Gigi Sensitif, Hindari 4 Minuman Ini

Gigi Sensitif, Hindari 4 Minuman Ini

Halodoc, Jakarta - Pernah merasa ngilu pada gigi ketika minum atau makan sesuatu? Bisa jadi itu tanda kamu memiliki gigi sensitif. Masalah ini bisa dibilang cukup umum dan mengganggu. Pasalnya, rasa ngilu yang terjadi akibat gigi sensitif ini kerap menimbulkan rasa tidak nyaman ketika makan dan minum. Terlebih jika masalah gigi sensitif yang dialami cukup parah, dan sampai menimbulkan rasa nyut-nyutan. Dijamin mood jadi turun seharian, deh.

Umumnya, gigi sensitif terjadi karena email gigi yang usang atau akar gigi yang terbuka. Namun, ada juga hal-hal lain yang bisa menyebabkan munculnya masalah gigi sensitif, seperti:

  • Gigi berlubang.
  • Hancurnya gingiva (penyakit gusi), sebagai akibat dari periodontitis (infeksi gusi).
  • Penimbunan tartar (penimbunan plak berlebih).
  • Gigi retak.
  • Tambalan baru.
  • Pemutihan gigi atau tindakan gigi lainnya.

Baca juga: Bukan Hanya Gigi Ngilu, Ini 3 Dampak Radang Gusi bagi Tubuh

Selain harus rutin konsultasi dengan dokter gigi, pengidap gigi sensitif juga perlu mengetahui jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari, agar terhindar dari rasa ngilu yang mengganggu. Nah, terkhusus minuman, berikut adalah beberapa jenis minuman yang perlu dihindari pengidap gigi sensitif:

1. Soda

Dari sekian banyak jenis minuman, soda merupakan minuman yang benar-benar perlu dihindari pengidap gigi sensitif. Sebab minuman ini memiliki 2 unsur atau bahan yang dapat memicu rasa ngilu pada saraf gigi, yaitu gula dan asam. Jadi, bagi kamu yang memiliki masalah gigi sensitif, jangan coba-coba minum soda, ya.

2. Minuman Dingin dan Es

Minuman dingin dan es memang menyegarkan. Namun, pengidap gigi sensitif perlu berhati-hati, karena minuman ini bisa memicu timbulnya rasa ngilu pada gigi. Gigi sensitif biasanya terjadi kekurangan lapisan enamel yang berfungsi sebagai lapisan pelindung.

Dengan kurangnya lapisan pelindung tersebut, suhu dingin dari minuman dapat memperparah rasa ngilu di gigi. Terlebih jika memiliki kebiasaan menggigit-gigit es batu. Sifatnya yang dingin dan keras sangat berbahaya bagi gigi sensitif, lho.

Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk yang Memicu Gigi Sensitif

3. Minuman Asam

Minuman bercita rasa asam, seperti yang terbuat dari buah sitrus seperti, jeruk, nanas, dan lemon, dapat membuat gigi makin sensitif. Hal ini lantaran sifat asam bisa merusak lapisan enamel ini.

4. Kopi Panas

Suka menyeruput kopi panas di pagi hari sebelum memulai hari? Sebaiknya mulai dikurangi deh. Sebab suhu panas dapat menjadi musuh bagi gigi sensitif, dan kopi memiliki tingkat keasaman yang dapat memengaruhi enamel gigi. Sedikit tips, jika ingin menyantap kopi panas, sebaiknya tambahkan susu, karena susu dapat menurunkan suhu panas dan keasaman kopi, sehingga tidak terlalu merusak gigi.

Gigi Sensitif Bisa Dicegah, Kok

Menjaga gigi agar terhindar dari masalah gigi sensitif tidaklah sulit. Hal utama yang perlu diterapkan adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut. Selalu sikat gigi minimal 2 kali sehari, dan ganti sikat gigi setiap 2 hingga 3 bulan sekali. Selain itu, beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah:

  • Tidak menyikat gigi berlebihan dan hindari menyikat gigi 30 menit setelah makan makanan berasam. Ini karena jika asam masih menempel pada email gigi, menyikatnya justru bisa merusaknya.

  • Mengurangi makanan bergula dan minuman berasam yang dapat menempel pada email gigi.

  • Menghindari kebiasaan menggertak gigi (bruxism). Ini karena bruxism bisa mematahkan gigi dan meningkatkan risiko sensitivitas.

Baca juga: 5 Tips Cara Atasi Masalah Gigi Sensitif

Itulah sedikit penjelasan tentang minuman yang perlu dihindari pengidap gigi sensitif. Jika kamu memiliki masalah gigi sensitif, periksakan diri ke dokter gigi di rumah sakit pilihan kamu. Untuk melakukan pemeriksaan, kini kamu bisa langsung buat janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc, lho. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasinya sekarang!