• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • GERD Bisa Sebabkan Sakit Tenggorokan, Ini Penjelasannya

GERD Bisa Sebabkan Sakit Tenggorokan, Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
GERD Bisa Sebabkan Sakit Tenggorokan, Ini Penjelasannya

“Ada banyak gejala yang dapat dirasakan saat seseorang mengidap GERD. Salah satu gejala yang umum adalah sakit tenggorokan. Meski begitu, banyak orang yang belum tahu alasan masalah ini dapat terjadi. Padahal, dengan mengetahui ini dapat mencegah masalah yang lebih besar.”

Halodoc, Jakarta - Tidak sedikit orang yang didiagnosis dengan penyakit asam lambung, atau disebut juga dengan GERD. Ada banyak gejala yang dapat timbul saat seseorang mengidap GERD, salah satunya adalah sakit tenggorokan. Lalu, bagaimanakah cara penyakit ini dapat menyebabkan sakit tenggorokan? Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Baca juga: Agar Tak Salah, Ini 5 Tips Mencegah GERD

Penjelasan GERD Bisa Sebabkan Sakit Tenggorokan

GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah gangguan yang terjadi ketika asam lambung naik kembali ke saluran makanan atau kerongkongan. Saat masalah ini kambuh, pengidapnya mungkin merasakan sakit tenggorokan akibat terjadinya iritasi pada lapisan kerongkongan. Namun, bagaimana caranya GERD dapat sebabkan sakit tenggorokan?

Lower esophageal sphincter (LES) adalah otot paling ujung esofagus berbentuk seperti katup yang otomatis terbuka saat ada makanan masuk dan tertutup kembali dengan sendirinya. Hal ini berguna agar makanan tidak naik kembali ke kerongkongan. Saat otot ini melemah, kemampuan menutupnya bisa menjadi tidak terlalu rapat. Akibatnya, asam lambung dapat naik kembali kerongkongan yang menyebabkan iritasi.

Kondisi ini yang menimbulkan sensasi terbakar pada tenggorokan dan membuat tenggorokan terasa sakit. Bukan cuma masalah itu saja, tenggorokan yang mengalami iritasi juga bisa membuat pengidapnya mengalami batuk kering, sesak napas, rasa pahit di mulut, gangguan pencernaan, dan kesulitan menelan.

Penting sekali untuk mengelola GERD agar segala gejala yang ditimbulkan tidak menyebabkan komplikasi yang berbahaya. Asam lambung yang terus menyebabkan iritasi dan menimbulkan beberapa komplikasi jika terus dibiarkan. Beberapa komplikasi yang dapat terjadi, antara lain:

  • Esofagitis: Iritasi pada jaringan yang melapisi tenggorokan disebabkan oleh sifat asam lambung dan esofagus yang kuat. 
  • Batuk terus menerus: Beberapa orang dengan GERD merasa perlu untuk sering membersihkan tenggorokan, ini bisa menyebabkan rasa sakit dan suara serak. 
  • Disfagia: Ini adalah kesulitan menelan ketika jaringan parut terbentuk di lapisan esofagus dari GERD. Penyempitan esofagus juga dapat menyebabkan nyeri tenggorokan dan disfagia. 

Baca juga: 4 Cara Pilih Makanan Terbaik untuk Pengidap Maag

Selain sakit tenggorokan, GERD kronis dan parah yang tidak mendapatkan pengobatan juga bisa menyebabkan kondisi langka namun serius, yaitu esofagus barrett. Kondisi ini terjadi saat lapisan esofagus mengalami perubahan komposisi yang menyerupai lapisan usus. Adapun beberapa gejala dari esofagus barrett, yaitu:

  • Mulas, sensasi terbakar di dada, sakit tenggorokan;
  • Nyeri perut bagian atas;
  • Disfagia;
  • Batuk;
  • Nyeri dada.

Setelah mengetahui jika GERD bisa sebabkan terjadinya sakit tenggorokan, kamu juga perlu tahu beberapa cara yang ampuh untuk mengatasi masalah ini. Dengan begitu, masalah yang ada tidak berangsur-angsur semakin parah.

Penting juga untuk memeriksakan kondisi dari penyakit asam lambung kamu jika dirasa sudah terlalu sering kambuh. Jangan tunggu hingga masalah ini bertambah parah. Kamu dapat melakukan pemeriksaan fisik di beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc. Pemesanan bisa dilakukan melalui aplikasi Halodoc hanya dengan download terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Akibat GERD

Saat GERD sebabkan sakit tenggorokan, maka sebaiknya pilih makanan yang bertekstur lembut, serta mudah dan nyaman untuk ditelan. Masalah pada tenggorokan ini dapat membuat seseorang lebih susah untuk menelan, sehingga makanan yang lengket dan padat tidak disarankan untuk dikonsumsi. Jadi, pilihlah makanan yang lunak atau cair agar lebih mudah masuk ke perut. 

Ketahui juga makanan dan minuman apa saja yang bisa memicu GERD kambuh. Biasanya makanan pedas, asam, dan berlemak tinggi sering menjadi penyebab utama kambuhnya GERD. Ingat dan pahami juga minuman apa saja yang dapat memicu asam lambung naik, seperti minuman bersoda. Dengan begitu, kamu bisa lebih berhati-hati saat saat memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Baca juga: Jangan Sepelekan 3 Bahaya Akibat Asam Lambung

Nah, sekarang kamu tahu tentang GERD yang dapat sebabkan sakit tenggorokan dan cara untuk mengatasinya. Pastikan untuk menghindari segala makanan dan minuman yang dapat memicu terjadinya kekambuhan. Jika penyakit ini tidak kunjung mereda, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter agar lebih baik.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Sore Throat and Acid Reflux.
Web MD. Diakses pada 2021. Understanding Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) -- Symptoms.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Sore throat and acid reflux: What is the link?