• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Banyak Tertawa Bisa Bikin Awet Muda

Banyak Tertawa Bisa Bikin Awet Muda

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta – Terlihat awet muda adalah hampir menjadi keinginan semua orang. Cara untuk mendapatkan wajah yang awet muda sebaiknya perhatikan pola makan dan ciptakan gaya hidup sehat. Tidak hanya dari faktor asupan makanan atau istirahat yang cukup, tertawa juga bisa membuat kamu terlihat awet muda, lho!

Baca juga: Selamat Tinggal Depresi

Banyak yang mengatakan bahwa senyum dan tawa adalah riasan alami wajah yang membuat seseorang terlihat semakin menarik dan ceria. Senyum dan tertawa juga menjadi salah satu faktor penting yang bisa dilakukan untuk mendapatkan wajah yang awet muda. Selain mudah untuk dilakukan dengan selalu menebarkan senyum pada orang-orang di sekitar, kamu juga bisa meningkatkan mood kamu sendiri.

Tertawa dan Senyum Membuat Diri Kamu Tenang

Tertawa adalah salah satu cara untuk membuat tubuh kamu menjadi rileks dan tenang. Saat kita tertawa, tubuh akan mengurangi hormon stres yang diproduksi oleh tubuh. Saat kamu tertawa dengan gembira sangat bermanfaat untuk mengurangi stres yang kamu rasakan, sehingga meningkatkan suasana hati yang positif dan hormon endorfin yang diproduksi tubuh memiliki kualitas yang lebih baik.

Berkurangnya rasa stres maupun depresi yang kamu rasakan, tentu akan berpengaruh pada kesehatan kulit. Jadi, ketika kamu bahagia, maka dapat berpengaruh pada kesehatan kulit juga tetap akan terjaga.

Tertawa dan Senyum Bikin Wajah Lebih Muda

Tidak hanya karena tubuh memproduksi hormon bahagia saat kamu tertawa atau tersenyum, tersenyum dan tertawa memang membuat wajah kamu terlihat lebih muda daripada saat kamu memasang wajah muram atau sedih. Beberapa riset menemukan bahwa wajah sedih memang dianggap membuat wajah terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Dilansir dari Psychology Today, selain lebih muda, tersenyum dan tertawa juga membuat orang terlihat lebih tirus daripada orang yang berwajah sedih atau muram. Selain memiliki fungsi untuk membuat diri kamu tenang dan rileks, banyak senyum dan tertawa akan membuat kamu terlihat lebih muda dari usia kamu yang sebenarnya. Tentunya kamu juga mendapatkan lebih banyak teman karena wajah yang terlihat ceria dan menarik.

Menurut situs halaman The Huffington Post, memperbanyak senyum artinya membuat kebahagiaan kamu juga meningkat. Kondisi ini tentunya mengurangi risiko kematian mendadak sebanyak 35 persen. Jadi tidak ada salahnya untuk selalu menebarkan senyum pada orang-orang di sekeliling kamu!

Baca juga: Merasa Susah Bahagia? Coba Lakukan Ini

Manfaat Tertawa untuk Kesehatan 

Selain membuat kamu terlihat awet muda, tertawa dan tersenyum juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan, yaitu:

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tertawa dan tersenyum nyatanya bisa membuat jantung kamu semakin sehat. Ketika seseorang tertawa lepas, maka orang tersebut akan meningkatkan produksi oksigen pada aliran darah. Selain membuat peredaran darah semakin lancar, tertawa juga akan membuat jantung kamu semakin sehat.

Namun, untuk menjaga kesehatan jantung jangan lupa perhatikan pola makan dan rutinitas berolahraga. Jika menemukan gejala adanya gangguan pada jantung, tidak ada salahnya untuk segera periksakan kondisi kesehatan jantung pada rumah sakit terdekat. Buat janji dengan dokter terlebih dulu melalui aplikasi Halodoc untuk mempermudah pemeriksaan kamu di rumah sakit.

  1. Melepas Stres

Memiliki selera humor dipercaya mampu menetralkan segala bentuk hal-hal negatif yang dapat membuat kamu merasa depresi, stres, atau bahkan cemas. Dengan tertawa kami bisa melawan stres yang kamu rasakan dan kamu tidak akan merasakan sepi dan cenderung menjadi lebih positif. Dilansir dari Psychology Today, tersenyum juga meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. 

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Tertawa juga membantu kamu untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga jika kamu banyak tertawa, tentu daya tahan tubuh kamu lebih kuat dibandingkan seseorang yang memiliki banyak pikiran negatif. Jadi, tidak ada salahnya untuk membagikan senyummu hari ini! 

Baca juga: 8 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan fisik tentu sangat penting, tapi alangkah baiknya jika dibarengi dengan menjaga kesehatan mental kamu. Tertawalah karena kegiatan ini memiliki banyak manfaat untuk kamu.

 

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. The 9 Superpowers of Your Smile
The Huffington Post. Diakses pada 2020. Smiling Can Make Women Look Three Years Younger, Reveals Study
Web MD. Diakses pada 2020. Smiling Makes You Look Younger