Gejala Terkena Penyakit Paget yang Wajib Diketahui

Gejala Terkena Penyakit Paget yang Wajib Diketahui

Halodoc, Jakarta – Penyakit paget merupakan kondisi yang terjadi karena adanya gangguan pada tulang. Penyakit ini ditandai dengan tulang yang lebih rapuh dan mengalami kelainan bentuk alias deformitas. Penyakit paget adalah kondisi tidak normal yang mengganggu proses regenerasi tulang. Penyakit ini bisa menyerang beberapa tulang, misalnya tulang panggul, tulang belakang, tulang bahu, tengkorak, dan tulang kaki.

Baca juga:   Kenali Tingkatan Keparahan Sarkoma Jaringan Lunak

Kondisi ini sering memicu gejala yang khas. Berikut ini sejumlah gejala terkena penyakit paget yang wajib diketahui! 

  • Nyeri Tulang 

Penyakit paget biasanya ditandai dengan muncul nyeri pada tulang. Umumnya, nyeri yang muncul akan terasa tumpul atau menimbulkan sensasi, seperti ditekan atau diremas. Nyeri yang muncul karena penyakit ini pun biasanya konstan serta terasa semakin menyiksa pada malam hari. 

  • Nyeri dan Bengkak pada Sendi 

Selain menyerang tulang, gejala penyakit paget juga bisa terasa hingga ke sendi. Penyakit ini bisa menyebabkan nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada tulang rawan yang merupakan bantalan sendi. 

  • Gangguan Saraf 

Penyakit paget juga sering ditandai dengan gejala nyeri pada saraf. Penyakit ini menyebabkan munculnya rasa nyeri yang menjalar dari tulang belakang ke kaki atau dari leher ke lengan dan dada. Selain nyeri, kondisi ini juga menyebabkan terjadinya mati rasa atau kesemutan, gangguan keseimbangan, hingga lumpuh pada sebagian tubuh. 

Baca juga: Ini Cara untuk Diagnosis Sarkoma Jaringan Lunak

Faktor Risiko dan Cara Mengobati Penyakit Paget 

Salah satu faktor risiko penyakit ini adalah bertambahnya usia. Selain itu, penyakit ini juga lebih sering menyerang orang yang memiliki riwayat penyakit yang sama. Berita buruknya, penyakit ini ternyata lebih rentan menyerang pria dibandingkan wanita. Penyakit paget harus ditangani dengan cepat dan tepat untuk menghindari komplikasi. 

Penyakit paget yang tidak segera ditangani bisa memicu komplikasi berupa osteoarthritis, perubahan bentuk tulang, kanker tulang, patah tulang, hingga gagal jantung. Penyakit paget terjadi karena gangguan pada fungsi sel yang bertugas melakukan regenerasi tulang. 

Dalam tubuh manusia, terdapat dua sel yang bertugas melakukan proses remodeling tulang, yaitu osteoclast dan osteoblast. Sel osteoclast bertugas untuk menyerap jaringan tulang yang tua, sedangkan osteoblast memiliki tugas untuk membuat jaringan tulang baru. Pada pengidap penyakit paget, terjadi gangguan pada sel osteoclast yang menyebabkan penyerapan jaringan tulang terjadi terlalu cepat.

Hal ini kemudian memicu osteoblast bekerja lebih cepat dalam membuat jaringan baru dalam struktur yang lebih besar, tapi lemah. Meski begitu, masih belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab terjadinya ketidaknormalan tersebut. 

Sayangnya, hingga kini masih belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit paget. Meski begitu, penanganan tetap dibutuhkan untuk meringankan gejala dan mencegah komplikasi. 

Kondisi ini seringnya ditangani dengan pemberian obat-obatan khusus, pembedahan untuk mengatasi keretakan dan patah tulang, fisioterapi untuk membantu menguatkan otot-otot dan meningkatkan keseimbangan tubuh, serta pengaturan nutrisi. Pada kondisi ini, seseorang akan diminta untuk meningkatkan jumlah konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kalsium dan vitamin D. 

Baca juga: Sarkoma Jaringan Lunak Muncul karena Radiasi Pengobatan Kanker

Masih penasaran apa itu penyakit paget dan gejala-gejalanya? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Sampaikan keluhan penyakit, pertanyaan seputar informasi kesehatan, dan dapatkan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!