• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Terapkan 7 Kebiasaan Ini untuk Kesehatan Jantung

Terapkan 7 Kebiasaan Ini untuk Kesehatan Jantung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Salah satu organ vital pada tubuh yang bekerja tanpa henti adalah jantung. Ia memiliki peran dan tugas yang sangat penting untuk keberlangsungan organ-organ tubuh lainnya, yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Maka itu, memang seharusnya kesehatan jantung sangat diperhatikan dengan pemeliharaan yang berkelanjutan supaya terhindari dari penyakit. 

Fungsi jantung akan mudah rusak jika kamu tidak menjaga kesehatannya. Cara menjaga kesehatan sebenarnya sangat sederhana jika kamu jadikan kebiasaan dalam hidup. Jika kebiasaan sehat ini kamu peliharan dan konsisten lakukan, maka kesehatan jantung pun akan terjaga. 

Baca juga: Bagaimana Mengenali Gejala Serangan Jantung?

1. Berolahraga

Kamu mungkin sudah sering mendengar bahwa olahraga sangat baik untuk kesehatan jantung. Meskipun kamu bosan membaca atau mendengarnya, namun pakar kesehatan tidak akan bosan untuk mengatakan bahwa olahraga penting dilakukan jadi kebiasaan untuk kesehatan tubuh, salah satunya organ jantung. Kamu dapat memilih apapun olahraga yang membuat tubuh lebih aktif yang kamu senangi.

2. Mengurangi Konsumsi Garam

Seandainya kamu dapat mengurangi rata-rata asupan garam menjadi setengah sendok teh per hari, maka secara signifikan risiko penyakit jantung pun akan berkurang. Garam merupakan salah satu pemicu utama gangguan kesehatan jantung. Jadi, sebaiknya lebih bijak lagi dalam kebiasaan menambahkan garam pada makanan atau konsumsi makanan cepat saji yang mengandung banyak garam. 

3. Bergerak dan Beraktivitas Fisik

Perlu kamu waspadai bahwa terlalu banyak duduk dapat memperpendek umur. Bergerak dan beraktivitas adalah kebiasaan yang kamu harus mulai di samping olahraga. Bergerak dan beraktivitas dapat kamu lakukan saat membereskan rumah, merapikan meja kantor, atau berjalan-jalan santai, yang terpenting fisik selalu aktif. Jika kamu ingin memiliki jantung yang sehat dan berumur panjang, tidak ada alasan untuk mager (males gerak). 

Baca juga: Serangan Jantung Lebih Sering Terjadi di Pagi Hari, Benarkah?

4. Makan Cokelat

Dark chocolate tidak hanya lezat, tapi juga mengandung flavonoid yang dapat menyehatkan jantung. Senyawa ini membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung. Namun, pilihlah cokelat hitam (bukan cokelat susu berlebihan) dan konsumsi secukupnya, dengan begitu bermanfaat dengan baik untuk kesehatan jantung. 

5. Tertawa Terbahak-Bahak

Tertawa keras dalam kehidupan sehari-hari saat bercanda dengan teman, nonton film lucu, atau nonton komedi sebenarnya kebiasaan yang menyehatkan jantung. Tertawa dapat menurunkan hormon stres, mengurangi peradangan di pembuluh darah dan meningkatkan kadar lipoprotein (HLD) berkepadatan tinggi, yang juga dikenal sebagai “kolesterol baik”. 

6. Mengasuh Hewan Peliharaan

Mengasuh hewan peliharaan terkadang memberikan perasaan lebih dari sekedar memiliki teman baik. Nyatanya memelihara hewan dan mengasuhnya dengan kasih sayang memiliki banyak manfaat kesehatan. Memelihara hewan dapat membantu meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. Ini juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Jadi, pertimbangkan lah untuk mengasuh hewan peliharaan. 

7. Selalu Meluangkan Waktu Sarapan

Makan di awal hari adalah hal yang penting. Makan sarapan bergizi setiap hari dapat membantu kamu mempertahankan berat badan sehat. Luangkanlah waktu khusus, karena sarapan sambil melakukan kegiatan lain tidak akan berkualitas manfaatnya. Selain itu, pilihlah makanan yang sehat untuk jantung seperti:

  • Biji-bijian, seperti oatmeal, sereal gandum, atau roti gandum.
  • Sumber protein tanpa lemak, seperti bacon kalkun atau selai kacang 
  • Produk susu rendah lemak, seperti susu rendah lemak, yogurt, atau keju.
  • Buah-buahan dan sayur-sayuran. 

Baca juga: Tak Hanya Nyeri Dada, Ini 14 Tanda Sakit Jantung

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat kamu lakukan sehari-hari demi kesehatan jantung. Jika kamu memiliki masalah lainnya terkait jantung, kamu dapat bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai penanganannya. Yuk, download aplikasinya sekarang ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 28 Healthy Heart Tips.
WebMD. Diakses pada 2020. Top Healthy Habits for Your Heart.