Cuaca Tidak Menentu, Awas Ancaman Flu

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
cuaca-tidak-menentu-awas-ancaman-flu-halodoc

Halodoc, Jakarta - Ketika terjadi perubahan musim yang begitu cepat, seperti musim hujan berubah menjadi musim panas dan begitu pula sebaliknya, virus-virus dapat dengan mudah berkembang.

Salah satunya virus influenza. virus ini mudah melipatgandakan dirinya dan menyebar luas ketika udaranya dingin dan kering. Oleh karena itu, kondisi cuaca yang tidak menentu ini adalah waktu ketika seseorang mudah terjangkit flu.

Baca juga: Sering Tertukar, Inilah Bedanya Pilek dan Flu

Mengapa Flu Mudah Menyebar Selama Pergantian Musim?

Penelitian di Nature Chemical Biology tahun 2008 mengungkapkan, temperatur yang sedikit di atas titik beku membuat virus mempertahankan lapisan luar seperti gel. Lapisan ini membantu mereka bertahan terhadap unsur-unsur dan membantu mereka berpindah dari orang ke orang. Lapisan itu kemudian meleleh pada suhu 22 derajat Celcius. Hal ini cukup masuk akal karena lapisan perlu meleleh di tubuh agar virus dapat menginfeksi sel hidup.

Seseorang dapat dengan mudah tertular flu jika mereka tidak sengaja menghirup percikan air liur di udara, yang dikeluarkan pengidap ketika bersin atau batuk. Selain itu, menyentuh mulut atau hidung setelah memegang benda yang terkena percikan air liur pengidap flu dapat menyebabkan kamu tertular flu. Oleh karena itu, penyebaran flu bisa dihentikan dengan cara menjaga kebersihan diri dan menjalani gaya hidup sehat.

Baca juga: Ketahui 6 Bahan Alami untuk Meredakan Flu

Perhatikan Gejala Awal Flu

Gejala umum dari serangan flu antara lain demam, pilek, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Meskipun gejalanya tidak jauh beda dengan gejala batuk pilek biasa, gejala flu bisa terasa lebih parah dan sering menyerang tiba-tiba. Oleh karena itu, pengidapnya wajib untuk beristirahat di rumah terlebih dahulu hingga keadaan membaik.

Jika kamu merasakan gejala yang disebutkan di atas, maka kamu bisa segera minum NEOZEP FORTE. Obat ini mengandung bahan aktif seperti Phenylpropanolamine HCl, Paracetamol, Salicylamide, Chlorpheniramine maleate, Ascorbic acid yang bekerja mengatasi flu, sinus, dan alergi. Ketika gejala awal muncul, kamu bisa langsung beli obat, caranya dengan membuka aplikasi Halodoc dan pilih menu beli obat. Setelah itu, kamu bisa membeli NEOZEP FORTE dan kurir Halodoc akan mengantarkan pesanan ke tempat kamu, kurang dari satu jam.

Baca juga: Infeksi Virus vs Infeksi Bakteri, Lebih Berbahaya Mana?

Lakukan Pencegahan dari Infeksi Virus

Hal yang penting untuk dilakukan adalah melindungi diri dan keluarga dari infeksi virus. Pasalnya, flu bisa menyebabkan gejala yang berat dan berpotensi menyebabkan komplikasi. Tidak hanya itu, virus flu bisa ditularkan dari orang ke orang. Jadi, pastikan kamu sering mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Selain itu, hindari menyentuh hidung dan mulut dengan tangan.

Virus flu juga dapat hidup pada permukaan dan benda keras selama dua hingga delapan jam. Jadi, gunakan tisu atau semprotan desinfektan pada permukaan yang biasa disentuh di rumah atau di tempat kerja untuk melindungi diri kamu dari virus penyebab flu.

Sementara itu, jika kamu tengah merawat seseorang yang terserang flu, kenakan masker untuk melindungi diri. Kamu juga bisa membantu menghentikan penyebaran flu dengan menutupi batuk dan bersin. Cara terbaik adalah arahkan batuk atau bersin ke siku, bukan ke tangan kamu.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. What Causes the Flu?
Curiosity. Diakses pada 2020. Why Do People Get Sick When the Seasons Change?