• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Enggak Mudik, Ajak Anak Rasakan Suasana Lebaran 

Enggak Mudik, Ajak Anak Rasakan Suasana Lebaran 

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Perayaan Idulfitri 2020 hanya tinggal menghitung hari. Namun, hari raya terbesar bagi umat Islam ini akan dirayakan dengan cara yang berbeda tahun ini. Sejak ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada bulan Maret lalu, COVID-19 yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 memaksa sebagian besar negara menetapkan kebijakan lockdown, atau di Indonesia disebut Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Akibat penetapan PSBB, tradisi mudik dilarang. Kegiatan yang memaksa kita berkumpul dengan banyak orang, seperti ibadah di masjid dilarang. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Lantas, selama perayaan Lebaran tahun ini, apa yang bisa dilakukan bersama anak? Nah, berikut terdapat beberapa ide kegiatan selama Lebaran 2020:

Baca juga: Tradisi Kuliner Idul Fitri di Berbagai Daerah

Memasak Bersama

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan dengan anak saat hari Lebaran adalah memasak bersama. Kegiatan ini juga bisa dilakukan menjelang hari raya, misalnya membuat kue kering, atau memasak menu untuk hari Lebaran. Anggota keluarga bisa saling bahu-membahu membuat menu makanan yang disukai. 

Video Call Bersama Keluarga Besar

Tampaknya momen Lebaran ini kita harus mempersiapkan jaringan internet yang lebih baik, karena lebih banyak menghabiskan waktu untuk melakukan video call bersama keluarga. Silaturahmi kali ini hanya bisa dilakukan lewat online. Namun, tak perlu berkecil hati, sebab usia pandemi virus corona mereda kamu bisa ambil cuti untuk melakukan mudik. Semoga saja kondisi seperti ini hanya terjadi tahun ini. 

Saling Mengirim Makanan atau Barang Spesial 

Melihat perkembangan teknologi yang ada sekarang, mengirim makanan atau barang lainnya bisa dilakukan lebih cepat. Jika jaraknya masih dekat, kamu bisa saling mengirim makanan seperti kue buatan sendiri atau camilan lainnya. Kamu yang tidak bisa mudik juga bisa mengirimkan barang seperti baju baru, atau makanan untuk orangtua yang tinggal beda kota sambil disertai kartu ucapan.

Baca juga: 4 Tips Mempertahankan Pola Makan Sehat Saat Lebaran

Membantu Orang yang Kesulitan 

Bulan Ramadan diyakini sebagai bulan spesial, sehingga kebaikan yang dilakukan pada bulan ini dan saat Lebaran kelak, pahalanya bisa berlipat ganda. Nah, kamu bisa mencoba untuk meringankan beban orang yang kesusahan sebagai salah satu bentuk rasa syukur kita karena masih bisa merayakan hari Lebaran. 

Memasak untuk Masyarakat atau Tetangga yang Membutuhkan

Jika tahun-tahun sebelumnya tidak pernah masak saat Lebaran karena ada keluarga besar yang sudah sediakan makanan, mungkin tahun ini kamu dan keluarga di rumah bisa mencoba memasak. Nah, hasil masakan tersebut bisa dibagikan kepada masyarakat atau tetangga yang membutuhkan.

Berbagi Salam Tempel 

Jika biasanya kamu bagi-bagi salam tempel kepada ke saudara dan tetangga saat hari Lebaran, kali ini tidak ada salahnya untuk tetap mengirimkannya pakai uang digital. Ada banyak layanan keuangan digital yang memudahkan kamu untuk berbagi kepada orang lain. Namun, tetap utamakan untuk memberikannya kepada orang yang membutuhkan, ya!

Baca juga: Stres Akibat Corona Bisa Diredam dengan Berbagi

Itulah ide yang bisa dilakukan untuk merayakan momen Lebaran 2020 ini. Meski virus corona belum sepenuhnya belum mampu kita kendalikan, namun bukan  berarti hubungan dengan sanak saudara dan kerabat jadi terputus.

Jika selama hari Lebaran kamu malah merasakan gejala penyakit, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc. Dokter akan selalu siaga memberikan solusi dan saran kesehatan untuk kamu selama merayakan hari Lebaran di rumah. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
The Atlantic. Diakses pada 2020. A Ramadan and Eid in Isolation.
Leicester Mercury. Diakses pada 2020. How Eid Celebrations Will Be Different Under Lockdown Rules.