27 March 2019

Bukan Hanya Gigi Ngilu, Ini 3 Dampak Radang Gusi bagi Tubuh

Bukan Hanya Gigi Ngilu, Ini 3 Dampak Radang Gusi bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta - Radang gusi atau gingivitis adalah suatu radang yang terjadi pada gusi dikarenakan lapisan plak atau bakteri yang menumpuk di gigi. Radang gusi adalah sebuah penyakit periodontal yang tidak menyebabkan kerusakan, tetapi apabila tidak diobati dapat berkembang menjadi periodontitis. Hal ini dapat akan menyebabkan dampak yang lebih serius hingga terjadinya kehilangan gigi.

Radang gusi dapat sembuh dengan cara selalu menjaga kebersihan mulut yang baik, seperti menyikat lebih lama dan lebih sering. Selain itu, obat kumur antiseptik juga dapat membantu seseorang untuk mengatasi gangguan tersebut. Pada kasus gingivitis yang ringan, seseorang yang mengidap bahkan tidak tahu apabila terserang karena gejala yang ditimbulkan ringan. Walau begitu, radang gusi yang terjadi harus segera ditangani.

Baca Juga: 7 Langkah Pencegahan Radang Gusi

Dampak Radang Gusi

Terdapat banyak dampak dari radang gusi yang terjadi pada seseorang. Walau begitu, banyak orang yang tidak menyadari apabila mengidap gangguan tersebut. Hal tersebut dikarenakan radang gusi yang terjadi tidak menimbulkan dampak apapun. Berikut adalah beberapa dampak radang gusi yang dapat terjadi pada seseorang yang mengalaminya:

  1. Gusi Mengalami Masalah

Salah satu dampak radang gusi yang dapat terjadi adalah gusi menjadi berwarna merah, lunak, hingga bengkak. Selain itu, ketika mengalami radang, gusi umumnya akan berdarah ketika kamu menyikat atau membersihkan gigi. Dampak lainnya yang dapat terjadi apabila gusi meradang adalah lepasnya gigi dari gusi.

  1. Gangguan pada Gigi

Dampak radang gusi lainnya adalah terjadinya gangguan pada gigi. Hal tersebut dikarenakan gigi dan gusi saling berhubungan erat satu sama lain. Jika terjadi masalah pada gusi, gigi juga akan mengalami masalah. Kamu akan merasakan gigi menjadi sensitif dan terasa sakit saat mengunyah jika mengalami radang gusi. Selain itu, jika kamu memakai gigi palsu, benda tersebut tidak akan pas lagi di mulut.

  1. Napas Bau

Dampak radang gusi yang mungkin terjadi adalah napas yang mengeluarkan bau tidak sedap. Hal tersebut disebabkan gusi yang meradang karena dipenuhi oleh bakteri sehingga ketika udara dari mulut keluar akan tercium seperti bau yang tidak sedap.

Baca Juga: Gejala dan Pengobatan Periodontitis yang Bikin Gusi Radang

Cara Radang Gusi Memengaruhi Tubuh

Mulut manusia adalah bagian yang juga berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Mulut berhubungan erat dengan banyak bagian tubuh dan ketidakseimbangan bakteri. Penyakit gusi pada mulut dapat menciptakan masalah pada kekebalan tubuh, serta peradangan pada bagian tubuh lainnya.

Disebutkan juga bahwa penyakit gusi dapat meningkatkan risiko untuk berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker pankreas, kanker kerongkongan, dan lainnya. Di samping itu, penyakit lain dapat disebabkan oleh radang gusi, seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit yang parah lainnya. Komplikasi kehamilan dan berat badan lahir rendah pada bayi juga dapat berhubungan dengan penyakit gusi.

Baca Juga: Faktor Risiko Radang Gusi pada Orang Dewasa

Mencegah Radang Gusi

Radang gusi yang dapat menyerang seseorang dapat diatasi dengan cara menyikat gigi dengan benar dan merawat gusi kamu. Selain itu, hal tersebut juga dapat meningkatkan kesehatan dan membantu untuk mengurangi risiko dari masalah kesehatan, seperti penyakit jantung.

Cobalah untuk rutin menyikat gigi selama 2 menit sebanyak dua kali sehari dengan pasta gigi. Selain itu, coba juga untuk membersihkan sela-sela gigi kamu dengan benang atau sikat interdental. Cobalah untuk rutin berdiskusi dengan dokter gigi kamu tentang masalah gigi yang mungkin terjadi.

Itulah dampak radang gusi yang mungkin terjadi pada kamu. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal radang gusi, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!