• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Perlu Tahu, Ini 4 Gejala Awal Kanker Payudara pada Remaja

Ibu Perlu Tahu, Ini 4 Gejala Awal Kanker Payudara pada Remaja

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ibu Perlu Tahu, Ini 4 Gejala Awal Kanker Payudara pada Remaja

“Dari seluruh jenis penyakit kanker, hingga kini kanker payudara menjadi penyakit penyebab kematian tertinggi pada perempuan. Bukan hanya seseorang berusia lanjut saja, remaja pun bisa mengalaminya. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui gejala awal kanker payudara pada remaja, agar langkah penanganannya dapat segera dilakukan.”

Halodoc, Jakarta – Pola hidup tidak sehat yang dijalani menjadi penyebab utama kanker payudara pada remaja. Kemunculan kanker biasanya sulit untuk diobati, karena baru terdeteksi ketika sudah stadium lanjut.

Oleh karena itu, deteksi dini dengan mengetahui gejala awal kanker payudara sangatlah penting. Berikut ini gejala awal kanker payudara, beserta teknik SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) untuk mendeteksi adanya gejala.

Baca juga: Cegah Kanker Payudara dengan Konsumsi Makanan Sehat Ini

Gejala Awal Kanker Payudara

Meski tidak memiliki risikonya, kamu perlu mengetahui gejala awal kanker payudara untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Jika penyakit terdeteksi di stadium awal kemunculannya, persentase keberhasilan pengobatan menjadi semakin meningkat. Berikut ini tanda kanker payudara di stadium awal kemunculannya:

1. Benjolan di Payudara

Semua pengidap kanker payudara pasti merasakan tanda yang satu ini. Benjolan biasanya tidak selalu disertai dengan rasa sakit. Benjolan ini bisa dirasakan saat diraba melalui teknik SADARI yang dilakukan secara mandiri di rumah.

2. Perubahan Kulit Payudara

Perubahan kulit payudara ditandai dengan kemerahan akibat iritasi. Selain perubahan warna, tekstur payudara terlihat seperti kulit jeruk. Area payudara yang terkena kanker tampak berlekuk dan menebal.

3. Nyeri pada Puting

Perubahan pada puting bukan hanya ditandai dengan rasa nyeri saja, tetapi juga tekstur puting menjadi mengeras, bahkan puting bisa saja masuk ke dalam. Cairan tidak normal juga akan keluar dari dalam puting.

4. Benjolan di Ketiak

Benjolan ketiak bisa saja muncul akibat jaringan payudara meluas ke area tersebut. Sel kanker dapat menyebar ke area tersebut melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Sejumlah gejala awal kanker payudara tersebut dapat terdeteksi saat kamu melakukan teknik SADARI. Lantas, bagaimana cara melakukan teknik tersebut?

Baca juga: Benarkah Benjolan di Ketiak Bisa Menjadi Gejala Kanker Payudara?

Lakukan Teknik SADARI

Waktu terbaik untuk melakukan teknik ini adalah seminggu pasca menstruasi. Tidak disarankan untuk melakukan teknik SADARI saat sedang menstruasi, karena kadar hormon dalam tubuh sedang berfluktuasi, sehingga tubuh banyak mengalami perubahan, termasuk area payudara. Ini cara melakukan teknik SADARI:

1. Ketika di Depan Cermin

  • Perhatikan payudara. Payudara kanan umumnya lebih besar atau lebih kecil daripada bagian kiri.
  • Berdirilah dengan posisi santai. Perhatikan bentuk, ukuran, warna kulit, serta bentuk puting.
  • Posisi tolak pinggang, dan kencangkan otot dada. Perhatikan payudara sembari menghadap kanan dan kiri.
  • Membungkuk di depan kaca, kemudian raba payudara.
  • Posisikan tangan di belakang kepala, kemudian kencangkan otot dada. Perhatikan payudara.

Untuk memeriksa ada atau tidaknya cairan yang keluar dari puting, kamu bisa menempatkan jempol dan telunjuk di sekitar area puting. Tekan secara perlahan. Ulangi cara yang sama di payudara sisi lain.

2. Ketika sedang Mandi

Ketika sedang mandi, teknik dapat dilakukan dengan mengangkat satu tangan ke kepala. Untuk meraba payudara, gunakan tangan lain yang sudah dilumuri sabun. Sabun akan memudahkan gerakan tangan untuk memeriksa adanya benjolan.

3. Ketika sedang Berbaring

Ketika sedang berbaring, teknik dapat dilakukan dengan merebahkan tubuh di permukaan datar. Kemudian tempatkan gulungan handuk atau bantal kecil di bawah pundak. Posisikan tangan kanan di bawah kepala, dengan tangan kiri yang sudah dilumuri losion meraba payudara sebelah kanan. Meraba dapat dilakukan dengan gerakan melingkar mengikuti arah jarum jam. 

Baca juga: Inilah Gaya Hidup Sehat untuk Pengidap Tumor Jinak Payudara

Tidak perlu terburu-buru saat melakukan teknik SADARI. Pastikan untuk tetap tenang jika menemukan salah satu gejala yang telah disebutkan. Silahkan langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat untuk memantau gejala dan melakukan langkah penanganan tepat sesuai dengan penyebabnya.

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Breast Cancer.

Cancer Research UK. Diakses pada 2021. Breast Cancer. Stage 1.

National Breast Cancer Foundation. Diakses pada 2021. Breast Self-Exam.

Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Breast Self-Exam.