• Home
  • /
  • Diabetes Terjadi saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Diabetes Terjadi saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Diabetes Terjadi saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Halodoc, Jakarta – Saat menjalani kehamilan, ibu perlu menjaga pola makan dan gaya hidup dengan baik. Tujuannya, untuk menghindari ibu hamil dari berbagai gangguan kesehatan yang bisa dialami, salah satunya adalah diabetes. Ya, penyakit diabetes tidak hanya berisiko pada seseorang yang sering mengonsumsi makanan dengan asupan gula berlebih, ibu hamil juga rentan alami diabetes yang dikenal sebagai diabetes gestasional.

Baca juga: Ibu Hamil Mengidap Diabetes, Apa yang Harus Dilakukan?

Diabetes gestasional adalah penyakit diabetes yang kerap muncul pada masa kehamilan. Berbeda dengan penyakit diabetes pada umumnya, diabetes gestasional akan menghilang dengan sendirinya ketika masa kehamilan selesai atau setelah melewati persalinan. Umumnya diabetes gestasional muncul saat usia kehamilan 24 hingga 28 minggu.

Ketahui Penyebab Diabetes Gestasional

Saat menjalani kehamilan, tentunya ibu mengalami banyak perubahan, salah satunya adalah perubahan hormon dalam tubuh. Ada berbagai kondisi yang disebabkan perubahan hormon saat kehamilan, seperti munculnya jerawat, perubahan bentuk payudara, hingga penyakit diabetes rentan dialami oleh ibu hamil.

Melansir Mayo Clinic, diabetes gestasional menjadi penyakit diabetes yang muncul pada masa kehamilan yang diduga akibat perubahan hormon dalam tubuh. Ketika menjalani kehamilan, plasenta dalam rahim memproduksi lebih banyak hormon, seperti hormon estrogen, human placental lactogen, dan salah satu jenis hormon yang membuat ibu lebih kebal terhadap insulin. Kurangnya insulin dalam tubuh meningkatkan kadar glukosa dalam darah yang menyebabkan ibu hamil mengalami diabetes gestasional.

Ya, kondisi ini sebenarnya hampir sama dengan penyakit diabetes pada umumnya. Ketika tubuh tidak memproduksi insulin dengan baik, maka dapat menyebabkan kadar glukosa dalam darah meningkat. Jangan khawatir, dengan penanganan yang tepat kondisi ini tentunya bisa diatasi agar tidak membahayakan ibu dan bayi dalam kandungan. Dengan begitu, sebaiknya ibu hamil ketahui gejala awal dari diabetes gestasional.

Rasa haus, mulut kering, peningkatan frekuensi buang air kecil, dan tubuh selalu merasa kelelahan menjadi gejala awal dari diabetes gestasional. Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk memudahkan pemeriksaan. 

Baca juga: Diabetes Gestasional Dapat Terkena Eklampsia?

Pencegahan Diabetes Gestasional

Semua ibu hamil dapat mengalami diabetes gestasional. Namun, ada beberapa golongan ibu hamil yang berisiko mengalaminya, seperti memiliki riwayat diabetes sebelumnya, memiliki riwayat hipertensi, pernah alami keguguran, memiliki keluarga dengan riwayat diabetes, dan pernah melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4,5 kg sebelumnya.

Diabetes gestasional bisa dicegah. Melansir Medical News Today, berikut ini cara sederhana untuk mencegah diabetes gestasional pada ibu hamil, yaitu:

1. Pola Makan Sehat

Sebaiknya hindari makanan yang mengandung pemanis buatan dan juga makanan yang mengandung lemak jahat. Tidak ada salahnya untuk banyak mengonsumsi sayur, buah, dan makanan yang bernutrisi lainnya agar ibu hamil terhindar dari diabetes gestasional.

Jika ibu menginginkan makanan manis, sebaiknya pilihlah makanan yang memiliki kandungan pemanis alami. Ibu juga bisa bertanya pada dokter kandungan melalui aplikasi Halodoc seputar makanan sehat untuk ibu hamil. 

2. Olahraga

Rutin berolahraga dapat ibu hamil lakukan untuk menghindari diabetes gestasional. Hal ini dilakukan karena kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh akan diubah menjadi tenaga saat berolahraga. Lakukan olahraga saat tubuh sedang sehat dan pilihlah untuk melakukan olahraga ringan, misalnya jalan santai atau senam hamil.

3. Pemeriksaan Kandungan Rutin

Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan memiliki banyak manfaat untuk ibu dan bayi dalam kandungan, salah satunya untuk mengetahui gangguan kesehatan yang dialami lebih dini. Saat pemeriksaan kandungan, ibu juga dapat lakukan pemeriksaan darah untuk memastikan kadar glukosa dalam darah normal.

Baca juga: 3 Kebiasaan yang Memicu Bumil Alami Diabetes Gestasional

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes gestasional. Diabetes gestasional yang ditangani lebih dini tentunya dapat membuat kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan tetap optimal.

Namun, kondisi yang tidak ditangani dengan baik tingkatkan risiko komplikasi pada kesehatan, seperti kelebihan berat badan bayi saat dilahirkan, kelahiran prematur, atau bayi dilahirkan dengan hipoglikemia yang dapat menyebabkan bayi alami kejang.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Gestational Diabetes
Medical News Today. Diakses pada 2020. Ways to Prevent Gestational Diabetes