22 February 2018

5 Tips untuk Ibu Hamil yang Terkena Diabetes

5 Tips untuk Ibu Hamil yang Terkena Diabetes

Halodoc, Jakarta – Menjalani kehamilan memang penuh dengan tantangan, apalagi ibu hamil saat diabetes. Karena, selain harus menjaga kesehatan janin, ibu juga perlu berhati-hati dan mengontrol kadar gula darah sendiri. Tapi bukan berarti ibu hamil dengan diabetes tidak bisa menjalani kehamilan yang sehat. Berikut tips-tips untuk ibu hamil yang mengidap diabetes agar kehamilannya tetap lancar.

Hamil saat diabetes, ibu sebaiknya mulai menjaga dan mengontrol kadar gula dalam darah sejak sebelum hamil hingga selama kehamilan untuk mencegah terkena diabetes dan agar nantinya bayi dapat lahir dengan sehat. Ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk menjaga gula darah tetap dalam batas normal:

  1. Sebelum merencanakan kehamilan, ibu bisa menemui dokter terlebih dahulu untuk memeriksa kadar gula dalam darah, meminta saran tentang menjaga gula darah, dan mengonsumsi obat yang dianjurkan dokter jika diperlukan.
  2. Jika hamil saat diabetes, rajin-rajinlah memeriksakan diri ke dokter, baik dokter kandungan maupun dokter spesialis diet. Bagi ibu hamil yang terbukti mengidap diabetes sebaiknya memeriksakan diri lebih sering ke dokter agar bisa mencegah dan mendeteksi masalah sedini mungkin. Selain itu, ibu juga perlu melakukan beberapa tes kesehatan tertentu seperti tes darah, ultrasound, dan lain-lain untuk memantau tumbuh kembang janin.
  3. Saat hamil, tingkat gula darah dalam tubuh ibu bisa berubah dengan cepat, karena tubuh memerlukan banyak energi. Karena itu, ibu hamil perlu mengecek kadar gula darahnya secara rutin, minimal tiga kali sehari untuk mencegah gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah. Agar ibu tidak repot, gunakan saja fitur Lab Test yang ada di aplikasi Halodoc untuk melakukan beberapa tes kesehatan tertentu.
  4. Untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap seimbang, minumlah obat atau insulin sesuai anjuran dokter. Ibu juga bisa mengonsumsi permen atau tablet glukosa untuk meningkatkan kadar gula darah.
  5. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan termasuk gula dalam darah selama kehamilan adalah dengan rutin berolahraga. Ibu hamil dianjurkan untuk berolahraga minimal 30 menit selama lima hari dalam seminggu. Jangan lupa untuk membicarakan terlebih dahulu dengan dokter kandungan jika ibu ingin mulai melakukan olahraga tertentu.  

Selain dengan cara-cara di atas, ibu hamil pengidap diabetes juga dianjurkan untuk memerhatikan pola makannya untuk mencegah kondisi diabetes semakin parah. Berikut panduan pola makan yang bisa ibu ikuti:

  • Usahakan untuk makan secara teratur dengan tepat waktu dan dalam porsi yang tepat setiap harinya.
  • Ibu juga bisa menerapkan pola makan dalam porsi yang kecil tapi sering, yaitu sebanyak 4-6 kali sehari.
  • Batasi mengonsumsi makanan berpengawet untuk menghindari hipertensi.
  • Usahakan jangan melewati waktu makan agar tidak terjadi hipoglikemia atau kadar gula darah terlalu rendah).
  • Berjemur dan berjalan kaki sangat baik untuk mengendalikan kadar gula darah.
  • Kurangi mengonsumsi makanan manis atau yang berkadar gula tinggi.
  • Perbanyak asupan serat dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.
  • Minumlah susu tanpa lemak atau rendah lemak minimal 1-2 gelas sehari.

Jangan ragu untuk membicarakan masalah kesehatan yang ibu alami selama kehamilan kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Halodoc juga memudahkanmu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.