Anak Mengidap Thalassemia? Dokter Ini Paham Perawatannya

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 April 2024

“Thalassemia merupakan penyakit keturunan yang membuat anak mengalami anemia. Ibu bisa menghubungi dokter di Halodoc untuk mengetahui apa saja opsi perawatannya.”

Anak Mengidap Thalassemia? Dokter Ini Paham PerawatannyaAnak Mengidap Thalassemia? Dokter Ini Paham Perawatannya

DAFTAR ISI

  1. Dokter yang Bisa Memberikan Tips Perawatan Thalassemia

Halodoc, Jakarta – Thalassemia merupakan kelainan darah bawaan di mana tubuh menghasilkan hemoglobin dalam bentuk yang tidak normal. Akibat kelainan hemoglobin ini, sel darah merah mengalami kerusakan berlebihan.

Akibatnya, seseorang terus menerus mengalami anemia, kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat dan normal. 

Jika tidak dirawat dengan tepat, kondisi ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi serius seperti gagal jantung, gangguan pertumbuhan, masalah hati, bahkan dapat mengancam kehidupan penderitanya.

Dokter yang Bisa Memberikan Tips Perawatan Thalassemia

Karena berpotensi fatal, ibu sebaiknya bicara dengan dokter spesialis anak di Halodoc apabila Si Kecil mengalami tanda-tanda thalassemia

Nah, dokter dapat memberikan tips perawatan yang tepat sekaligus meresepkan obat untuk mengurangi gejala yang Si Kecil alami.

Berikut ini terdapat beberapa dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 13 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Erlin Sp.A

Dokter Erlin Sp.A. adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atmajaya Jakarta pada 2005, Universitas Sam Ratulangi Manado pada 2019 dan San Juan De Dios Educational Foundation, Filipina, pada 2013.

Ia  kini berpraktik di Bogor dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan bekal pengalaman sebagai dokter anak selama 19 tahun, dr. Erlin Sp.A. mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait thalassemia.

Selain itu, ia juga bisa memberikan konsultasi terkait DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, bayi lahir kecil dan prematur, kesehatan remaja, hormon anak dan alergi serta imunitas anak. 

Chat dr. Erlin Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Sebelum menghubungi dokter, Kenali Jenis-jenis Thalasemia Berdasarkan Tingkat Keparahan Gejala berikut ini. 

2. dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc

Ibu juga dapat menghubungi dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada 2004 dan 2009. 

Ia kini berpraktik di Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Berbekal pengalaman selama 20 tahun, dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan anak yang mengidap thalassemia.

Dokter Dandung Bawono Sp.A, M.Sc juga bisa memberikan konsultasi terkait DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, alergi dan imunitas anak serta perkembangan anak.

Chat dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc mulai dari Rp 89.000,- di Halodoc.

Nah, Catat, Ini Berbagai Mitos dan Fakta Seputar Thalasemia yang perlu ibu tahu. 

3. dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A

Rekomendasi dokter lain yang bisa ibu hubungi, yaitu dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A.

Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jakarta, pada 2001 dan Universitas Sam Ratulangi, Manado, pada 2019.

dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A berpraktik di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 13 tahun, dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A. bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan thalassemia. 

Ibu juga bisa berkonsultasi dengan dokter Gracia terkait nafsu makan dan nutrisi anak, perkembangan anak, DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, alergi dan imunitas anak, serta bayi lahir kecil dan prematur.

Chat dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

4. dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD

Ibu juga dapat menghubungi dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD yang mendapatkan gelar dokternya di Universitas Hang Tuah Surabaya pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi Manado pada 2020.

Saat ini, dokter Puguh berpraktik di Bekasi dan Cikarang, Jawa Barat dan termasuk anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 12 tahun, dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait perawatan thalassemia pada anak.

Ia juga bisa memberikan solusi seputar hipertensi, gangguan kesehatan lansia, masalah kesehatan paru, alergi dan fungsi ginjal.

Chat dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Agnita Irawaty Sp.PD

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Agnita Irawaty Sp.PD. Ia adalah lulusan Universitas Tarumanagara pada 2010 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2022.

Saat ini, ia berpraktik di Yogyakarta dan masih tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI.

Berbekal pengalaman selama 14 tahun, dr. Agnita Irawaty Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar penanganan thalassemia.

Chat dr. Agnita Irawaty Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis anak yang bisa ibu hubungi terkait perawatan thalassemia pada Si Kecil.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline. 

Sebab, ibu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Untuk kesehatan anak yang terjaga dengan baik, segera hubungi dokter di Halodoc, ya!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Thalasemia.
Patient. Diakses pada 2024.Thalassaemia. 
Medical News Today. Diakses pada 2024. What is thalassemia? Everything to know about this blood disorder.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan