• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Humor Gelap Semakin Diminati, Apa Manfaatnya?

Humor Gelap Semakin Diminati, Apa Manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Laughter is the best medicine. Pernah dengar istilah tersebut? Tertawa memang bisa menjadi “obat”, terutama untuk kondisi mental seseorang. Tertawa bisa membantu mengembalikan semangat dan membuat seseorang lebih sehat. Sebab, saat tertawa tubuh akan melepas hormon endorfin yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. 

Umumnya seseorang akan tertawa pada hal-hal yang dianggap lucu, seperti film komedi, humor, atau sekadar cerita yang menyenangkan. Namun, pernah dengar seseorang yang bisa menertawakan kesialan? Nyatanya, jenis humor seperti itu ada yang disebut dengan istilah dark humor alias humor gelap. Apa itu? Apakah humor gelap memiliki manfaat yang sama seperti humor pada umumnya? 

Baca juga: Merasa Susah Bahagia? Coba Lakukan Ini

Mengenal Humor Gelap dan Manfaatnya 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengundang tawa, salah satunya dengan cara melontarkan humor gelap atau black comedy. Secara umum, jenis humor ini dimaknai sebagai cara melihat sisi lucu dari sebuah tragedi. Humor gelap kerap digunakan untuk melihat hal lucu di balik kondisi yang terlihat serius, seperti kematian, musibah, atau penyakit. 

Melansir Psychology Today, jenis humor ini sering dipakai oleh angkatan bersenjata untuk menghibur diri di tengah peperangan. Sebab, hampir semua kondisi yang mereka temui adalah hal yang menyeramkan dan berisiko buruk. Bukannya meratapi, para prajurit malah berusaha untuk melihat sisi lucu dari kondisi yang sedang dialami. Cara ini disebut ampuh untuk meredam stres sehingga tidak mengganggu kondisi mental saat harus berperang. 

Sayangnya, tidak semua orang bisa mencerna jenis humor ini dengan baik. Tak jarang, komedi gelap malah membuat orang yang mendengarkannya menjadi marah atau tersinggung. Belakangan ini, di Indonesia, humor gelap juga mulai sering dilontarkan. 

Gaya komedi tunggal alias stand up comedy kerap menyisipkan jenis humor yang bersifat menyindir atau satire. Di dunia maya juga, tidak sedikit pengguna alias netizen yang mengerti dan sering melontarkan humor gelap. 

Baca juga: Yang Terjadi pada Otak saat Tertawa

Selain bisa meredakan stres, memaknai hal yang menyeramkan dengan sedikit bumbu komedi, nyatanya juga bisa membuat tubuh lebih sehat. Sebab pada dasarnya, manfaat dari tertawa akan sama dampaknya pada seseorang, entah tertawa karena cerita lucu yang menyenangkan atau karena komedi gelap. 

Ada penelitian yang menyebut bahwa tertawa bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh alias imun. Peningkatan ini akan berpengaruh terhadap kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Humor gelap disusun dengan menyandingkan unsur-unsur mengerikan dengan sesuatu yang lucu. Tidak hanya itu, jenis komedi ini memiliki fokus atau menggarisbawahi ketidakberdayaan terhadap satu kondisi atau kesia-siaan hidup. 

Ada yang menyebut, jenis humor ini kerap digunakan untuk memperjelas bahwa seseorang atau penggunanya adalah korban tidak berdaya dari karakter dan takdir. Namun, ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang bisa menertawakan tragedi memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi. 

Bisa berdamai dengan kenyataan yang pahit serta mengubahnya menjadi lelucon disebut sebagai satu kemampuan yang tidak mudah. Namun kembali lagi, selera humor setiap manusia pasti akan berbeda-beda. Satu hal yang pasti, perbanyak tertawa agar hidup terasa lebih ringan, menghindari stres, serta meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Baca juga: 8 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Tubuh 

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Kamu bisa menyampaikan keluhan kesehatan atau mencari informasi yang tepat kapan saja di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. An Awful Joke Can Feel Pretty Good. 
The Emotion Machine. Diakses pada 2020. The Power of Dark Humor: The Healing Effects of Joking About Death, Illness, and Depression. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Stress Relief from Laughter? It's No joke. 
Everyday Health. Diakses pada 2020. The Health Benefits of Laughter.