• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Idap Hipertensi Berisiko Tinggi Alami Penyakit Asam Urat

Idap Hipertensi Berisiko Tinggi Alami Penyakit Asam Urat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Hipertensi dan asam urat adalah dua jenis penyakit yang berbeda. Namun, kedua penyakit ini ternyata saling berkaitan. Orang yang mengidap hipertensi disebut lebih rentan mengalami penyakit asam urat alias asam urat tinggi. Sebaliknya, kadar asam urat yang terlalu tinggi nyatanya juga bisa memicu peningkatan tekanan darah. 

Hipertensi adalah penyakit yang ditandai dengan melonjaknya tekanan darah. Seseorang dikatakan mengalami kondisi ini jika hasil pemeriksaan tekanan darahnya menunjukkan angka 130/80 mmHg atau lebih. Sementara asam urat tinggi adalah penyakit yang muncul karena melonjaknya kadar asam urat yang terjadinya karena asupan purin berlebih.

Baca juga: Ini Penyebab Tekanan Darah bisa Naik Drastis

Kaitan Hipertensi dan Asam Urat 

Ada studi yang menemukan bahwa penyakit hipertensi ternyata berkaitan dengan naiknya kadar asam urat tinggi. Semakin tinggi tekanan darah seseorang, risiko kadar asam urat meningkatkan juga akan menjadi lebih besar. Tidak berbeda jauh, saat kadar asam urat seseorang terlalu tinggi, risiko naiknya tekanan darah menjadi lebih besar, sehingga bisa berujung pada penyakit hipertensi. 

Ternyata, menurut penelitian, kaitan antara penyakit hipertensi dengan kadar asam urat tinggi terjadi karena pengaruh asam urat terhadap peningkatan stres oksidatif. Kondisi tersebut kemudian memicu pengaktifan sistem renin-angiotensin yang kemudian memicu disfungsi disfungsi endothel dan vasokontriksi pembuluh perifer. Semakin lama, kondisi tersebut akan memengaruhi pembuluh darah dan berujung pada penyakit hipertensi. 

Melansir Science Daily, mengatur kadar asam urat nyatanya penting dilakukan untuk menghindari dampak negatif dari penyakit hipertensi. Dengan menurunkan atau menjaga kadar asam urat tetap stabil, tekanan darah juga bisa tetap dijaga, sehingga risiko munculnya komplikasi berbahaya dari penyakit ini bisa dihindari. 

Baca juga: Kadar Asam Urat Rendah, Apakah Berbahaya?

Hipertensi adalah kondisi yang tidak boleh disepelekan sama sekali karena bisa memicu gangguan kesehatan yang lebih berbahaya, termasuk memicu kerusakan kardiovaskular, penyakit jantung, hingga stroke. Hipertensi alias tekanan darah tinggi memicu peningkatan tekanan darah di dalam tubuh. Nah, hal itu haruslah diwaspadai. 

Peningkatan jumlah total atau volume darah di pembuluh darah akan menyebabkan organ tersebut bekerja lebih keras, sehingga berpotensi mengalami kerusakan. Semakin lama, hal tersebut memicu tekanan pada pembuluh darah meningkat dan berimbas pada meningkatnya tekanan darah. Tidak hanya itu, tingginya tekanan darah juga akan memberi beban ekstra pada organ hati dan organ vital lainnya. 

Tekanan darah tinggi yang dibiarkan dalam waktu lama dan tidak ditangani dengan tepat bisa memicu kondisi yang lebih parah. Selain menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan menghindari kadar asam urat tinggi, disarankan juga untuk membatasi asupan garam agar terhindar dari risiko hipertensi. Pasalnya, bumbu penyedap rasa makanan ini disebut bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada pembuluh darah dan bisa berujung pada melonjaknya tekanan darah. 

Biar lebih aman, pastikan untuk membatasi asupan garam, bukan menghentikannya sama sekali. Sebab, kekurangan asupan yodium juga bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Bagaimanapun, tubuh manusia tetap membutuhkan asupan garam secukupnya. 

Baca juga: Ini 8 Makanan yang Membuat Hipertensi Kambuh

Kalau kehabisan obat hipertensi atau asam urat, beli pakai aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Unggah resep dokter ke aplikasi dan dapatkan obat tanpa ribet. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Science Daily. Diakses pada 2021. High Levels Of Uric Acid May Be Associated With High Blood Pressure. 
AHA Journals. Diakses pada 2021. Is There a Pathogenetic Role for Uric Acid in Hypertension and Cardiovascular and Renal Disease?
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know about Gout.
American Heart Association. Diakses pada 2021. Why Should I Limit Sodium?
NHS Choices UK. Diakses pada 2021. High Blood Pressure (Hypertension).