• Home
  • /
  • Memasak Bantu Meredakan Stres saat Karantina

Memasak Bantu Meredakan Stres saat Karantina

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Memasak Bantu Meredakan Stres saat Karantina

Halodoc, Jakarta – Situasi karantina diri di tengah suasana pandemi membuat sebagian orang merasakan jenuh dan bosan. Tidak sedikit kurangnya aktivitas di luar bisa membuat orang menjadi stres. Namun jangan khawatir, rasa bosan dan stres yang dihadapi selama masa pandemi bisa diatasi dengan berbagai cara dari dalam rumah, seperti olahraga ringan, merapikan rumah, membaca buku, hingga memasak.

Baca juga: Redakan Stres dengan Lakukan 5 Teknik Relaksasi Ini

Memasak atau membuat kue menjadi alternatif bagi kamu untuk mengisi waktu luang di rumah sambil menjalankan work from home dan karantina diri. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk kesehatan kamu, lho! Yuk, cari tahu alasan memasak membantu untuk meredakan stres saat menjalani karantina diri di rumah.

Masak Bantu Meredakan Stres

Pandemi COVID-19 masih terus menjadi isu terbesar kesehatan saat ini membuat sebagian besar orang harus melakukan berbagai aktivitas dari dalam rumah. Situasi ini membuat rasa bosan, jenuh, hingga stres kerap melanda dan dirasakan. Melansir Web MD, stres yang tidak diatasi menyebabkan perubahan suasana hati yang begitu cepat, sakit kepala, gangguan tidur, hingga perasaan yang tidak nyaman.

Jika tidak dapat melakukan aktivitas di luar ruangan, perbanyak aktivitas positif di dalam rumah untuk mengatasi rasa bosan yang meningkatkan risiko stres. Selain membersihkan rumah, siapa sangka memasak atau membuat kue menjadi aktivitas untuk mengurangi rasa bosan dan mengurangi tingkat stres.

Melansir Huffpost, memasak membantu untuk meredakan tingkat stres sama dengan ketika kamu mendengarkan musik kesukaan atau terapi melalui kesenian. Proses memasak, seperti memotong, mengaduk, dan mengupas menjadi hal yang terkait dengan proses meningkatkan kesehatan mental. Saat kamu sedang memasak, tubuh memproduksi hormon serotonin sehingga membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Baca juga: Tips Menghilangkan Stres Dalam Waktu Singkat

Saat memasak, kamu juga akan mencium beberapa aroma, seperti aroma buah, bumbu masakan, rempah, aroma manis dari kue yang kamu panggang, atau aroma daging kesukaan. Melansir Pick The Brain, beberapa aroma tersebut menjadi aroma yang menenangkan dan meningkatkan rasa rileks serta bahagia. Hal ini bisa dijadikan sebagai aromaterapi untuk menurunkan tingkat stres di dalam tubuh.

Mulai Bayam Hingga Yoghurt

Tidak hanya pada proses memasaknya saja, pilihlah menu makanan yang sehat dan bernutrisi bagi kesehatan. Sebaiknya kamu memilih memasak makanan yang membantu meredakan tingkat stres yang dialami, yaitu:

1. Dark Chocolate

Membuat kue cokelat untuk camilan sehari-hari sepertinya menarik untuk dilakukan. Namun, gunakan dark chocolate saat membuat kue cokelat. Melansir Everyday Health, dark chocolate menjadi makanan yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi sehingga menurunkan kadar hormon stres di dalam tubuh. 

2. Bayam

Melansir Web MD, bayam memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi sehingga membantu kamu untuk mengurangi gejala yang kamu alami saat sedang stres. Kamu bisa mengolah sayur bayam menjadi berbagai menu makanan, namun, jangan terlalu lama memasak sayur bayam agar kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak hilang.

3. Yoghurt

Kamu dapat membuat minuman atau makanan penutup dengan bahan dasar yoghurt. Selain mampu menyehatkan pencernaan, melansir Medical News Today, yoghurt memiliki kandungan anti inflamasi sehingga mencegah peradangan kronis yang menyebabkan stres, rasa cemas, atau depresi.

Baca juga: 5 Olahraga yang Efektif Redakan Stres

Itulah makanan yang mungkin bisa diolah menjadi makanan sehat bagi keluarga. Kamu juga dapat bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapat informasi seputar kondisi stres maupun keluhan kesehatan lainnya. Pemeriksaan lebih dini tentunya memudahkan pengobatan yang akan kamu jalani.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Are Some Foods to Ease Your Anxiety?
Web MD. Diakses pada 2020. Foods that Help Tame Stress
Everyday Health. Diakses pada 2020. The 10 Best Foods to Help Fight Stress
Pick The Brain. Diakses pada 2020. 5 Ways Cooking Can Help Reduce Stress
Huffpost. Diakses pada 2020. Why Cooking is The Ultimate Stress Reliever
Web MD. Diakses pada 2020. Stress Management