Gemar Musik, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Gemar Musik, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta - Mendengarkan musik bisa menghibur dan mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik. Ada juga yang mengatakan bahwa musik akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Musik menjadi sumber kesenangan dan kepuasan, tetapi masih ada lagi manfaat musik lainnya terkait kesehatan mental. 

Anggapan bahwa musik memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku bukan berita baru. Jika kamu pernah merasa bersemangat ketika mendengar hentakan musik beraliran rock, atau tiba-tiba merasa galau ketika turut mengalunkan musik sendu, kamu dengan mudah memahami kekuatan musik untuk memengaruhi suasana hati, bahkan menginspirasi perilaku. 

Musik dapat menenangkan pikiran, memberikan energi pada tubuh, bahkan membantu orang mengelola rasa sakitnya dengan lebih baik. Lalu, apa lagi manfaat musik untuk kesehatan mental? Berikut beberapa di antaranya:

Baca juga: Manfaat Dengarkan Musik Saat Olahraga

  • Membantu Mengurangi Stres

Musik telah terbukti menjadi penolong untuk menurunkan stres yang dialami seseorang. Ini, terutama, mengacu pada musik yang bertujuan untuk meditasi, menenangkan pikiran dan mendorong relaksasi. Mendengarkan musik berdampak pada respons stres manusia, terutama sistem saraf otonom. Mereka yang mendengarkan musik cenderung pulih lebih cepat setelah mengalami stres. 

  • Membantu Mengelola Rasa Sakit

Musik juga bisa membantu kamu mengelola rasa sakit. Cukup mendengarkan musik selama satu jam setiap hari bisa membantu mengurangi rasa sakit yang signifikan dibandingkan dengan berusaha mengatasinya dengan cara lain. Musik adalah intervensi non-invasif, aman, dan murah yang bisa dimanfaatkan orang-orang yang sedang mengalami rasa sakit, baik medis maupun psikis. 

Baca juga: Manfaat Memberi Anak Latihan Musik

  • Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Insomnia merupakan masalah serius yang memengaruhi orang-orang tanpa memandang usia. Meski ada banyak sekali pendekatan yang membantu mengurangi dampak negatif dari penyakit ini, mendengarkan musik menjadi cara paling efektif yang bisa dicoba. Musik klasik dengan alunan yang menenangkan dapat menjadi obat yang aman, efektif, dan terjangkau untuk mengatasi susah tidur. 

  • Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat musik juga untuk kesehatan mental, yaitu membuat kamu merasa lebih bahagia. Musik punya peran penting dalam menghubungkan gairan dan suasana hati. Musik-musik bernada positif dapat membantu kamu lebih bersemangat menjalani aktivitas dengan membangun suasana hati yang lebih baik sepanjang hari. 

  • Mengurangi Gejala Depresi

Depresi yang tidak ditangani dapat menjadi masalah serius, karena bisa membuat seseorang cenderung bertindak tanpa berpikir panjang, misalnya melakukan percobaan bunuh diri atau benar-benar mengakhiri hidupnya. Namun, ini bisa diatasi dengan mendengarkan musik. Selain mengurangi depresi dan kecemasan pada mereka yang mengidap demensia, stroke, dan Penyakit Parkinson, musik tidak menunjukkan efek samping negatif, alias aman digunakan sebagai terapi. 

Baca juga: Benarkah Musik Bisa Mencerdaskan Bayi?

Nah, itu tadi beberapa manfaat musik untuk kesehatan mental. Kapan saja kamu merasakan adanya gejala yang berkaitan dengan kondisi psikologis, putar saja lagu-lagu kesukaanmu, cari lagu-lagu bernada positif untuk membangun kembali semangatmu, meningkatkan suasana hatimu, juga mengobati rasa sakit dan sedih serta stres yang sedang dialami. Murah dan mudah, inilah musik untuk menunjang kebahagiaanmu. 

Sama seperti musik, aplikasi Halodoc juga memudahkan kamu untuk tetap hidup sehat setiap saat. Kapan saja butuh saran dari dokter, atau ingin beli obat maupun cek lab tanpa perlu keluar rumah, bisa dengan download aplikasi Halodoc. Praktis dan cepat untuk mendukung tubuh sehat.