Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Penyakit Paget

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Penyakit Paget

Halodoc, Jakarta - Tulang adalah bagian terkuat pada tubuh manusia. Kumpulan dari tulang di tubuh berfungsi untuk menopang tubuh. Selain itu, tulang pada tubuh juga dapat terus-menerus terurai dan terbentuk dengan cara yang alami. Hal ini dilakukan ketika cedera tulang terjadi.

Seseorang yang mengalami cedera pada tulangnya akan sembuh dan membentuk tulang yang lebih besar dari ukuran normal. Gangguan ini disebut juga dengan penyakit Paget. Perubahan yang tidak normal ini dapat membuat kelainan pada bentuk tulang. Untuk mencegah terjadinya penyakit ini, gaya hidup sehat perlu untuk diterapkan.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Faktor Risiko Alami Penyakit Paget

Cegah Penyakit Paget dengan Gaya Hidup Sehat

Penyakit paget adalah sebuah kondisi kronis yang dapat menyebabkan pembesaran abnormal dan pelemahan pada tulang. Setiap bagian dari kerangka tubuh dapat mengalaminya. Namun, paling umum terjadi pada tengkorak, tulang belakang, panggul, tulang paha, tulang kering, dan tulang lengan atas.

Penyakit ini lebih umum terjadi pada seseorang yang berusia di atas 50 tahun. Hal ini juga lebih cenderung terjadi pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan. Penyakit Paget dapat hancur dan tumbuh menjadi lebih besar dan gangguan ketika tulang yang patah sembuh. 

Pertumbuhan tulang baru tersebut juga terbilang lebih rapuh dibandingkan tulang normal. Selain itu, tulang yang tumbuh dapat memiliki pola yang serampangan. Walau begitu, penyebab dari gangguan ini belum diketahui. Faktor genetik mungkin saja berperan dalam munculnya penyakit ini.

Jika keluarga kamu pernah mengalami gangguan ini, ada baiknya untuk mengetahui cara mencegah hal ini terjadi. Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc mengenai gangguan yang terjadi pada tulang ini. Kamu hanya perlu download aplikasi ini dan lakukan diskusi dengan dokter kapan dan di mana saja.

Untuk mencegah gangguan ini terjadi, beberapa hal dapat kamu lakukan. Cara ini dapat mengurangi risiko komplikasi yang dapat disebabkan oleh penyakit ini di masa mendatang. Berikut adalah beberapa gaya hidup sehat yang dapat dilakukan:

  • Selalu Berhati-hati

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya patah tulang yang menyebabkan penyakit paget adalah dengan selalu berhati-hati agar tidak terjadi patah tulang. Cobalah untuk meminta saran dari dokter untuk mencegah tubuh jatuh dan mengalami patah tulang.

Baca juga: 4 Cara Menangani Penyakit Paget yang Wajib Diketahui

  • Buat Rumah Tidak Licin

Kamu dapat mencegah penyakit paget dengan cara membuat rumah kamu tidak licin, sehingga patah tulang dapat dihindari. Hal yang membuat seseorang mengalami penyakit paget adalah patah tulang. Sediakan keset anti licin untuk mencegah tubuh terjatuh.

  • Makan dengan Baik

Pastikan diet kamu mencakup kadar kalsium dan vitamin D yang memadai. Hal ini dapat membantu tulang dalam tubuh menyerap kalsium. Cara ini sangat penting jika menggunakan bifosfonat. Cobalah untuk memastikan porsi makananmu kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D. Kamu butuh asupan tersebut untuk memperkuat tulang.

  • Berolahraga Secara Teratur

Olahraga yang teratur sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang. Walau begitu, kamu harus bertanya pada dokter terkait jenis, durasi, dan intensitas layanan yang tepat. Hal ini dilakukan agar tulang tetap sehat dan memastikannya tidak terjadinya patah tulang.

Baca juga: Gejala Terkena Penyakit Paget yang Wajib Diketahui

Referensi:
Health Harvard (2019). Paget's Disease of Bone
Mayo Clinic (2019). Paget's disease of bone
Health Link BC (2019). Paget's Disease of Bone