• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gelisah Tanpa Sebab, Ini 9 Cara Sederhana Mengobatinya

Gelisah Tanpa Sebab, Ini 9 Cara Sederhana Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Gelisah tanpa sebab merupakan hal yang sah-sah saja dialami oleh semua orang. Namun, jika kondisi ini sering terjadi, hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Pada umumnya, gelisah tanpa sebab terjadi karena seseorang sedang merasa tidak nyaman dengan situasi. Tak hanya itu, gelisah juga merupakan suatu bentuk dari gejala gangguan mental. Berikut cara mengobati gelisah dengan langkah sederhana:

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Bedanya Serangan Panik dan Serangan Kecemasan

  • Hilangkan Beban Pikiran

Ketika gelisah datang, seseorang akan sangat sulit untuk menemukan kedamaian pada diri sendiri. Untuk meredakan gelisah yang kamu alami, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membuang pikiran yang tidak perlu. Pasalnya, tidak semua orang dapat memberikan energi positif, banyak dari mereka yang menyebarkan energi negatif yang berujung pada gelisah. Dari sini, kamu harus bisa lebih bijak bertindak dan memilih lingkungan pertemanan yang baik.

  • Berdiam Diri

Ketika gelisah yang datang tidak disertai dengan alasan yang jelas, sebaiknya kamu berdiam diri sejenak. Hal ini dilakukan untuk mengontrol hati dan pikiran dengan memusatkan perhatian dan mencari apa yang menjadi penyebab kegelisahan. Bisa jadi penyebab gelisah yang kamu alami bukanlah hal yang harus dipikirkan.

  • Jauhi Lingkungan yang Negatif

Rasa gelisah bisa saja datang dari lingkungan yang buruk. Untuk mencegahnya, salah satu cara mengobati gelisah dapat kamu lakukan dengan membentengi diri sendiri dari orang-orang yang merugikan. Dengan menjauhi orang-orang jenis ini, kamu akan terhindar dari rasa gelisah yang berkepanjangan.

  • Lakukan Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa gelisah atau panik yang kerap kali muncul secara tiba-tiba. Dengan melakukan yoga, kamu akan mendapatkan ketenangan pikiran dan hati, sehingga kamu akan lebih santai dalam menghadapi masalah-masalahmu.

Baca juga: 15 Gejala yang Timbul dari Gangguan Kecemasan

  • Banyak Hal yang Harus Disyukuri

Menanamkan rasa syukur dapat kamu lakukan untuk menciptakan rasa tenang dalam diri. Hal ini dilakukan dengan cara memikirkan hal-hal baik yang sudah kamu peroleh, nikmat kesehatan, atau banyaknya orang-orang terkasih yang berada di sekitarmu.

  • Cari Tahu Penyebabnya

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah mencari tahu tentang hal-hal apa yang menjadi penyebab rasa gelisah. Ketika kamu mengetahuinya, kamu dapat mengatasi dan juga mengontrol perasaan yang bisa saja datang di saat yang tidak terduga.

  • Mengalihkan Pikiran

Saat dilanda rasa gelisah, sebaiknya kamu mengalihkan pikiran dengan hal-hal positif lain, seperti yoga, mendengarkan musik, menonton film favorit, atau membaca buku. Pasalnya, rasa gelisah biasanya hadir karena ada suatu perasaan yang membuat kamu terus-menerus memikirkan hal yang sama.

  • Fokus Menyelesaikan Masalah

Kamu harus memiliki pikiran bahwa masalah yang kamu alami akan selesai dengan berjalannya waktu. Hal tersebut dapat dilakukan dengan fokus mencari jalan keluar dengan baik.

  • Kuasai Pikiran Sendiri

Rasa gelisah datang dari sebuah pikiran yang tidak sehat. Hal tersebut menjadi masalah utama terjadinya rasa gelisah. Untuk mengatasinya, ketika kamu merasa gelisah secara tiba-tiba, sebaiknya jangan pernah membiarkan pikiran tersebut menguasai dirimu.

Baca juga: Alasan Terapi Kognitif Bisa Atasi Serangan Panik

Masalah dapat terjadi pada siapapun, rasa khawatir dan gelisah juga wajar terjadi akan hal ini. Namun, jika gelisah sering muncul tanpa sebab, bisa jadi ada yang salah dengan kesehatan mentalmu. Untuk mengetahuinya, kamu dapat bertemu langsung dengan dokter di rumah sakit terdekat dengan membuat janji terlebih dulu melalui aplikasi Halodoc, ya! Atasi dengan tepat, karena ketika gelisah terjadi terus-menerus, mental akan terganggu, bahkan karakter seseorang secara perlahan dapat berubah.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 8 Mood-Boosting Tips to Help Soothe Seasonal Affective Disorder.
Healthline. Diakses pada 2019. Do You Live with Anxiety? Here Are 11 Ways to Cope.