Gangguan Metabolik Bisa Disebabkan oleh Makanan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
gangguan-metabolik-bisa-disebabkan-oleh-makanan-halodoc

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu bahwa metabolisme merupakan sebuah proses penting yang terjadi di dalam tubuh kita?  Setiap makanan atau minuman yang kamu konsumsi bisa menjadi energi bagi tubuh adalah berkat metabolisme. Dengan demikian, kamu pun bisa mendapatkan tenaga untuk menjalani aktivitas kamu sehari-hari. Namun, proses metabolisme juga bisa terganggu atau mengalami kelainan. Kondisi ini disebut gangguan metabolik

Saat mengalami gangguan metabolik, tubuh jadi tidak bisa mencerna kandungan dari makanan yang kamu konsumsi dengan baik. Itulah mengapa makanan yang kamu makan bisa menyebabkan kamu mengalami penyakit. Simak penjelasannya di sini.

Baca juga: Ini Komplikasi Akibat Gangguan Metabolik

Protein, karbohidrat, dan lemak adalah nutrisi dalam makanan yang sangat diperlukan tubuh. Nah, ketika kamu mengonsumsi makanan, nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalamnya akan dipecah melalui proses metabolisme untuk kemudian dibawa ke sel-sel tubuh di mana mereka bisa menggunakannya sebagai bahan bakar. Tubuh akan menggunakan zat-zat ini atau menyimpannya di hati, lemak tubuh, dan jaringan otot untuk digunakan nanti. 

Gangguan metabolik terjadi ketika proses metabolisme di dalam tubuh terganggu, sehingga gagal memproduksi energi yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Gangguan metabolik sendiri bisa terjadi dalam berbagai bentuk, antara lain:

  • Adanya reaksi kimia abnormal yang menghambat proses metabolisme.

  • Hilangnya enzim atau vitamin yang diperlukan untuk proses kimia penting.

  • Kekurangan gizi.

  • Mengidap penyakit yang menyerang hati, pankreas, kelenjar endokrin, ataupun organ lain yang terlibat dalam metabolisme.

Baca juga: Gangguan Metabolik pada Anak, Ketahui 4 Hal Ini

Penyebab Gangguan Metabolik

Penyebab gangguan metabolik yang paling umum adalah karena adanya kelainan genetik yang diturunkan dalam keluarga. Kelainan genetik ini kemudian memengaruhi fungsi kelenjar endokrin dalam menghasilkan enzim yang digunakan dalam proses metabolisme. Akibatnya, metabolisme jadi tidak bisa berfungsi dengan baik karena jumlah enzim yang dibutuhkan tersebut berkurang atau tidak diproduksi sama sekali.

Karena mengalami gangguan atau kelainan, metabolisme tubuh tidak bisa mencerna nutrisi dengan baik, sehingga mengonsumsi makanan tertentu bisa menyebabkan kamu mengalami penyakit. Berikut ini jenis gangguan metabolik yang bisa dipicu oleh makanan:

  • Diabetes

Diabetes adalah jenis gangguan metabolik yang paling umum. Penyakit ini terjadi akibat tubuh tidak bisa menyerap glukosa di dalam tubuh, sehingga kadar gula darah menjadi tinggi atau di atas normal. Jenis diabetes yang paling umum adalah diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Pengidap diabetes perlu membatasi atau menghindari sama sekali makanan berkadar glukosa tinggi atau berlemak tinggi, karena kedua jenis makanan tersebut bisa memperparah kondisi diabetes.

  • Penyakit Gaucher

Penyakit Gaucher juga merupakan jenis gangguan metabolik yang bisa dipicu oleh makanan. Makanan berlemak bisa menyebabkan penyakit Gaucher, karena gangguan metabolik ini membuat tubuh tidak mampu memecah jenis lemak tertentu, sehingga akhirnya lemak akan menumpuk di hati, limfa, dan sumsum tulang. Penyakit Gaucher dapat menimbulkan rasa sakit, memicu kerusakan tulang, bahkan kematian.

  • Galaktosemia

Galaktosemia adalah gangguan dalam penyaluran glukosa dan galaktosa melalui lapisan perut yang menyebabkan diare dan dehidrasi parah. Gejalanya bisa diatasi dengan menghindari makanan yang mengandung laktosa, sukrosa, dan glukosa.

Jadi, benar bahwa makanan juga bisa berpengaruh terhadap terjadinya gangguan metabolik. Itulah sebabnya pengidap gangguan metabolik dianjurkan untuk menjalani pola makan atau diet khusus sesuai dengan penyakit yang dialaminya, yaitu dengan menghindari atau membatasi asupan nutrisi tertentu.

Baca juga: Ini Cara Mengobati Gangguan Metabolik

Kamu juga bisa bertanya-tanya pada dokter Halodoc mengenai makanan apa saja yang baik dan yang perlu dihindari bila kamu mengidap gangguan metabolik. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya-tanya tentang kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Nutrition and Metabolism Disorders.