• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kadar Asam Urat Rendah, Apakah Berbahaya?

Kadar Asam Urat Rendah, Apakah Berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang menghubungkan perasaan sakit hingga menimbulkan bengkak pada persendian dengan gangguan asam urat tinggi. Hal tersebut dapat membuat pengidapnya kesulitan untuk berjalan karena lebih umum menyerang bagian kaki. Gangguan asam urat tinggi umumnya disebabkan oleh konsumsi makan yang buruk.

Namun, tahukah kamu apabila seseorang juga dapat mengidap asam urat rendah? Gangguan ini memang terbilang jarang menimbulkan gejala pada pengidapnya, tetapi bukan berarti tidak dapat menimbulkan hal yang berbahaya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan oleh asam urat rendah. Berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga: Asam Urat di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Bahaya dari Kadar Asam Urat Rendah

Baik kadar asam urat tinggi maupun rendah dapat berhubungan dengan peningkatan risiko dari penyakit parah hingga kematian. Artinya, terdapat hubungan antara kadar asam urat dalam darah dengan penyebab gangguan kardiovaskular hingga penyakit parah lainnya seperti kanker. Asam urat dapat berhubungan erat dengan gangguan batu ginjal yang dapat menyebabkan hipertensi, sindrom metabolik, dan penyakit ginjal.

Kadar asam urat pada pria dan wanita dapat berbeda-beda. Untuk pria, tubuh yang sudah dikategorikan mengidap asam urat rendah adalah saat pemeriksaannya sebesar 3,5 hingga 4,4 mg/dL. Pada wanita, dirinya mengidap asam urat rendah apabila hasil pemeriksaan mencapai 2,5 hingga 3,4 mg/dL.

Seorang wanita yang mengidap asam urat rendah lebih berisiko untuk mengidap gangguan pada kardiovaskular dan kanker dibandingkan pada wanita. Namun, hal ini masih dalam penelitian sehingga datanya belum signifikan. Selain itu, asam urat rendah juga dapat menyebabkan stres oksidatif dan disfungsi endotel, yang dapat berdampak pada hipertensi dan diabetes.

Bahaya dari asam urat rendah dapat dibagi menjadi beberapa kategori layaknya kanker. Seseorang umumnya baru menyadari jika dirinya mengidap penyakit ini saat sudah gangguan sudah berkembang menjadi akut. Berikut adalah beberapa pembagian kategori dari asam urat rendah pada seseorang:

  1. Tahap 1

Pada tahap ini, seseorang yang mengidapnya mungkin tidak merasakan gangguan apa pun yang disebabkan oleh asam urat yang rendah. Tahap ini disebut juga dengan kategori asimtomatik. Banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya terserang gangguan ini sehingga tidak dapat diatasi secara dini yang terus berkembang ke tahap selanjutnya.

Baca juga: Mengidap Asam Urat? Lawan dengan 6 Makanan Ini

  1. Tahap 2

Di tahap ini, pengidapnya sudah mengalami gangguan yang akut. Pengidapnya akan mengalami peradangan pada tubuh ditandai dengan perasaan sakit yang parah, pembengkakan, dan rasa tidak nyaman di jempol kaki. Selain itu, kamu mungkin juga mengalami demam di beberapa kesempatan. Apabila kamu telah mengalami gejala tersebut, ada baiknya untuk langsung melakukan pemeriksaan agar dapat diatasi secara dini.

  1. Tahap 3

Seseorang yang telah memasuki tahap ini, kondisinya sudah semakin memprihatinkan sehingga mungkin saja harus dirawat. Tahap ini disebut juga dengan kategori interkritikal. Jika kamu sudah mencapai tahap ini, pengidapnya telah merasakan gejala-gejala dari asam urat selama satu hingga dua tahun. Maka dari itu, penting untuk memeriksakan diri secara rutin terkait perkembangan penyakit yang terjadi.

  1. Tahap 4

Jika telah mencapai tahap ini, banyak gangguan berbahaya yang terjadi disebabkan asam urat yang terlalu rendah. Kamu mungkin saja mengalami perubahan pada bentuk sendi yang akan sulit untuk dikembalikan seperti normal yang disebut juga dengan arthritis gout. Saat telah memasuki tahap yang paling kronis ini, akan sulit untuk membuat kadar asam urat kembali normal.

Itulah beberapa bahaya yang dapat timbul diakibatkan oleh gangguan asam urat rendah. Penting untuk selalu memperhatikan semua makanan yang dikonsumsi agar tidak menimbulkan penyakit di kemudian hari. Di balik rasa yang nikmat, biasanya dampaknya juga tidak sedikit apabila terlalu sering dikonsumsi.

Baca juga: Pengidap Asam Urat Sebaiknya Lakukan Diet, Catat Tipsnya

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait bahaya-bahaya yang dapat timbul jika kadar asam urat pada tubuh terlalu rendah. Caranya mudah sekali, caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Referensi:
Medpage Today. Diakses pada 2020. Uric Acid: Both High and Low are Hazardous.
NCBI. Diakses pada 2020. Low Serum Uric Acid Level Is a Risk Factor for Death in Incident Hemodialysis Patients.