28 November 2018

Gak Perlu Minum Obat, Pilek Bisa Diatasi dengan 5 Cara Ini

Gak Perlu Minum Obat, Pilek Bisa Diatasi dengan 5 Cara Ini

Halodoc, Jakarta - Memasuki musim penghujan, penyakit menular seperti flu, pilek, dan batuk menjadi mudah menular. Hal ini karena virus dan bakteri menjadi lebih mudah berkembang biak dan bertahan hidup pada suhu yang dingin. Oleh sebab, kamu wajib menjaga kesehatan dengan cara memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Salah satu penyakit yang dapat menyerang siapa saja saat cuaca sedang tidak baik adalah pilek. Seseorang bisa terserang pilek setidaknya dua atau hingga tiga kali dalam setahun. Penyakit ini tidak berbahaya dan biasanya hanya bertahan beberapa hari saja. Oleh sebab itu, biasanya tidak diperlukan cara khusus untuk mengatasi pilek. Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi pilek, yaitu sebagai berikut:

Konsumsi Vitamin C

Cara mudah pertama mengatasi pilek dengan mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang besar. Vitamin C dipercaya mampu mempersingkat waktu pilek berlangsung. Namun, umumnya hal ini berbeda tiap orang, karena bisa saja dosis vitamin C yang berlebih malah menyebabkan sakit perut. Dosis aman vitamin C tak lebih dari 1000-2000 mg per hari, jangan sampai berlebih dari itu. Asupan vitamin C yang cukup penting karena dinilai mampu membantu pertumbuhan jaringan dan bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh. Kamu dapat konsumsi melalui suplemen makanan, atau dari buah-buahan seperti jeruk, pepaya, paprika merah, brokoli, stroberi, dan lainnya.

Banyak Istirahat

Jika terkena pilek, sebaiknya minta izin untuk tidak masuk kerja dan beristirahatlah. Istirahat yang cukup dapat menjadi cara ampuh mengatasi pilek dan mencegah penyebarannya kepada orang lain.  Beristirahat seharian dapat membuat pilek menjadi cepat hilang dan kamu bisa kembali beraktivitas dengan normal.

Konsumsi Sup Ayam

Sakit atau tidak sakit, semangkuk sup ayam menjadi makanan kesukaan banyak orang. Sup ayam sering disebut "comfort food". Pemberian istilah ini bukan tanpa alasan, sup ayam membuat seseorang terutama mereka yang sedang tertimpa penyakit merasakan kenyamanan. Penelitian mengungkapkan makan sup ayam mempengaruhi sel darah putih dalam tubuh.  Sup ayam dapat menghambat pergerakan neutrofil, yaitu jenis sel darah putih yang mendorong terjadinya infeksi. Jadi, makan sup ayam bisa membantu mengurangi gejala penyakit saluran pernapasan atas seperti mengatasi pilek dan flu.

Minum Banyak Air

Cara mengatasi pilek dengan cepat adalah konsumsi air hangat dalam jumlah cukup dipercaya mampu mengencerkan lendir di saluran hidung dan meredakan nyeri yang muncul akibat hidung tersumbat. Kamu dapat mencoba untuk minum teh jahe, mint, atau teh lemon dan madu hangat yang mengandung zat antiseptik dan dekongestan alami untuk melegakan pernapasan.

Menggunakan Minyak Kayu Putih

Setiap orang di rumah pasti memiliki minyak kayu putih. Minyak kayu putih dapat kamu temukan pada salep dan balsem. Kayu putih mampu memberikan kehangatan sehingga membantu mengencerkan lendir akibat hidung tersumbat. Selain dengan dihirup langsung, kamu dapat mencampurkan beberapa minyak kayu putih ke dalam wadah berisi air hangat. Tempelkan wajah dekat air hangat tersebut dan usahakan menutup bagian belakang kepala dengan handuk agar uapnya hanya terserap oleh hidung. Lakukan hal ini selama 10 menit, dan kamu bisa merasakan manfaatnya. Bagi sebagian orang, hal ini adalah cara paling mudah mengatasi pilek.

Jika cara di atas tetap tidak ampuh mengatasi pilek, kamu bisa menanyakannya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga dapat bertanya pada dokter mengenai masalah kesehatan lain melalui Chat atau Voice/Video Call. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: