• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Kenali Ciri-Ciri Darah Rendah pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Kenali Ciri-Ciri Darah Rendah pada Anak

Ibu, Kenali Ciri-Ciri Darah Rendah pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Juni 2022

“Anak-anak juga dapat mengalami masalah darah rendah. Maka dari itu, mengetahui ciri-ciri darah rendah pada anak penting untuk dilakukan, seperti kulit menguning dan tubuh yang lemas.”

Ibu, Kenali Ciri-Ciri Darah Rendah pada Anak

Halodoc, Jakarta – Darah rendah atau anemia adalah gangguan yang bisa terjadi pada semua orang, tak terkecuali anak-anak. Terkadang, masalah ini sulit terdeteksi karena anak-anak rentan mengalami penyakit lainnya. Maka dari itu, ketahui beberapa ciri-ciri darah rendah pada anak-anak di sini!

Ciri-Ciri Darah Rendah pada Anak yang Perlu Ibu Ketahui

Darah rendah adalah kondisi yang disebabkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh menurun di bawah normal. Pada anak, kondisi ini disebabkan oleh kekurangan zat besi dan tentunya bisa diobati segera jika terdeteksi dini. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui berbagai ciri-ciri darah rendah pada anak, sehingga pemeriksaan medis bisa langsung dilakukan.

Selain itu, beberapa penyebab anemia lainnya yang perlu diketahui adalah:

  • Tubuh tidak menghasilkan cukup sel darah merah. Kondisi ini terjadi saat tubuh anak tidak memiliki zat besi yang cukup atau nutrisi lainnya di dalam makanan. Salah satu penyebabnya adalah anemia defisiensi besi.
  • Tubuh menghancurkan terlalu banyak sel darah merah. Jenis anemia ini dapat terjadi saat anak memiliki suatu penyakit yang mendasarinya atau mewarisi kelainan sel darah merah. Contohnya adalah anemia sel sabit.
  • Kehilangan sel darah merah melalui perdarahan. Hal ini dapat membuat tubuh kehilangan banyak darah, seperti menstruasi berat atau keluarnya darah bersama dengan tinja. Hal ini perlu mendapat perhatian medis segera.

Lalu, apa saja sih ciri-ciri darah rendah pada anak? Berikut beberapa yang perlu diketahui:

1. Kulit Berwarna Pucat atau Menguning

kulit berwarna pucat dan menguning

Salah satu ciri-ciri darah rendah pada anak adalah kulitnya yang terlihat menguning atau pucat. Kondisi ini terjadi lantaran penghancuran sel darah merah yang lebih cepat dibandingkan pembentukannya (anemia hemolitik). Dengan begitu, kulit menjadi menguning yang terlihat berbeda dari biasanya.

2. Air Kencing Berwarna Hitam

air kencing berwarna hitam

Jika air kencing yang dikeluarkan berwarna gelap atau hitam ini merupakan salah satu ciri-ciri darah rendah pada anak. Sistem imunitas tubuh yang menyerang sel darah merah sehat adalah penyebabnya. Saat dikeluarkan dari tubuh, sel darah merah bercampur dengan urine dan membuatnya berwarna gelap atau bahkan merah darah.

3. Tubuh yang Lemas dan Lemah

tubuh yang lemas dan lemah

Saat tubuh kekurangan sel darah merah, tubuh akan mengalami anemia. Beberapa gejala yang dapat terjadi adalah tubuh menjadi lemas dan lemah karena tubuh kekurangan kadar hemoglobin.

4. Detak Jantung yang Cepat

detak jantung yang cepat

Anemia menyebabkan detak jantung lebih cepat. Ciri-ciri darah rendah pada anak ini akibat jantung yang memompa lebih kuat untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah.

Itulah ciri-ciri darah rendah pada anak yang perlu diketahui. Penting untuk memperhatikan kondisi anak agar gangguan ini bisa diatasi segera sebelum menyebabkan masalah besar. Pastikan juga untuk memberikan asupan makanan terbaik untuk anak, termasuk makanan yang kaya zat besi.

Ibu juga bisa lho melakukan pemesanan untuk pemeriksaan anemia di beberapa rumah sakit rekanan Halodoc. Pemesanan ini bisa dilakukan melalui fitur janji medis dari aplikasi Halodoc. Maka dari itu, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan kemudahannya!

Referensi:
Healthy Children. Diakses pada 2022. Anemia in Children and Teens: Parent FAQs.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Anemia.