• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ketahui 8 Manfaat Kemiri untuk Rambut dan Kulit Bayi

Ibu, Ketahui 8 Manfaat Kemiri untuk Rambut dan Kulit Bayi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ibu, Ketahui 8 Manfaat Kemiri untuk Rambut dan Kulit Bayi

Minyak yang diekstrak dari kemiri bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan rambut dan kulit bayi. Bagi rambut bayi, minyak kemiri bermanfaat untuk memperkuat, melebatkan, menghitamkan, dan menutrisi rambut. Sementara bagi kulit bayi, ekstrak dari tumbuhan tersebut mampu menjaga kelembapan kulit, melindunginya dari sengatan sinar matahari, serta membantu mengobati luka dan melawan bakteri.”

Halodoc, Jakarta – Kemiri adalah rempah-rempah khas Indonesia yang biasanya digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Tidak hanya untuk masakan, minyak kemiri ternyata juga sering digunakan untuk perawatan rambut dan kulit bayi, lho.

Rempah berbentuk biji berwarna putih tersebut mengandung asam lemak, mineral, protein, vitamin, dan antioksidan yang mampu membantu menenangkan kulit bayi yang sensitif. Selain itu, manfaat kemiri juga bisa memicu pertumbuhan rambut bayi, sehingga Si Kecil bisa memiliki rambut yang lebat. Ibu juga tidak perlu khawatir menggunakannya, karena tumbuhan bernutrisi ini aman untuk bayi. Yuk, simak manfaat kemiri untuk rambut dan kulit bayi lebih banyak di sini.

Baca juga: Wajib Tahu! 6 Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

Manfaat Kemiri untuk Rambut Bayi

Kemiri yang sudah diolah menjadi minyak sangat baik untuk diaplikasikan di kepala Si Kecil, karena bisa memberi sejumlah manfaat untuk kesehatan rambutnya. Berikut ini manfaat kemiri untuk rambut bayi:

  1. Memperkuat Rambut

Minyak kemiri bisa membuat rambut bayi tumbuh lebih kuat dan lebih panjang. Minyak dari tumbuhan ini juga bisa mencegah kerontokan rambut, sehingga bayi bisa memiliki rambut yang lebat dan sehat. Oleskan minyak kemiri pada kepala bayi secara rutin untuk pertumbuhan rambut bayi yang sehat.

  1. Menghitamkan Rambut Secara Alami

Ibu mungkin menyadari bahwa kemiri sering dijadikan bahan dasar pada produk shampo yang diformulasikan khusus untuk menghitamkan rambut. Ya, nyatanya, manfaat kemiri lainnya untuk rambut adalah bisa membuat rambut berwarna hitam secara alami. Hal itu berkat kandungan miristat yang dimiliki tumbuhan tersebut. Selain menghitamkan rambut, miristat juga bermanfaat untuk menyehatkan dan menyuburkan rambut, terutama rambut bayi.

  1. Memberi Nutrisi pada Rambut Bayi

Minyak hasil olahan yang diekstrak dari kemiri juga bermanfaat untuk memberi nutrisi pada rambut bayi. Kandungan asam linoleat dalam minyak tersebut, termasuk asam lemak tak jenuh yang sangat berguna untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut, terutama rambut bayi yang masih mengalami proses pertumbuhan.

  1. Menjaga Kesehatan dan Keindahan Rambut Bayi

Kemiri kaya akan protein yang merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh manusia. Asupan protein dibutuhkan agar setiap organ dalam tubuh bisa berfungsi secara optimal, termasuk rambut. Itulah mengapa mengaplikasikan minyak tumbuhan tersebut pada kepala Si Kecil bisa memberinya asupan protein yang diperlukan untuk kesehatan dan keindahan rambutnya.

Baca juga: Fakta Unik Rambut Bayi yang Perlu Diketahui

Manfaat untuk Kulit Bayi

Tidak hanya untuk rambut, kemiri juga sudah dikenal bermanfaat untuk kesehatan kulit. Berikut ini manfaat kemiri untuk kulit bayi:

  1. Melembapkan dan Menghidrasi Kulit Bayi

Minyak kemiri mengandung vitamin E dan asam lemak yang tinggi yang bisa membantu meningkatkan hidrasi di lapisan terluar kulit. Kedua kandungan tersebut juga bisa menjadi pelembap yang efektif dengan membantu menciptakan penghalang minyak alami untuk mencegah kulit menjadi kering. Dengan mengaplikasikan minyak kemiri pada kulit Si Kecil, ibu bisa menjaga kulitnya tetap sehat, kenyal, dan lembap.

  1. Mencegah Kulit Terbakar Sinar Matahari

Ketika menjemur bayi, kulit bayi yang masih sensitif bisa saja memerah atau terbakar. Nah, minyak kemiri yang mudah diserap ke dalam kulit bisa membuat kulit bayi lebih lembap dan terhindar dari sengatan sinar matahari yang membakar.

  1. Melawan Bakteri

Ekstrak pohon kukui atau pohon kemiri memiliki efek antimikroba yang mampu melawan bakteri dan jamur atau Staphylococcus aureus. Selain itu, ekstrak pohon kemiri juga bisa membantu proses penyembuhan luka dan mencegah bakteri menyebar. Bahkan minyak kemiri juga mampu melawan infeksi jamur kulit, seperti gatal-gatal, jamur kuku, dan ketombe.

Bila Si Kecil mengalami infeksi kulit atau masalah kesehatan kulit lainnya, coba bicarakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter bisa memberi saran kesehatan yang tepat dan merekomendasikan obat-obatan melalui Video/Voice Call dan Chat.

  1. Mengobati Luka

Manfaat kemiri lainnya untuk kulit bayi adalah bisa mengobati luka ringan dan luka bakar. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak minyak pohon kemiri bisa mempercepat waktu penyembuhan luka, dan meningkatkan produksi kolagen untuk menghilangkan bekas luka.

Baca juga: Waspadai 5 Masalah Kulit pada Bayi Baru Lahir

Itulah manfaat kemiri untuk rambut dan kulit bayi. Jangan lupa download Halodoc juga ya bu untuk membantu ibu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Referensi:
Styles at Life. Diakses pada 2021. 18 Interesting Hazelnut Benefits for Health, Hair & Skin
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Reasons to Use Hazelnut Oil for Your Skin.
Dr Health Benefits. Diakses pada 2021. 7 Health Benefits of Candlenut Oil for Hair and Skin.
Liputan 6. Diakses pada 2021. 12 Manfaat Kemiri untuk Rambut dan Kulit Bayi, Jaga Kesehatannya