Selain Minum Air Putih, 7 Cara Cegah Dehidrasi Selama Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Selain Minum Air Putih, 7 Cara Cegah Dehidrasi Selama Puasa

Halodoc, Jakarta – Terkadang, ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh mengalami dehidrasi. Kondisi dehidrasi merupakan kondisi ketika tubuh mengalami kekurangan cairan sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Ada beberapa penyebab seseorang mengalami dehidrasi ketika menjalani ibadah puasa seperti aktivitas yang cukup berat, tidak mengonsumsi makanan yang cukup pada saat sahur, berada di bawah sinar matahari atau kurang mengonsumsi air putih ketika sahur.

Baca juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

Meskipun dehidrasi yang terjadi bukan kondisi yang serius, namun dehidrasi nyatanya dapat mengganggu aktivitas selama menjalani ibadah puasa. Tidak hanya itu, jika dehidrasi tidak segera ditangani, kondisi ini berisiko untuk mengganggu kesehatan organ ginjal dan kerusakan otot.

Oleh karena itu, jangan sepelekan masalah dehidrasi. Kamu bisa mencegah dehidrasi selama bulan puasa dengan beberapa cara ini:

1. Tetap Minum Sesuai Kebutuhan

Sebaiknya tetap penuhi kebutuhan cairan tubuh selama puasa dengan mengonsumsi 8 gelas perhari. Konsumsi air putih sebanyak 3 gelas ketika berbuka puasa, 3 gelas ketika sahur, dan 2 gelas sebelum tidur.

2. Hindari Makanan Asin Ketika Sahur

Makanan yang mengandung garam tinggi dapat menyebabkan rasa haus lebih cepat dan mengalami dehidrasi. Garam sangat memengaruhi pengaturan cairan tubuh.

3. Perbanyak Cairan pada Malam Hari

Tidak hanya pada waktu berbuka puasa, kamu bisa menambah perbanyak cairan untuk tubuh pada malam hari. Gunakan waktu di antara berbuka dan sahur untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh.

4. Mengonsumsi Buah-buahan

Cairan tidak hanya didapatkan dari air putih saja, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Hal ini dilakukan untuk mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh ketika menjalani ibadah puasa. Tambahkan menu buah-buahan pada saat berbuka, malam hari atau waktu sahur. Selain menambah cairan pada tubuh, mengonsumsi buah-buahan akan membuat kebutuhan vitamin terpenuhi dan membuat tubuh menjadi segar.

Baca juga: 9 Buah-buahan untuk Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa

5. Kurangi Asupan Protein

Kandungan protein dibutuhkan oleh tubuh. Sebaiknya perhatikan asupan protein yang masuk dalam tubuh. Makanan dengan kandungan protein yang cukup tinggi dapat menyebabkan kamu cepat kehilangan cairan tubuh. Sebaiknya, seimbangkan asupan protein dan asupan cairan yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

7. Hindari Konsumsi Gorengan Ketika Berbuka atau Sahur

Gorengan sering menjadi makanan yang praktis untuk berbuka puasa. Namun, sebaiknya hindari konsumsi makanan ini jika tidak ingin mengalami dehidrasi. Gorengan memiliki kandungan garam yang cukup tinggi di dalamnya yang membuat kamu mudah merasa haus.

8. Hindari Aktivitas yang Berlebihan

Tidak ada salahnya untuk sedikit mengurangi aktivitas ketika menjalankan ibadah puasa. Memperbanyak aktivitas di dalam ruangan bisa menjadi cara untuk menghindari dehidrasi ketika menjalani ibadah puasa.

Sebaiknya perhatikan kesehatan ketika menjalankan Ibadah puasa. Memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi ketika puasa bisa membantu untuk menjaga kesehatan tubuh. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kebutuhan gizi dan nutrisi selama puasa. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Hindari 7 Makanan dan Minuman Ini Saat Dehidrasi