpaku pada satu atau dua jenis makanan saja. Dianjurkan untuk mengonsumsi menu makanan yang bervariasi, tentunya harus dilengkapi dengan serat dari buah dan sayur.

Tubuh manusia sebenarnya memiliki kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi, termasuk saat puasa. Lantas, apa saja sebenarnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh?

  • Nutrisi Saat Sahur

Makan sahur menjadi waktu yang paling penting dalam mempersiapkan nutrisi tubuh, sebelum menjalani puasa selama kurang lebih 14 jam. Komposisi makan sahur yang tidak pas dan sembarangan bisa memicu dampak dan memengaruhi kondisi tubuh selama menjalani puasa. Salah memilih menu makanan sahur bisa menyebabkan perut kembung selama berpuasa.

Baca juga: 5 Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Tubuh Saat Puasa

Makanan yang disantap saat sahur sebaiknya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan sumber karbohidrat, protein, serta lemak. Kamu bisa mencoba menu makan sahur, seperti ikan, kacang-kacangan, tentunya dilengkapi dengan sayuran dan buah. Saat sahur, kamu harus memenuhi setidaknya 40 hingga 50 persen kebutuhan nutrisi tubuh.

  • Kebutuhan Nutrisi Saat Berbuka Puasa

Makanan yang disantap saat berbuka puasa harus bisa memenuhi sisa kebutuhan nutrisi tubuh. Menu buka puasa setidaknya harus bisa memenuhi 10 hingga 20 persen kebutuhan energi tubuh. Selain itu, menyantap makanan manis juga dianjurkan untuk dilakukan saat berpuasa, tapi jangan berlebihan.

Ada jenis-jenis makanan sehat yang dianjurkan ada pada menu berbuka puasa. Antara lain:

  • Kurma

Salah satu makanan khas di bulan puasa adalah kurma. Mengonsumsi kurma saat berbuka puasa ternyata sangat dianjurkan dan bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh. Kurma merupakan sumber gula alami yang bergizi. Bahkan, kandungan di dalam makanan ini bisa memenuhi kebutuhan energi tubuh setelah satu harian berpuasa. Dianjurkan untuk mengonsumsi satu sampai dua buah kurma saat berbuka untuk mencegah sakit kepala yang mungkin terjadi karena gula darah yang rendah.

Baca juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

  • Buah Segar

Jangan lupa untuk melengkapi hidangan buka puasa dengan potongan-potongan buah segar. Jenis makanan ini tak hanya kaya akan nutrisi dan vitamin, tapi juga bisa membantu mencegah gangguan pencernaan yang mungkin terjadi. Buah-buahan cenderung memiliki tekstur yang lembut, sehingga lebih mudah dicerna oleh usus. Selain buah, lengkapi juga menu buka puasa dengan rebusan sayur segar.

Baca juga: 9 Buah yang Baik untuk Menghidrasi Tubuh Saat Puasa

  • Air Kelapa Murni

Cobalah untuk mengonsumsi air kelapa murni secara rutin sebagai menu berbuka puasa. Air kelapa mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menggantikan cairan elektrolit yang hilang.

Minum air kelapa saat berbuka puasa bisa membantu mencegah tubuh dari dehidrasi alias kekurangan cairan. Namun perlu diingat, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari air kelapa, hindari mencampur air kelapa dengan bahan lain.

Selain makanan sehat saat berbuka puasa, jaga kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga. Namun jangan sampai berlebihan. Agar puasa lebih lancar, cari tahu tips sehat puasa bersama dokter di Halodoc. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, segera download Halodoc di App Store dan Google Play!