A, B, O, AB, Kenali Lebih jauh Tentang Golongan Darah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
A, B, O, AB, Kenali Lebih jauh Tentang Golongan Darah

Halodoc, Jakarta – Apakah sudah tahu golongan darah yang kamu dimiliki? Kalau belum, segera lakukan tes darah, karena mengetahui golongan darah yang kamu miliki itu penting. Mengetahui golongan darah memudahkan dokter jika suatu hari kamu memerlukan transfusi darah atau berencana untuk mendonorkan darah. 

 

Tidak semua golongan darah cocok didonorkan maupun diterima. Menerima darah yang tidak sesuai dengan golongan darah yang dimiliki memicu respons imun yang berisiko membahayakan nyawa. Itulah alasan penting mengapa kamu perlu mengetahui golongan darah yang kamu miliki. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Jangan Tertukar, Ini Bedanya Golongan Darah dan Rhesus Darah

 

Seputar Golongan Darah yang Perlu Diketahui

Golongan darah seseorang ditentukan oleh jenis antigen apa yang dimiliki oleh sel darah merah. Antigen adalah zat yang membantu tubuh untuk membedakan antara sel-selnya sendiri dan sel asing yang berpotensi berbahaya. Jika tubuh mendeteksi adanya sel asing, respon tubuh secara otomatis akan menghancurkannya. Sistem golongan darah ABO dibedakan menjadi empat kategori berdasarkan antigennya, yaitu :

  • Tipe A memiliki antigen A;

  • Tipe B memiliki antigen B;

  • Tipe AB memiliki antigen A dan B;

  • Tipe O tidak memiliki antigen A atau B.

 

Jika darah dengan antigen berbeda masuk ke dalam tubuh, tubuh otomatis membuat antibodi untuk melawannya. Namun, beberapa orang masih aman menerima darah yang bukan golongan darah mereka, selama darah yang diterima tidak memiliki antigen yang menandainya sebagai benda asing. Artinya adalah sebagai berikut:

 

  • Seseorang yang punya golongan darah A dapat mendonorkan ke orang yang memiliki golongan A dan tidak dapat menyumbangkan ke golongan darah lain;

  • Seseorang yang memiliki golongan darah B hanya dapat menyumbangkan darah kepada individu yang memiliki golongan darah yang sama;

  • Orang yang memiliki golongan darah AB hanya dapat mendonorkan darah kepada individu AB lainnya dan bisa menerima donor dari golongan darah mana pun;

  • Pengecualian bagi seseorang yang memiliki golongan darah O. Individu ini dapat mendonorkan darah kepada siapa pun, karena darah mereka tidak memiliki antigen. Namun, mereka hanya dapat menerima darah dari individu tipe O lain karena darah dengan antigen berbeda tetap dianggap asing.

Baca Juga: Rahasia Bentuk Tubuh Ideal dengan Diet Golongan Darah

Kalau kamu belum mengetahui golongan darah yang kamu miliki, segera lakukan tes darah mengingat ini sebuah hal yang penting. Tidak harus repot pergi ke rumah sakit atau laboratorium, sekarang cek laboratorium bisa dipesan lewat aplikasi Halodoc. Kamu cuma tinggal pilih jenis pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang ke tempat yang telah kamu tentukan.

 

Mengapa Menerima Golongan Darah yang Berbeda Dapat Membahayakan?

Sebelum pengelompokan darah diketahui, para dokter mengira semua darah itu sama, sehingga banyak orang meninggal karena transfusi darah. Namun, saat ini para ahli tahu bahwa mencampur darah dari dua orang dengan jenis darah yang berbeda memicu penggumpalan darah, sehingga mengancam jiwa. Hal ini disebabkan karena orang yang menerima transfusi memiliki antibodi yang justru melawan sel-sel darah dari pendonor yang menimbulkan reaksi toksik.

 

Agar transfusi darah tetap berjalan aman, penting bagi pendonor dan penerima untuk memiliki golongan darah yang sama. Orang-orang dengan golongan darah A aman mendapatkan darah kelompok A dan orang-orang dengan golongan darah B dapat menerima darah kelompok B.

Baca Juga: Kenali 4 Fakta Penting Mengenai Cek Darah

Hal yang terbaik adalah pendonor dan penerima memiliki kecocokan dan melalui proses crossmatching. Tetapi pendonor tidak selalu harus memiliki jenis darah yang sama persis seperti orang yang menerimanya dan tipe mereka harus kompatibel.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. Blood Types: What to Know.
Healthline. Diakses pada 2019. Blood Typing.