31 August 2018

Harus Tahu, 5 Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan

susu kambing,manfaat susu kambing

Halodoc, Jakarta - Sudah bosan dengan susu sapi? Kini sudah banyak kok produk susu lainnya yang bisa kamu coba, salah satunya susu kambing. Jangan salah, susu dari ternak yang satu ini juga memiliki berbagai keistimewaan bagi kesehatan tubuh. Penasaran? Berikut manfaatnya menurut para ahli:

1. Mudah Dicerna Tubuh

Sebenarnya kandungan asam lemak pada susu kambing ini lebih banyak ketimbang susu sapi atau kedelai. Meski begitu, susu kambing lebih banyak mengandung asam lemak berantai pendek dan sedang. Nah, hal inilah yang membuat susu ini lebih mudah dicerna tubuh untuk menghasilkan energi. Alhasil, tak tertimbun sebagai lemak atau kolesterol.

Ada studi menarik mengenai susu ini bagi anak-anak. Menurut sebuah penelitian, anak yang diberi susu ini memiliki berat badan, kepadatan tulang, kalsium, vitamin A plasma darah, dan konsentrasi hemoglobin yang lebih tinggi ketimbang anak yang diberi susu sapi.

2. Baik Untuk Kecantikan Kulit

Untuk menjaga agar kulit tetap sehat enggak hanya melalui produk-produk kecantikan saja, lho. Menurut dokter kecantikan, kandungan asam laktat di dalamnya bisa meregenerasi kulit dan membantu menghilangkan kulit mati.

Enggak cuma itu, susu ini juga bisa mencerahkan kulit kusam, menjaga kekencangan kulit, mencegah efek negatif dari radikal bebas, menyamarkan garis halus dan kerutan, serta merangsang pertumbuhan kulit baru.

3. Tinggi kalsium

Bagi kamu yang bingung untuk mencari sumber kalsium dan fosfor yang dibutuhkan tubuh, bisa lo mendapatkannya dari susu ini. Kata ahli, susu ini tinggi kalsium daripada susu sapi atau kedelai. Konsumsi segelas susu kambing saja sudah bisa memenuhi 32,6 persen kebutuhan kalsium dan 27 persen kebutuhan fosfor setiap hari. Ingat, kalsium ini amat penting untuk pertumbuhan dan menjaga kepadatan tulang, lho.

4. Mencegah Migrain dan Mengatur Tekanan Darah

Menurut ahli di The American Journal of Clinical Nutrition, anak perempuan yang baru mengalami menstruasi sebaiknya diberi asupan susu ini. Tujuannya, untuk menjaga kandungan kalsium di dalam tubuhnya. Enggak cuma itu, manfaat kalsium lainnya juga bisa mencegah migrain dan mengatur tekanan darah.

Protein dalam susu kambing yang tak jauh berbeda dengan susu sapi merupakan unsur yang tak boleh dilupakan. Protein ini merupakan zat gizi yang amat dibutuhkan anak dalam proses tumbuh kembangnya. Sedangkan untuk orang dewasa, protein berperan untuk memelihara jaringan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Menariknya lagi, karena tinggi kalium, susu ini dipercaya bisa mengatasi penyakit tekanan darah tinggi, lho.

5. Baik untuk Sistem Pencernaan

Susu kambing memiliki kapasitas buffer yang lebih baik, sehingga baik untuk anak yang memiliki gangguan pencernaan. Buffer sendiri merupakan zat yang dapat mempertahankan kestabilan pH tubuh. Selain itu, susu ini mengandung sedikit oratic acid. Ingat, rendahnya kandungan senyawa ini baik terhadap pencegahan sindrom perlemakan hati. Oleh sebab itu, susu kambing sangat baik untuk menjaga kesehatan hati.  Sayangnya, susu ini mengandung sedikit asam folat dan vitamin B12 dibandingkan dengan susu sapi.

Meski begitu, bagi kamu yang memiliki kondisi lactose intolerance, obesitas, dan kolesterol tinggi, sebaiknya hindarilah susu ini. Pasalnya, susu ini tinggi laktosa dan kolesterol sehingga tak disarankan bagi mereka yang mengidap masalah kesehatan seperti di atas.

Punya keluhan kesehatan atau ingin tahu lebih jauh mengenai hal di atas? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: