Dehidrasi Saat Puasa, Tanda Kurang Minum?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
dehidrasi saat puasa

Halodoc, Jakarta - Tanpa disadari, saat puasa kamu sering mengabaikan kebutuhan air putih setiap harinya. Ketika berbuka, mungkin kamu terlalu bersemangat untuk minum minuman seperti es, jus, dan sebagainya. Sedangkan ketika sahur, kamu terlalu mengantuk atau malas, sehingga minum air putih pun seadanya. Padahal, selama puasa kebutuhan air putih kamu tetaplah 6-8 gelas atau dua liter. Saat sahur, kamu disarankan minum 3-4 gelas air penuh bagaimana pun caranya agar tidak dehidrasi.

Jangan Sampai Kekurangan Air Saat Sahur

Jika saat sahur kamu kekurangan air, tubuh akan lemas saat siang harinya. Perlahan-lahan tubuh akan mengalami dehidrasi yang akut, sehingga mau tidak mau harus membatalkan puasa supaya tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Berikut adalah kiat yang dapat kamu lakukan supaya tidak kekurangan minum dan tidak mudah dehidrasi:

  1. Minum Air Putih Sesuai Kebutuhan

Pada dasarnya, kebutuhan cairan setiap orang berbeda, sama seperti kebutuhan kalori. Kebutuhan ini tergantung pada aktivitas serta kondisi fisik dari setiap individu. Namun, rata-rata orang dewasa membutuhkan setidaknya 8 gelas air mineral atau setara dengan 2 liter air.

Saat puasa, kamu dapat menerapkan aturan 2-4-2 ketika berpuasa, yang artinya 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur atau menjelang sahur.

Baca juga: Agar Tak Dehidrasi, Inilah Takaran Konsumsi Air Saat Olahraga

  1. Perbanyak Cairan di Malam Hari Menjelang Sahur

Apabila kamu takut kembung akibat air saat makan sahur, kamu dapat minum dan memenuhi kebutuhan kamu sesaat sebelum kamu tidur di malam hari. Bahkan, kalau kamu terbangun di malam hari, usahakan untuk menyempatkan minum terlebih dulu. Hal ini demi memenuhi kebutuhan cairan kamu dalam sehari.

  1. Hindari Terlalu Banyak Makan Protein

Makanan yang berprotein tinggi bisa membuat kamu kehausan dalam waktu yang cepat dan kehilangan cairan, lho. Orang yang menerapkan diet protein tinggi dan menghindari karbohidrat cenderung berisiko mengalami dehidrasi lebih mudah dibanding yang tidak melakukannya. Maka itu, hindarilah hal tersebut. Seimbangkan menu sahur kamu dan minum dengan cukup.

Baca juga: Agar Tak Dehidrasi, Berapa Banyak Air yang Dibutuhkan Tubuh?

  1. Konsumsi Buah dan Sayur

Kamu tidak hanya mendapatkan cairan dari air putih saja, tapi juga bisa dari makanan. Sebenarnya 10-20 persen kebutuhan cairan kamu bisa didapatkan dari makanan. Maka itu, pilihlah makanan yang mengandung cukup air, sehingga kamu bisa kenyang dan kebutuhan cairan kamu pun terpenuhi. Kamu bisa mengendalikan buah dan sayuran untuk hal ini. Jadi, penuhi menu sahur dan buka puasa kamu dengan sahur dan buah-buahan, ya.

  1. Utamakan Minum Air Putih

Sebaiknya saat berbuka dan sahur kamu menghindari minuman yang berkafein tinggi atau minuman yang memiliki kandungan gula tinggi, terutama saat sahur. Hal ini hanya akan membuat tubuh kamu kehausan dalam beberapa jam saja. Jadi, sumber cairan yang terbaik tetaplah ada pada air putih, selain mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Air putih tidak akan membuat kamu berisiko mengalami berbagai penyakit kronis di kemudian hari.

Baca juga: Selain Minum Air Putih, 7 Cara Cegah Dehidrasi Selama Puasa

Itulah beberapa kita yang dapat kamu lakukan agar tidak mengalami dehidrasi selama berpuasa. Dengan begitu kamu dapat menjalani puasa dengan lancar. Namun, jika kamu tetap mengalami dehidrasi selama puasa, kamu dapat mengkomunikasikannya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc agar segera mendapatkan penanganan. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.