Dapatkah Medical Check Up Cegah Penyakit Tulang?

Pemeriksaan fisik, sendi dan tulang, medical check up untuk tulang

Halodoc, Jakarta - Dalam tubuh manusia, terdapat 206 tulang di dalamnya. Kerangkanya saja memiliki 15 persen dari bobot tubuh manusia. Tulang ini sangat penting untuk memberikan struktur tubuh, sedangkan kerangka memiliki fungsi untuk melindungi organ-organ penting yang berada di dalam tubuh.

Baca juga: Kesehatan Tulang Bisa Dijaga dengan Vitamin Ini

Jangan salah, tulang juga memiliki siklus hidup, mereka lahir, kemudian tumbuh, dan akan mati. Tulang-tulang yang mati ini akan digantikan dengan tulang baru, yang merupakan kombinasi dari kalsium dan kolagen dari makanan yang kamu konsumsi. Nah, ketika seseorang beranjak menua, tulang-tulang ini tidak dapat meregenerasi. Dari sinilah timbul berbagai macam penyakit tulang.

Medical Check Up Cegah Penyakit Tulang, Bisakah?

Penyakit tulang biasanya disebabkan oleh rendahnya massa tulang dan adanya kerusakan pada struktur tulang. Massa tulang sendiri merupakan kondisi ketika tulang kehilangan kalsium dan mineral. Kondisi ini akan membuat tulang menjadi mudah patah.

Untuk itu, medical check up diperlukan. Selain untuk tulang, medical check up diperlukan untuk memeriksa tingkat kesehatan dan adanya penyakit serius dalam tubuh yang belum menunjukkan gejala. Untuk mencegah adanya penyakit tulang, tes kepadatan tulang diperlukan guna mengetahui kekuatan tulang dan mencegah tulang keropos.

Pemeriksaan ini akan dilakukan dengan sinar-X atau CT scan. Pemeriksaan yang dilakukan akan diutamakan bagi wanita yang berusia di atas 65 tahun, sedangkan pada laki-laki diutamakan yang telah memasuki usia di atas 70 tahun. Selain kedua faktor tersebut, pemeriksaan ini juga diperuntukkan bagi orang-orang yang berisiko mengidap osteoporosis.

Orang-orang yang memiliki faktor risiko mengidap osteoporosis, antara lain orang yang memiliki berat badan di bawah normal, orang yang memiliki riwayat penyakit osteoporosis dalam keluarga, orang yang mengonsumsi obat steroid dalam jangka panjang, serta orang yang aktif merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Baca juga: Tak Hanya Uang, Tabungan Tulang Juga Penting

Ingin Tulang Tetap Sehat, Lakukan Hal Ini

Jangan khawatir, karena penyakit tulang masih bisa dicegah. Tulang yang sehat adalah tulang yang kuat. Untuk itu, lakukan hal-hal berikut untuk menjaga agar tulang kamu tetap dalam kondisi sehat dan kuat!

  • Pola Makan Sehat

Pola makan sehat untuk menjaga tulang agar tetap sehat adalah dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang, agar tulang tumbuh dengan kuat. Dalam hal ini, kamu dapat mengonsumsi vitamin D dan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

Vitamin D yang kamu konsumsi dapat membantu tubuh guna menyerap kalsium dari makanan dan suplemen yang kamu konsumsi. Sedangkan kalsium yang kamu konsumsi akan mencegah berkurangnya massa tulang dan menjaga tulang kamu dari serangan berbagai macam penyakit tulang.

  • Berhenti Merokok

Berhenti merokok tidak hanya membantu kesehatan tulang, tetapi juga akan melindungi organ-organ penting lainnya dalam tubuh. Ketika kamu memutuskan untuk berhenti merokok, kamu akan merasa terus lapar. Nah, kesempatan ini dapat kamu gunakan untuk memilih makanan yang tepat. Jadi, tulang dapat tumbuh dengan sehat, kesehatan tubuh pun akan tetap terjaga.

Baca juga: 6 Makanan untuk Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Merawat kesehatan tulang akan membuat kamu bergerak bebas tanpa adanya rasa sakit. Untuk tulang yang sehat dan kuat, setidaknya lakukan pemeriksaan tulang setiap satu tahun sekali. Dengan pemeriksaan yang teratur, dokter dapat mendeteksi tanda-tanda awal penyakit tulang yang kamu alami dan memberikan penanganan yang sesuai dengan penyakit kamu. Kamu bisa berdiskusi langsung dengan membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Untuk itu,  download aplikasinya segera!