03 November 2018

5 Rahasia Yoga yang Bermanfaat Bagi Tubuh

5 rahasia yoga yang bermanfaat bagi tubuh

Halodoc, Jakarta – Olahraga merupakan bagian dari pola hidup sehat yang perlu kamu lakukan secara rutin. Buat kamu yang masih bingung ingin melakukan olahraga apa, kamu bisa mencoba yoga. Saat ini, yoga menjadi olahraga yang cukup populer dan digemari. Manfaatnya yang banyak menjadi salah satu alasan olahraga ini banyak penggemarnya. Nyatanya, manfaat yoga tidak hanya untuk kesehatan tubuh secara fisik saja, tetapi juga berdampak baik bagi kesehatan mental. Selain itu, manfaat yoga juga berlaku untuk siapa saja, mulai dari pria, wanita, ibu hamil, sampai anak-anak. Mulai tertarik dengan olahraga yang satu ini? Intip dulu 5 rahasia yoga yang bermanfaat bagi tubuh.

Walaupun gerakan yoga tidak terlalu menguras tenaga, tetapi olahraga ini dapat memberi efek yang tidak kalah besar dari olahraga dinamis lainnya, seperti gym, jogging, bulutangkis, dan lain-lain. Pada dasarnya, yoga menggunakan metode asana (postur), yaitu memusatkan konsentrasi pada bagian-bagian tubuh tertentu dan pranayama (teknik pernapasan), yakni untuk mengintegrasikan tubuh dengan pikiran dan pikiran dengan jiwa. Itulah mengapa, melakukan yoga secara rutin dapat memperkuat otot-otot tubuhmu, meningkatkan fleksibilitas, menenangkan pikiran, serta meningkatkan konsentrasi seseorang.

1. Membangun Kekuatan Tubuh

Manfaat yoga pertama yang bisa kamu rasakan bila melakukannya secara rutin adalah tubuh menjadi lebih kuat. Hal ini karena gerakan-gerakan yoga dapat meningkatkan kekuatan otot-otot pada tubuhmu. Selain itu, yoga juga berguna untuk memperbaiki posisi tubuhmu yang kurang baik lho, misalnya tubuh yang bungkuk bisa menjadi lebih tegap. Fleksibilitas tubuhmu juga secara perlahan akan meningkat dengan melakukan yoga secara rutin.

2. Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikologis

Yoga memiliki serangkaian pose-pose yang akan membuatmu menggerakkan hampir seluruh anggota tubuh dan pastinya bikin kamu berkeringat. Itulah mengapa yoga merupakan olahraga yang sangat baik dilakukan setiap hari karena dapat membantu menjaga kesehatan tubuhmu. Selain itu, teknik pernapasan yang diajarkan dalam kelas yoga juga akan membuat kesehatan psikologismu menjadi lebih baik. Hasilnya, kamu pun bisa menjadi lebih tenang, damai, serta terhindar dari stres dan pikiran-pikiran negatif.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat yoga yang satu ini tentunya menjadi alasan menarik bagi para wanita untuk mencoba olahraga ini. Bayangkan, dengan berlatih yoga satu jam saja, jumlah kalori dalam tubuh yang bisa dibakar setara dengan berjalan kaki santai dengan durasi yang sama. Selain itu, orang bertubuh gemuk mungkin akan kesulitan bila harus mengawali olahraga dengan intensitas yang cukup tinggi seperti kardio. Nah, yoga yang berintensitas rendah adalah pilihan olahraga yang sangat cocok dan nyaman dilakukan bagi mereka bertubuh gemuk. Namun ingat, seimbangkan juga dengan menjaga pola makan agar kamu bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

4. Mengatasi Sakit Punggung

Nah, buat kamu yang sering mengalami pegal-pegal dan sakit punggung, kamu bisa melakukan yoga untuk mengatasinya. Hal ini karena gerakan peregangan tubuh yang diajarkan di yoga bisa membantu melenturkan tubuh, merilekskan otot-otot yang tegang, dan mengurangi pegal-pegal.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Manfaat yoga lainnya yang juga tidak kalah hebat adalah mampu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti jantung atau tekanan darah tinggi. Bahkan, yoga dapat meringankan gejala nyeri, gangguan cemas, insomnia, hingga depresi.

Lakukan yoga secara rutin ya untuk mendapatkan manfaat yoga di atas. Kalau kamu cedera atau mengalami kram saat berolahraga, bisa membeli berbagai macam produk kesehatan yang kamu butuhkan di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order lewat aplikasi, dan pesananmu akan dikirim ke lokasi tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: