Ini 6 Manfaat Musik untuk Kesehatan Manusia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
manfaat musik untuk kesehatan

Halodoc, Jakarta – Ketika mengalami hari-hari yang berat, kebanyakan orang akan mendengarkan lagu-lagu favoritnya. Konon, aktivitas ini dipercaya dapat memperbaiki suasana hati. Namun faktanya, musik ternyata tidak hanya cocok untuk memperbaiki mood, tapi juga bermanfaat untuk memperbaiki kualitas hidup.

Baca juga: Olahraga Sambil Mendengarkan Musik? Perhatikan 3 Hal ini

Tidak terbatas pada hal-hal tersebut, musik pun terbukti mampu meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Nah, apa saja manfaat musik untuk kesehatan secara spesifik? Yuk, simak enam di antaranya sebagai berikut:

1. Menyehatkan Jantung

Manfaat pertama yang dapat diambil dari aktivitas mendengarkan musik adalah menyehatkan jantung. Hal ini disebabkan oleh tempo musik yang dapat mengubah perubahan detak jantung. Sebagai contoh, ketika seseorang mendengarkan musik bertempo cepat, detak jantung otomatis akan menjadi cepat. Keadaan ini pun berlaku sebaliknya. Tempo inilah yang dapat merelaksasi jantung dan memengaruhi kesehatannya.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Musik klasik yang didengarkan setiap pagi dan malam selama 30 menit ternyata mampu mengontrol tekanan darah tinggi. Hal inilah yang dapat berkontribusi dalam menurunkan tekanan darah. Bagi kamu yang ingin melakukan olahraga lari di pagi hari, tidak ada salahnya untuk memulainya dengan mendengarkan musik. Situasi ini mampu membuat kamu lari lebih cepat, menambah semangat untuk berlari, hingga meningkatkan ketahanan tubuh dalam berolahraga.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mendengarkan musik juga dapat memberikan pengalaman emosional positif dan mendalam yang mengarah pada sekresi hormon. Hasilnya, daya tahan tubuh seseorang akan meningkat hingga sebesar 15 persen. Belum lagi, mendengarkan musik bisa menambah semangat serta efisiensi energi dari 1 hingga 2 persen.

4. Mempercepat Penyembuhan Operasi

Dalam proses operasi (baik sebelum, sesudah, hingga saat operasi dilakukan), musik dapat digunakan untuk meringankan proses jalannya operasi. Sebelum operasi dimulai, musik dapat mengurangi rasa gelisah seseorang. Setelah operasi, musik membantu pelepasan hormon endorfin yang dapat menghilangkan rasa sakit, sehingga rasa sakit akibat operasi semakin berkurang atau tidak terasa.

5. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Jenis musik yang paling efektif untuk situasi insomnia adalah musik klasik. Ketika malam hari menjelang tidur, ada baiknya untuk memutar musik klasik. Hal ini akan membuat seseorang lebih santai sehingga memudahkan untuk tidur. Cara ini juga mampu meningkatkan kualitas tidur, sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak. Hasilnya, ketika bangun di pagi hari tubuh akan terasa lebih segar.

6. Memperbaiki Suasana Hati

Musik juga bisa memengaruhi suasana hati (mood). Ini dibuktikan oleh studi yang dipublikasikan dalam Journal of Positive Psychology. Studi tersebut menyebutkan bahwa musik bisa memperbaiki suasana hati, termasuk menciptakan perasaan bahagia. Studi lain yang dipublikasikan dalam World Journal of Psychiatry juga menemukan bahwa terapi musik bisa mengurangi depresi dan kecemasan, sehingga mampu memperbaiki mood, harga diri, serta kualitas hidup.

Baca juga: Musik Pengaruhi Mood, Kok Bisa?

Itulah enam manfaat musik untuk kesehatan. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat musik untuk kesehatan, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat dan vitamin yang dibutuhkan melalui fitur Pharmacy Delivery di aplikasi Halodoc. Kamu tinggal pesan obat dan vitamin yang dibutuhkan, lalu tunggu hingga pesanan datang. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.