20 April 2018

Ini Jenis Makanan Supaya Enggak Gampang Sakit

Ini Jenis Makanan Supaya Enggak Gampang Sakit

Halodoc, Jakarta -  Buat kamu yang memiliki segudang aktivitas, sebaiknya kamu tidak lupa untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Salah satu caranya adalah dengan lebih pintar memilih jenis makanan, agar tidak gampang sakit. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, sistem imun yang kita miliki akan semakin kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti flu, batuk, demam, diare, radang tenggorokan dan lain-lain. Untuk itu, berikut ini terdapat beberapa jenis makanan agar tidak gampang sakit karena dapat membantu memperkuat sistem imun dalam tubuhmu:

Sup Ayam

Mengonsumsi sup ayam saat cuaca sedang tidak baik akan membantu membuat tenggorokanmu terasa nyaman. Selain itu, komposisi di dalam sup ayam sangat ampuh mencegah penyakit. Ayam sendiri mengandung vitamin B6 yang membantu pembentukan sel darah merah. Kaldunya pun kaya akan gelatin dan chondoritin untuk membantu proses penyembuhan pada usus dan memperkuat imun. Wortel dalam sup ayam juga mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.

Bayam

Sayuran hijau yang mudah ditemui ini adalah sumber nutrisi yang sangat baik untuk mencegah kamu jatuh sakit. Kaya akan flavonoid, yaitu senyawa antioksidan dan anti-kanker, menjadikannya cocok dikonsumsi setiap hari. Sayuran ini pun mengandung banyak vitamin C yang berfungsi untuk memperkuat imun.

Brokoli

Sayuran hijau satu ini juga merupakan sumber nutrisi yang mampu mencegah serangan penyakit. Vitamin C yang terkandung di dalamnyanya baik untuk membantu tubuhmu melawan radikal bebas. Selain itu, Vitamin C sendiri ialah antihistamin yang efektif meringankan ketidaknyamanan saat flu menyerang. Brokoli juga kaya akan betakaroten dan berbagai kalsium penting untuk menjaga kekebalan tubuhmu, seperti seng dan selenium. Dengan rajin mengonsumsi brokoli, kamu telah membantu tubuhmu untuk terhindar dari penyakit mematikan seperti kanker.

Yoghurt

Jika kamu merasa bosan dengan sayuran, kamu bisa mengonsumsi yoghurt untuk membantu tubuhmu terserang berbagai penyakit. Kandungan prebiotik  dalam yoghurt mampu menstimulasi sel darah putih untuk melawan infeksi dalam aliran darah. Tidak hanya itu, kandungan Vitamin D di dalam yoghurt juga baik untuk memperkuat sistem imun dan meningkatkan pertahanan tubuh terhadap penyakit secara alami.

Bawang Putih

Bagi kamu yang tidak menyukai bawang putih, ada baiknya kamu berpikir ulang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan National Center for Complementary and Integrative Health, bawang putih mampu memperlambat pengerasan arteri sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan acilin di dalamnya pun adalah zat hebat yang mampu menguatkan sistem imun kita.

Jeruk

Jeruk bisa menjadi pelengkap menu sehatmu. Vitamin C yang terkandung di dalamnya pun mampu membantu produksi sel darah putih. Sel darah putih sendiri dikenal luas memiliki fungsi untuk menjaga tubuh dari penyakit. Walau vitamin C dapat ditemukan di dalam suplemen makanan, alangkah lebih baik jika kamu mendapatkannya dari bahan alami.

Apabila kamu masih ingin tahu lebih banyak jenis makanan untuk mencegahmu dari penyakit, tanyakan saja kepada dokter! Pakai aplikasi Halodoc dan kamu bisa bicara dengan dokter kapan saja lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

(BACA JUGA: Warna Lidah bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan)