25 May 2018

7 Jenis Susu yang Perlu Diketahui Serta Manfaatnya

7 Jenis Susu yang Perlu Diketahui Serta Manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Beda jenisnya, beda pula manfaat dari setiap susu yang kamu minum. Pengetahuan tentang komposisi dan manfaat susu sangat dibutuhkan untuk kamu bisa tahu susu jenis apa yang terbaik untuk diminum dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Menurut penelitian dari Food Science and Human Nutrition Department dari Michigan State University, meskipun manfaat susu sesuai jenisnya sudah banyak diketahui orang, tetapi masih banyak kesalahpahaman umum mengenai manfaat susu. Berikut adalah jenis susu yang perlu diketahui serta manfaatnya. (Baca juga: Tips Mencegah Tubuh Dehidrasi Saat Puasa)

  1. Susu Sapi

Susu sapi mengandung kalsium, protein, Vitamin D, kalium, dan fosfor yang sangat baik untuk tubuh. Tanpa penambahan mikronutrien, per gelasnya susu sapi mengandung 300 miligram kalsium yang setara dengan kebutuhan kalsium orang dewasa. Susu sapi memiliki sekitar dua kali lipat jumlah protein dibandingkan dengan susu kedelai dan memiliki setengah dari asupan harian B12 yang direkomendasikan.

  1. Susu Kambing

Partikel lemak dari susu kambing lebih mudah dicerna ketimbang susu sapi. Kandungan zat besi, kalsium, magnesium, dan fosfornya yang lebih tinggi membuat susu kambing dapat lebih memungkinkan untuk mengobati anemia dan problem pengapuran. Susu kambing juga membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh dan membantu perawatan kondisi tubuh seperti penyakit koroner dan gangguan usus. (Baca juga: Langsing dengan Diet Flexitarian)

  1. Susu Almond

Secangkir susu almond mengandung 60 kalori yang membuat kamu lebih bisa mempertahankan berat badan ketimbang kamu mengonsumsi susu biasa. Kadar sodium yang rendah dan tinggi asam lemak omega-3 dan tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh membuat konsumsi susu almond dapat mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Buat orang-orang yang memiliki alergi terhadap susu sapi, susu almond dapat menjadi pengganti konsumsi susu sapi.

  1. Susu Kedelai

Tidak seperti susu perah yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol, lemak susu kedelai sebagian besar tidak jenuh dan tanpa kolesterol. Asupan susu kedelai secara rutin dapat menurunkan konsentrasi trigliserida darah dan lipoprotein densitas rendah dan meningkatkan lipoprotein densitas tinggi. Kandungan fitoestrogen dalam kedelai juga dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang.

  1. Susu Rami

Susu rami adalah susu yang terbuat dari biji rami yang direndam dan digiling dalam air. Susu rami mengandung kalsium, magnesium, zat besi, kalium serat, dan Vitamin B yang dapat mendukung kesehatan jantung dan meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Susu Beras

Seperti susu kedelai dan susu almond, susu beras aman dikonsumsi oleh orang-orang yang intoleran terhadap laktosa. Susu beras juga rendah lemak dan mengandung karbohidrat lebih tinggi ketimbang susu sapi. Namun, susu beras ini tidak mengandung kolesterol yang membuat jantung sehat. Susu beras juga bisa menjadi pengganti susu kedelai buat kamu yang alergi terhadap kedelai. (Baca juga: Tips Menu Diet Vegetarian)

  1. Susu Kelapa

Walaupun lebih berlemak ketimbang jenis susu lainnya, susu kelapa mengandung asam lemak jenuh berantai yang dapat diubah menjadi mekanisme antivirus dan antibakteri dalam tubuh. Plusnya lagi dari susu kelapa adalah membantu kesehatan pencernaan. (Baca juga: 8 Tips Berpuasa Bagi Pengidap Anemia)

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat susu sesuai jenisnya atau pun tips makanan yang mengandung nutrisi tepat sesuai dengan kebutuhanmu, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.