Idap Batu Empedu, Hindari 5 Makanan Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Idap Batu Empedu, Hindari 5 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan sepelekan sakit perut yang kamu rasakan terus menerus karena bisa menjadi gejala penyakit serius seperti penyakit batu empedu. Penyakit batu empedu adalah batuan kecil yang terbentuk pada saluran empedu yang disebabkan oleh kolesterol.

Pada awalnya, kondisi batu empedu tidak menimbulkan gejala, namun seiring waktu semakin parahnya kondisi penyakit ini, batu empedu menyumbat ujung empedu dan menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut. Nyeri yang disebabkan oleh batu empedu dikenal sebagai nyeri kolik. Kondisi ini bisa muncul secara tiba-tiba dan bertahan dalam hitungan jam.

Baca juga: 5 Gejala Batu Empedu

Ada beberapa gejala yang akan dialami oleh pengidap batu empedu, selain sakit perut yang tak kunjung hilang, kondisi demam, mual dan muntah juga akan dialami oleh pengidap batu empedu sebagai gejala. Tidak hanya itu, hilangnya nafsu makan yang disertai dengan gejala lain seperti gatal pada bagian kulit, linglung dan mengalami sakit kuning juga menjadi tanda yang cukup khas bagi pengidap batu empedu. Jadi tidak ada salahnya untuk segera menghubungi dokter atau menjaga kesehatan kamu dengan mengatur pola makan kamu sehari-hari.

Seperti penyakit lain, pengidap batu empedu nyatanya juga memiliki beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi. Berikut adalah makanan yang perlu dihindari bagi pengidap batu empedu:

1. Telur

Pengidap batu empedu harus mengurangi konsumsi telur karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Konsumsi telur terlalu banyak memicu serangan kantong empedu bagi pengidap batu empedu.

2. Makanan dengan Lemak Tinggi

Daging berlemak tinggi seperti daging merah dapat memperparah kondisi batu empedu. Tidak ada salahnya untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi. Jika kamu ingin mengonsumsi daging, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi daging tanpa lemak. Selain terhindar memperparah kondisi batu empedu, kamu mendapatkan asupan protein bagi kesehatan.

Baca juga: 8 Orang dengan Risiko Sakit Batu Empedu

3. Makanan yang Digoreng

Ketika kamu mengidap batu empedu, hindari makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Lemak jenuh memberikan dampak buruk pada kondisi batu empedu yang kamu alami. Jika dirasa perlu sekali untuk konsumsi makanan yang digoreng, sebaiknya gunakan minyak zaitun atau canola sebagai alternatif sehat untuk menggoreng makanan.

4. Makanan Olahan

Menurut University of Maryland Medical Center, makanan olahan memiliki kandungan asam lemak trans yang cukup tinggi. Jadi sebaiknya hindari konsumsi makanan olahan jika kamu memiliki penyakit batu empedu.

5. Produk Susu Tinggi Lemak

Seluruh produk susu yang memiliki kadar lemak tinggi nyatanya cukup berisiko bagi pengidap batu empedu. Tidak hanya susu, makanan yang memiliki kandungan susu seperti keju, yoghurt dan es krim juga perlu dihindari untuk dikonsumsi. Menghindari mengkonsumsi makanan ini membuat kamu terhindar dari komplikasi penyakit batu empedu.

Bagi kamu yang memiliki kondisi batu empedu atau tidak, sebaiknya tetap menjaga pola makan agar kamu terhindar dari segala penyakit. Bagi pengidap batu empedu, ada beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi seperti sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kebutuhan gizi dan nutrisi bagi pengidap batu empedu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Yang Perlu Diketahui Tentang Batu Empedu