• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Diet Ornish Efektif Turunkan Berat Badan dan Sehatkan Jantung

Diet Ornish Efektif Turunkan Berat Badan dan Sehatkan Jantung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Kini terdapat beragam diet populer yang dicoba banyak orang demi mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Ada banyak alasan seseorang menjalani diet, tapi umumnya tujuan mereka untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan badan yang lebih sehat. 

Nah, pertanyaannya diet apa yang bisa kamu coba sebagai langkah awal untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat? Jangan bingung, ada banyak diet yang bisa kamu pilih kok mulai dari diet Mediterania, diet mayo, diet keto, diet paleo, diet Dukan, atau diet Atkins. 

Namun, ada juga satu jenis diet yang cukup populer, namanya diet Ornish. Menurut versi U.S. News & World Report untuk The Best Diets for 2019, diet Ornish menempati urutan ke-9 dari 10 macam diet sehat yang populer.

Lantas, seperti apa sih pola makan diet Ornish? 

Baca juga: Terapkan 7 Kebiasaan Ini untuk Kesehatan Jantung

Bukan Cuma Menu-Menu Bergizi

Diet yang pernah diadopsi mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton ini ditemukan pada awal 1990-an. Penemunya orang profesor kedokteran di University of California, San Francisco dan pendiri Preventive Medicine Research Institute.

Menurut bukunya yang terbit pada 1995, Dr. Dean Ornish's Program for Reversing Heart Disease, diet Ornish menekankan rencana makan vegetarian.

Memangnya apa manfaat diet Ornish hingga membuat diet ini begitu populer? Selidik punya selidik, diet ini terkenal karena klaimnya untuk mencegah dan membantu memulihkan penyakit jantung. Meski mengadopsi menu vegetarian, diet ini mengasup berbagai nutrisi lainnya. 

Menu diet Ornish berfokus pada biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, dan karbohidrat olahan terbatas, protein hewani, dan lemak. Hanya 10 persen kalori yang berasal dari lemak. Nah, pola makan seperti inilah yang bisa menyehatkan jantung. 

Mengenai penurunan berat badan, diet Ornish cenderung berbeda dengan kebanyakan diet lainnya. Untuk menurunkan bobot seseorang, diet Ornish berfokus pada sisi mental penurunan berat badan dengan memasukkan teknik manajemen stres. 

Menurut Dr. Dean Ornish, pengurangan stres adalah elemen inti dari program diet Ornish. Menariknya lagi, diet ini bukan hanya tentang asupan nutrisi bergizi atau manajemen stres saja.

Diet Ornish juga merekomendasikan seseorang yang menjalaninya untuk berlatih pernapasan dalam, yoga, dan meditasi. Ada pula latihan fisik lainnya yang dianjurkan, yaitu pelatihan resistensi, peregangan, dan latihan aerobik. 

Terakhir, diet ini juga merekomendasikan seseorang untuk mempererat hubungan dengan keluarga dan teman-temannya. Keduanya menjadi kunci untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik yang bisa memengaruhi kesehatan tubuh.

Nah, asupan nutrisi bergizi, manajemen stres, aktivitas fisik, dan pentingnya hubungan sosial, adalah empat elemen yang perlu diterapkan seseorang saat menjalani diet Ornish.

Baca juga: Menu Diet Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

Sehatkan Jantung, Masa Sih? 

Diet Ornish direkomendasikan untuk mereka yang hidup dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Diet ini diharapkan bisa memperbaiki kondisi fisik dan mental seseorang yang mengidap penyakit kronis tersebut. 

Diet Ornish menganjurkan seseorang untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan, sayuran, dan serat, serta pengurangan asupan karbohidrat olahan, natrium, dan alkohol. 

Seperti penjelasan di atas, diet ini bukan menyoal pola makan sehat saja. Namun, juga berfokus pada aktivitas fisik seperti olahraga, manajemen stres, dan dukungan sosial. Poin-poin inilah yang bisa meningkatkan kesehatan seseorang secara menyeluruh. 

Lantas, benarkah manfaat diet Ornish benar dapat menyehatkan jantung seseorang? Dr. Ornish pernah melakukan riset mengenai diet ini. Fokus studinya uji klinis secara acak yang bertujuan memulihkan penyakit jantung tanpa obat-obatan atau pembedahan. 

Baca juga: Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan (Bagian 1)

Penelitian itu diikuti 48 pasien dengan penyakit jantung koroner yang parah selama periode enam tahun. Bagaimana hasilnya? Studi tersebut menyimpulkan bahwa mereka yang menganut gaya hidup sehat selama lima tahun, mirip dengan rekomendasi yang diuraikan dalam diet Ornish, risiko penyakit kardiovaskularnya pun menurun.

Di sisi lain, mereka yang tak menerapkan pola hidup sehat, terus mengalami perkembangan penyakit jantung. Nah, bagaimana tertarik untuk menerapkan diet yang satu ini? 

Mau tahu lebih jauh mengenai diet Ornish? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter spesialis gizi melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
Prevention. Diakses pada 2020. Ornish Diet: The Low-Fat Weight Loss Plan That's Also Good for Your Heart
Everyday Health Group. Diakses pada 2020. The Ornish Diet
U.S. News & World Report L.P. Diakses pada 2020. Ornish Diet