Hindari Ulkus Kornea, Ini 5 Cara Tepat Pakai Lensa Kontak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Hindari Ulkus Kornea, Ini 5 Cara Tepat Pakai Lensa Kontak

Halodoc, Jakarta - Tidak sedikit kelainan yang dapat terjadi pada mata. Kelainan tersebut dapat mencakup mata yang sulit untuk fokus ketika melihat, seperti mata minus, mata plus, dan mata tua. Jika gangguan ini terjadi, orang tersebut butuh menggunakan alat bantu. Salah satu alat bantu yang dapat digunakan adalah lensa kontak.

Lensa kontak adalah alternatif pengganti kacamata. Penggunaan lensa kontak terbilang lebih nyaman bagi sebagian orang. Walau begitu, kamu tidak dapat menggunakan alat bantu tersebut setiap waktu. Di samping itu, kamu harus merawat dan membersihkannya dengan benar agar terhindar dari ulkus kornea.

Baca juga: Mata Kering Sebabkan Ulkus Kornea, Ini Alasannya

Cara Tepat Menggunakan Lensa Kontak

Lensa kontak lebih dipilih kebanyakan orang karena tidak membebani wajah dan lebih mudah digunakan. Walau begitu, lensa kontak yang digunakan mempunyai risiko tersendiri dalam menyebabkan gangguan pada mata. Kamu harus merawatnya dengan baik, supaya tidak menyebabkan infeksi mata.

Seseorang yang menggunakan lensa kontak lebih berisiko terhadap keratitis dan tentu saja ulkus kornea. Hal ini umumnya disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, dan parasit. Gangguan ini dapat berkembang dengan sangat cepat dan menyebabkan hal yang sangat serius. Jika ulkus kornea menyerang, kebutaan mungkin saja terjadi.

Berikut adalah cara tepat untuk menggunakan lensa kontak agar terhindar dari ulkus kornea, yaitu:

  1. Gosok Lensa saat Membersihkan

Saat kamu membersihkan alat pendukung mata tersebut, cobalah untuk menggosok lensa tersebut saat membersihkannya. Hal tersebut dapat menurunkan risiko terhadap ulkus kornea. Walau begitu, cuci tanganlah sebelum melakukan hal tersebut. Menggosok lensa saat membersihkannya dapat menghilangkan bakteri yang menumpuk.

  1. Bilas dengan Larutan

Cara lainnya untuk menghindari ulkus kornea saat menggunakan lensa kontak adalah dengan rajin membilas benda tersebut dengan larutan khusus. Bilas dan simpan lensa kontak tersebut agar tetap terjaga kebersihannya. Hal ini dapat menghilangkan kuman yang menempel di lensa tersebut.

Kamu bisa memesan obat melalui aplikasi Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Praktis kan? Ayo, download aplikasinya sekarang juga!

  1. Ganti dengan yang Baru

Kamu harus mengganti lensa kontak dengan yang baru sekitar 3 kali per tahun. Dengan kata lain, kamu harus mengganti benda tersebut setiap empat bulan sekali. Hal ini pasti juga direkomendasikan oleh dokter kamu.

Baca juga: Ketahui Cara untuk Diagnosis Ulkus Kornea

  1. Istirahatkan Mata

Walaupun benda ini sangat penting untuk kamu, tetap saja kamu harus memberikan mata istirahat dari penggunaan lensa kontak. Jangan pernah menggunakan alat bantu tersebut ketika tidur. Pasalnya, penggunaan lensa kontak saat tidur dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi mata yang menyebabkan ulkus kornea.

  1. Diskusi dengan Dokter

Selalu buat janji temu dengan dokter kamu untuk menjaga kesehatan mata kamu. Hal tersebut dapat mencegah terjadi gangguan secara dini agar diobati dengan segera. Dokter mata akan selalu memastikan kamu mendapatkan yang terbaik untuk mata kamu. Kamu bisa juga lho berdiskusi dengan dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc kapan dan di mana saja.

Selain itu, jika kamu mengalami gejala iritasi mata atau infeksi yang dapat berakhir pada ulkus kornea, beberapa hal dapat kamu lakukan. Kamu harus melepaskan lensa segera dan tidak mengenakannya kembali saat gejala tersebut timbul. 

Jika hal ini terjadi, kamu harus bertanya pada dokter tentang apa yang terjadi dan jangan buang lensa kontak tersebut. Hal tersebut dapat berguna untuk mengetahui gangguan apa yang terjadi pada kamu.

Baca juga: Pakai Lensa Kontak Terlalu Lama, Hati-Hati Kena Ulkus Kornea

Referensi:
WebMD (2019). Contact Lenses and Eye Infections
FDA (2019). Contact Lens Risks
American Academy of Ophthalmology (2019). Six Steps to Avoid Contact Lens Infections