08 March 2019

Hobi Duduk, Coba 5 Trik Ini untuk Cegah Penggumpalan Darah di Pembuluh Vena

Hobi Duduk, Coba 5 Trik Ini untuk Cegah Penggumpalan Darah di Pembuluh Vena

Halodoc, Jakarta - DVT atau deep vein thrombosis adalah kondisi ketika terjadi penggumpalan darah pada pembuluh vena dalam bagian kaki atau di bagian lainnya dari tubuh. Vena sendiri merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari seluruh jaringan tubuh menuju ke jantung. Sementara deep vein terletak jauh di dalam tubuh, jauh dari permukaan kulit.

Lalu, bagaimana bisa terjadi penggumpalan darah pada pembuluh vena? Pada dasarnya, pembekuan darah merupakan proses yang normal terjadi, yang membantu menghentikan perdarahan, seperti misalnya ketika kulit terluka. Namun, pembekuan darah bisa terjadi jika aliran darah terlalu lambat, rusaknya lapisan pembuluh darah vena, dan terjadi masalah dalam darah yang membuat darah lebih cepat menggumpal.

Ketika terbentuk gumpalan pada pembuluh vena, aliran pada pembuluh darah ini akan mengalami perlambatan, sehingga memungkinkan pembengkakan pada vena. Apabila gumpalan tersebut terlepas dan bergerak melalui pembuluh darah ke paru-paru, ini menyebabkan terjadinya emboli paru yang berakibat fatal.

Baca juga: Orang Bertubuh Tinggi Rentan DVT, Benarkah?

Pencegahan DVT

Penggumpalan darah dan DVT bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah terlalu lama duduk. Namun, kamu bisa mencegahnya dengan melakukan tindakan berikut ini.

  • Perbanyak Asupan Cairan

Tidak banyak yang tahu jika air putih bisa membantu mengurangi risiko penggumpalan darah pada vena. Hindari konsumsi kopi dan alkohol, karena keduanya rentan menimbulkan dehidrasi, terlebih jika kamu juga kurang minum. Pada akhirnya, dehidrasi bisa menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah dan memudahkan darah mengental.

  • Perbanyak Bergerak di Kantor

Terlalu lama duduk tidak hanya membuat darah mudah menggumpal, tetapi juga mudah membuat kamu sakit punggung. Jangan dibiarkan, sebaiknya seimbangkan dengan banyak bergerak. Setiap 1 (satu) atau 2 (dua) jam sekali dengan berjalan kaki, meski hanya mengambil air minum atau pergi ke kamar kecil. Biasakan untuk menggunakan tangga ketika hendak menuju ke lantai atas atau turun ke bawah daripada menggunakan lift.

Baca juga: Bisakah Penggumpalan Darah di Pembuluh Vena Dicegah?

  • Rutin Berolahraga

Jika memungkinkan, lakukan setiap pagi. Tidak perlu lama, 30 menit saja sudah cukup untuk membuat tubuh selalu sehat, termasuk terhindar dari penggumpalan darah. Kamu tidak perlu berolahraga berat, cukup dengan lari pagi, bersepeda, atau berjalan kaki. Pada akhir pekan, berenang mungkin menjadi pilihan olahraga terbaik. Jangan lupa, imbangi dengan konsumsi makanan bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan.

  • Ketika Melakukan Perjalanan

Bepergian menggunakan pesawat atau kereta api, bahkan mengemudi sendiri menggunakan mobil pribadi pasti membuat kamu menghabiskan waktu lebih banyak untuk duduk. Jika kamu bepergian dengan kereta atau pesawat, sempatkan untuk bergerak atau berjalan di sekitar kabin setiap 1 jam sekali. Jika kamu mengemudi sendiri, menepilah setiap 2 jam untuk melakukan peregangan tubuh.

  • Jangan Merokok

Jangan pernah merokok karena aktivitas satu ini tidak memberikan manfaat baik untuk tubuh. Dalam kaitannya dengan DVT, rokok membuat tekanan darah meningkat yang semakin memperbesar risiko penggumpalan darah. Jadi, jika kamu merokok, sebaiknya berhentilah sekarang juga.

Baca juga: Jarang Diketahui, Penggumpalan Darah di Pembuluh Vena Bisa Berakibat Fatal

Itu tadi beberapa cara mudah mencegah penggumpalan darah dan DVT bagi kamu yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk. Kamu pun bisa bertanya pada dokter tindakan pencegahan lainnya, lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Halodoc tentunya. Jadi, segera download aplikasi Halodoc di ponsel kamu!