Alasan Badan Mudah Lemas Saat Puasa

Lemas, Badan Lemas, Puasa,  badan lemas saat puasa

Halodoc, Jakarta - Tak sedikit orang yang merasa mudah lemas saat berpuasa. Kondisi ini biasanya akan membuat seseorang jadi malas bergerak. Puasa memberikan manfaat salah satunya diyakini sebagai cara untuk mendetoksifikasi tubuh dengan baik. Karena dengan berpuasa lambung dan perut yang sebelumnya bekerja tanpa henti, dengan berpuasa kedua organ ini bisa beristirahat sejenak.

Baca juga: Bukan Hanya Lemas, Ini 6 Dampak Dehidrasi bagi Tubuh

Lemas saat berpuasa memang sangat wajar. Hal ini biasanya terjadi pada 3-4 hari pertama. Setelahnya, tubuh akan beradaptasi, sehingga kamu enggak akan lagi merasa lesu dan lemas. Berpuasa bukan alasan untuk tidak melakukan aktivitas seperti biasa. Hanya saja, dengan berpuasa tubuh menjadi kurang fokus dan konsentrasi jika saat sahur dan berbuka kamu enggak memenuhi tubuh dengan nutrisi dan gizi yang seimbang.

Jika berpuasa, semua makanan akan terlihat nikmat saat berpuasa. Namun, tidak semuanya mengandung nutrisi dan gizi yang baik bagi tubuh. Terutama makanan berbahan dasar tepung dan makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Kedua jenis makanan ini merupakan makanan yang akan membuat kamu jadi cepat lelah. Yuk, berikut ini makanan yang bisa kamu konsumsi ketika berpuasa guna menambah energi saat berpuasa.

  • Ubi

Ubi termasuk makanan berkarbohidrat kompleks. Tidak hanya itu, ubi juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, zat besi tinggi, serta magnesium yang jadi nutrisi penting untuk menjaga energi tubuh. Selain itu, ubi juga makanan yang kaya akan serat, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.

  • Madu

Madu diketahui memiliki banyak khasiat, salah satunya membuat tubuh jadi lebih bertenaga. Satu sendok madu yang dikonsumsi akan setara dengan satu minuman berenergi. Perbedaannya, jika madu memiliki kandungan gula alami yang efektif memberikan energi yang dibutuhkan tubuh. Tidak hanya itu, madu juga akan menjaga kadar gula darah kamu agar tetap stabil.

Baca juga: Apa yang Sebenarnya Terjadi Pada Tubuh Ketika Panas Dalam?

  • Bayam

Sayuran hijau yang satu ini merupakan makanan yang kaya akan energi. Bayam memiliki kandungan zat besi tinggi, yaitu salah satu zat penting dalam proses produksi energi dalam tubuh. Selain zat besi, bayam juga kaya akan vitamin K, vitamin C, vitamin A, serta folat guna meningkatkan tenaga dan menjaga tubuh kamu agar tidak merasa mudah lemas.

  • Ikan Salmon

Ikan yang satu ini terkenal dengan kandungan omega-3 yang tinggi. Omega-3 sendiri bermanfaat untuk menurunkan kolesterol serta mengurangi risiko seseorang mengidap penyakit jantung. Selain itu, salmon juga memiliki kandungan protein, vitamin B6, dan riboflavin yang dapat membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi.

Selain makanan, cukup istirahat merupakan kunci untuk terus berenergi sepanjang hari saat berpuasa. Kamu juga bisa mandi air hangat sebelum tidur untuk membantu kamu agar bisa tidur lebih nyenyak. Selain itu, hindari alkohol dan rokok karena kedua bahan ini akan membuat kamu sulit tidur.

Baca juga: Jaga Kesehatan Tubuh, Ini 3 Perbedaan Pusing dan Sakit Kepala

Kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!