Ketahui 6 Bahan Alami untuk Meredakan Flu

Ketahui 6 Bahan Alami untuk Meredakan Flu

Halodoc, Jakarta - Orang dengan sistem imunitas tubuh yang lemah dan kekurangan asupan nutrisi rentan terserang flu, pilek, dan batuk. Flu adalah penyakit yang disebabkan karena paparan virus yang dapat menular melalui udara. Stres dan kurang tidur bisa membuat penyakit satu ini memburuk seiring waktu.

Siapa saja bisa terserang penyakit yang dikatakan musiman ini, namun anak-anak, wanita hamil, dan lansia lebih rentan mengalaminya. Gejala umum flu berupa demam, batuk, hidung tersumbat, sakit kepala, tubuh lelah, hingga nyeri otot. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ada bahan alami meredakan flu yang bisa ditemukan dengan mudah. Apa saja?

  • Madu

Madu memiliki sifat antimikroba yang memungkinkan untuk melawan infeksi karena bakteri dan virus. Untuk anak dengan usia di atas 1 tahun, madu membantu meredakan batuk. Meski begitu, madu tidak disarankan untuk diberikan pada bayi yang belum 1 tahun, karena risiko terjadinya botulisme.

Baca juga: Sudah Tahu Perbedaan dari Pilek dan Flu? Cari Tahu di Sini!

  • Mentol

Hidung yang tersumbat adalah gejala umum dari flu, dan menggunakan mentol bisa membantu meringankan serta melegakannya. Mentol memiliki efek antibakteri dan membantu menghilangkan rasa sakit, karenanya bahan ini banyak ditemukan dalam berbagai produk minyak gosok. Kamu bisa mencampurkan daun mint dalam air panas dan menghirup uapnya serta mengonsumsi airnya untuk melegakan hidung dan tenggorokan.

  • Bawang Putih

Bawang putih termasuk bahan alami meredakan flu karena memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Bumbu dapur satu ini telah digunakan sebagai obat sejak berabad-abad lalu. Penggunaannya juga beragam, bisa langsung dimakan mentah atau dicampurkan dalam masakan. Jika kamu memiliki alergi dengan bumbu masakan satu ini, kamu tidak dianjurkan untuk mencobanya.

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Bawang Putih

  • Zinc

Zinc dipercaya dapat membantu meredakan hidung tersumbat karena pilek dan mengurangi gejalanya. Ini karena zinc membantu memerangi rhinovirus yang menyebabkan terjadinya flu. Konsumsi dari bahan ini bisa berupa suplemen, tablet, sirup, maupun permen. Meski begitu, penggunaannya tetap ada dosisnya dan tidak boleh sembarangan. Pasalnya, konsumsinya yang terlalu banyak menyebabkan mual dan sakit perut.

  • Probiotik

Probiotik adalah bakteri hidup yang mendukung kesehatan usus serta membantu mencegah tubuh dari paparan virus pilek dan flu. Ada banyak makanan yang mengandung probiotik sebagai bahan alami meredakan flu, jadi kamu tak kesulitan menemukannya, salah satunya yoghurt.

Baca juga: Ketahui Manfaat Minuman Probiotik Bagi Kesehatan

  • Beri

Di dalam buah beri, terdapat kandungan polifenol yang memiliki sifat antivirus dan membantu melawan virus flu. Beri dari jenis elderberry dipercaya mengurangi gejala flu sekaligus menjaga kekebalan tubuh. Stroberi, bluberi, dan rasberi juga merupakan sumber vitamin C yang baik, dan membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Itu tadi beberapa bahan alami meredakan flu yang bisa kamu coba di rumah. Jaga selalu kesehatan dengan konsumsi vitamin agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Pakai selalu masker jika kamu berada di luar rumah untuk menghindari penularannya, karena flu menyebar dengan mudah melalui udara.

Namun, jika flu yang kamu alami tidak sembuh dengan bantuan bahan-bahan alami tadi, kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter. Supaya lebih mudah, kamu bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit yang dekat dengan domisili atau sesuai keinginan kamu di sini. Kamu juga bisa bertanya langsung pada dokter ahli tanpa perlu menunggu lama dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Aplikasinya bisa kamu download langsung di ponsel.