Ibu Hamil Jangan Cemas, Ini Tips Persalinan Caesar

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
tips persalinan caesar,  Persalinan bisa ditempuh dengan cara normal, rasa cemas sebelum melahirkan

Halodoc, Jakarta - Beberapa waktu menjelang persalinan, biasanya hampir semua ibu merasakan emosi yang tidak menentu. Mulai dari bahagia, bingung, khawatir, cemas, hingga rasa takut. Apapun metode persalinan yang direncanakan, baik caesar atau normal, pasti akan mengalami rasa cemas ini. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk mengurangi rasa cemas. Dengan begitu, proses persalinan berjalan lancar baik bagi ibu maupun bayi yang akan dilahirkan.

  1. Perbanyak Informasi tentang Operasi Caesar

Hal pertama untuk mengatasi rasa cemas sebelum melahirkan caesar adalah dengan mencari informasi mengenai prosedur yang akan kamu jalani nantinya. Beberapa jenis kecemasan dan ketakutan memang normal dirasakan. Namun, kamu tentu tidak ingin rasa cemas berlebih membuat hari bahagia yang ditunggu-tunggu ini kacau, kan? Maka dari itu, untuk mengatasi rasa cemas ini, kamu perlu membekali diri kamu dengan pengetahuan dan informasi tentang operasi caesar sebanyak-banyaknya.

Daripada hanya menerka-nerka, ibu bisa juga berdiskusi dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik. Tidak jarang pula 2 atau 3 hari sebelum jadwal operasi caesar, rumah sakit akan meminta kamu datang untuk menerima arahan persiapan operasi caesar. Jadi, ibu dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk meminta staf atau perawat rumah sakit membantu mengatasi cemas sebelum melahirkan caesar.

Baca juga: Melahirkan Caesar Ini yang Harus Diketahui Ibu

  1. Rutin Meditasi

Untuk menenangkan diri dan mempersiapkan diri sebelum hari H, kamu dapat mencoba bermeditasi selama masa kehamilan. Meditasi dipercaya ampuh mengatasi cemas sebelum melahirkan secara caesar. Cobalah meluangkan waktu sekitar 10-15 menit setiap harinya, lakukan dalam waktu 3 bulan sebelum perkiraan waktu melahirkan. Meditasi yang dilakukan secara rutin, bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan membuat tidur lebih nyenyak tanpa harus membayangkan hal-hal menegangkan pada saat kelahiran buah hati nanti.

  1. Dengarkan Musik sebelum Melahirkan

Ruang operasi yang kesannya dingin, kaku, dan menegangkan, bisa menjadi tempat yang lebih hangat dengan adanya suara musik. Mendengarkan musik yang disetel di ruang operasi tidak hanya membuat kamu lebih tenang, tetapi perawat dan bidan yang bertugas pun juga bisa menjadi lebih rileks. Jadi, jangan lupa membawa alat pemutar musik sendiri dari rumah dan mendengarkannya melalui headset.

Baca juga: Cara Tepat dan Cepat untuk Pulih Dari Operasi Caesar

  1. Mengobrol dengan Suami atau Orang Sekitar

Bagi para calon ibu yang sedang harap-harap cemas sebelum melahirkan caesar, sebaiknya jangan berdiam diri saja menanggung rasa cemas. Kecemasan yang muncul nyatanya dapat dihilangkan sesederhana mengobrol atau berbincang bersama orang lain, lho. Coba ajak ngobrol teman, suami, atau bahkan dengan perawat di rumah sakit.

Sebaiknya perbincangan bukan sekadar bertukar cerita bersama teman yang sedang yang sedang dalam masa kehamilan. Hal ini berguna untuk mengurangi efek ketegangan dan mengalihkan kamu dari rasa takut.

  1. Lebih Awal Tiba di Rumah Sakit

Jika operasi caesar sudah direncanakan, biasanya dokter juga akan menentukan jam operasi yang disesuaikan dengan jadwalnya. Kamu dapat mengatasi rasa cemas sebelum melahirkan dengan dapat ke rumah sakit lebih awal. Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan diri dengan keadaan dan suasana rumah sakit agar lebih tenang.

Mungkin ada baiknya kamu datang 3-5 jam lebih awal. Karena, sebelum masuk kamar operasi, dibutuhkan paling tidak sekitar 2 jam persiapan, termasuk mengurus administrasi, memasang infus, berganti pakaian, mengecek keadaan bayi, dan persiapan lainnya. Apabila kamu datang ke rumah sakit terlambat, kemungkinan kamu akan panik dan semua persiapan dilakukan dengan terburu-buru.

Baca juga: Yang Harus Diketahui Jika Melakukan Persalinan Caesar

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa cemas sebelum persalinan caesar. Ibu juga bisa mendapatkan informasi mengenai seputar kehamilan dan persalinan lainnya dari dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat ibu terima secara praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store.