• Home
  • /
  • Ini 4 Fakta tentang Golongan Darah A

Ini 4 Fakta tentang Golongan Darah A

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini 4 Fakta tentang Golongan Darah A

Halodoc, Jakarta - Setiap orang memiliki golongan darah yang berbeda-beda. Terdapat beberapa jenis golongan darah yang dikelompokkan menjadi tipe A, B, AB, dan O. Golongan darah dapat ditentukan oleh keberadaan zat antigen pada sel darah merah dan plasma darah. Antigen sendiri berguna untuk membedakan antara sel tubuh di dalam dengan yang berasal dari luar.

Golongan darah A adalah jenis yang umum dimiliki oleh masyarakat Indonesia, dengan persentase sekitar 25 persen dari total penduduk. Dengan mengetahui golongan darah yang terdapat di dalam tubuh, kamu dapat mengetahui beberapa fakta yang berhubungan dengan hal tersebut. Berikut adalah beberapa fakta terkait golongan darah A!

Baca juga: Inilah Kepribadian Menurut Golongan Darah

Fakta Golongan Darah A

Golongan darah A adalah tipe sel darah merah yang memiliki kandungan antigen A dan memproduksi antibodi B yang berguna untuk melawan antigen B. Seseorang yang memiliki golongan darah A mampu memberikan donor pada orang lain dengan jenis golongan darah A dan AB. Namun, orang dengan golongan darah ini hanya mampu menerima darah dengan jenis golongan darah A dan O saja.

Beberapa sumber mengatakan jika golongan darah seseorang dapat memengaruhi banyak hal dalam hidupnya. Hal tersebut mampu membentuk kepribadian, karakteristik, hingga risiko terserang penyakit tertentu. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa fakta dari golongan darah A agar dapat mencegah penyakit sebelum terjadi. Berikut beberapa faktanya:

  1. Rentan Mengidap Diabetes Tipe 2

Salah satu fakta yang berhubungan pada seseorang dengan golongan darah A adalah orang tersebut lebih rentan mengidap diabetes tipe 2. Gangguan ini disebabkan oleh kadar gula darah yang terlalu tinggi, sehingga tubuh kesulitan memproses. Penyakit ini dapat terjadi karena jarang berolahraga, faktor keturunan, dan obesitas.

  1. Risiko Lebih Tinggi pada Kanker

Seseorang dengan golongan darah A memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap gangguan kanker. Pada suatu penelitian, disebutkan bahwa golongan darah A mempunyai risiko paling besar diikuti oleh golongan darah B dan AB. Golongan darah O mempunyai risiko yang lebih rendah. Meski begitu, risiko kanker dapat dihindari dengan berolahraga teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait semua hal yang berhubungan dengan golongan darah dan kesehatan. Untuk mendapatkan kemudahan itu caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan.

Baca juga: A, B, O, AB, Kenali Lebih jauh Tentang Golongan Darah

  1. Sifat Dasar yang Dimiliki

Pemilik golongan darah A umumnya memiliki sifat-sifat dasar, seperti pandai, bersemangat, sensitif, dan mudah bekerjasama. Orang ini juga terbilang setia, sabar, dan cinta damai. Walau begitu, bukan tidak mungkin jika dirinya terlalu sensitif dalam beberapa hal yang berbeda.

  1. Pengambil Keputusan yang Baik

Pengambil keputusan yang baik juga termasuk dalam salah satu sifat yang dimiliki seseorang dengan golongan darah A. Biasanya, orang ini akan mengambil waktu sejenak sebelum keputusan diambil. Selain itu, pemilik golongan darah A juga tidak pandai melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu, karena lebih menyukai menyelesaikan satu pekerjaan baru beralih ke pekerjaan lainnya.

Baca juga: Golongan Darah A Rentan Terserang Virus Corona, Apa Benar?

Itulah beberapa fakta yang dapat kamu ketahui pada seseorang dengan golongan darah A. Walau begitu, tidak serta-merta semua pemilik golongan darah ini memiliki risiko terhadap beberapa penyakit tersebut. Namun, bukankah lebih penting untuk mencegahnya sebelum terjadi dibandingkan mengobati?

Referensi:
Better Help. Diakses pada 2020. Blood Type Personality: What Does Your Blood Say About You?
Healthline. Diakses pada 2020. What It Means to Have A Positive (A+) Blood Type.