17 October 2018

Bukan Cuma Bawang, 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Bau Tak Sedap di Badan

bukan cuma bawang, 5 makanan ini bisa sebabkan bau tak sedap di badan

Halodoc, Jakarta – Beberapa orang terkadang memiliki masalah dengan bau badan. Banyak yang menjadi penyebab seseorang mengalami masalah bau badan. Namun, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami bau badan, seperti infeksi pada kulit, kurangnya menjaga kebersihan tubuh, hingga makanan yang dikonsumsi.

Selama ini, bawang merah dan bawang putih dinilai menjadi salah satu makanan penyebab bau badan sehingga menjadi kurang sedap. Hal ini terjadi karena bawang mengandung senyawa bau atau yang dikenal dengan istilah zat volatile sulfurous yang akan pecah saat masuk dalam pencernaan seseorang. Kemudian, senyawa ini bisa dikeluarkan melalui keringat, urine, dan juga nafas.

Namun nyatanya, tidak hanya bawang merah dan bawang putih saja yang bisa menjadi penyebab seseorang memiliki bau badan yang tidak sedap. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya perlu dikurangi pengonsumsiannya agar kamu tidak memiliki bau badan yang menyengat.

1. Daging Merah

Daging merah merupakan salah satu makanan yang sulit dicerna oleh usus kita. Butuh waktu yang cukup lama untuk mencerna daging merah dalam tubuh. Proses pencernaan yang lama membuat zat yang masih tersisa dalam usus menjadi racun bagi tubuh kita. Zat inilah yang kemudian bisa membuat daging merah jadi makanan penyebab bau badan. Jika kamu salah satu penggemar daging merah, tidak ada salahnya untuk mengurangi konsumsi jumlah daging merah setiap harinya.

2. Alkohol dan Kafein

Sebagian alkohol dan kafein akan diproses melalui organ hati. 10 persen hasil metabolisme dari alkohol dan kafein akan dikeluarkan tubuh melalui keringat, nafas, dan urine. Alkohol juga dapat membuat tubuh kamu memproduksi keringat lebih banyak dari biasanya. Sebaiknya, batasi pengonsumsian alkohol dan kafein agar kamu terhindar dari masalah bau badan.

3. Rempah-Rempah

Sebaiknya hindari makanan yang mengandung rempah-rempah jika kamu ingin terhindar dari masalah bau badan. Dalam proses metabolisme, rempah-rempah akan dicerna dan menghasilkan gas sulfur. Akibatnya, kamu akan memproduksi keringat dengan bau yang tidak sedap.

4. Gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan yang mudah dijumpai. Gorengan menjadi salah satu makanan kegemaran bagi sebagian orang. Namun nyatanya, gorengan bisa menjadi salah satu penyebab masalah bau badan, lho. Lemak dan minyak yang terkandung dalam gorengan nyatanya dapat menyebabkan masalah pencernaan bagi kesehatan kamu. Hal ini yang dapat mengakibatkan kamu mengalami masalah bau badan. Tidak hanya itu, masalah pencernaan yang tidak segera diatasi nyatanya juga dapat menyebabkan kamu memiliki bau mulut. Sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi gorengan, ya.

5. Rokok

Hindari kebiasaan buruk merokok jika kamu tidak ingin memiliki masalah bau badan. Asap rokok yang masuk dalam tubuh kamu akan bercampur dengan unsur makanan lainnya dalam tubuh dan keluar melalui keringat. Terkadang keringat yang keluar akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Bahkan setelah kamu berhenti merokok, terkadang kandungan rokok masih akan tertinggal dan menimbulkan bau tidak sedap pada tubuh kamu.

Untuk mencegah bau badan ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, antara lain mengonsumsi air putih yang cukup dan makan makanan yang mengandung serat tinggi. Dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, kamu bisa terhindar dari masalah bau badan. Jika kamu memiliki keluhan mengenai kesehatan, gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung kepada dokter. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: