• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ikan dan Sayuran, Ini 6 Sumber Vitamin A untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ikan dan Sayuran, Ini 6 Sumber Vitamin A untuk Kesehatan

Ikan dan Sayuran, Ini 6 Sumber Vitamin A untuk Kesehatan

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 September 2022

“Terdapat beberapa makanan sumber vitamin A yang baik baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah ikan salmon, setengah fillet-nya (229 mikrogram) dapat menyediakan 25 persen kebutuhan harian vitamin A.”

Ikan dan Sayuran, Ini 6 Sumber Vitamin A untuk KesehatanIkan dan Sayuran, Ini 6 Sumber Vitamin A untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan berperan penting dalam beberapa hal pada tubuh. Mulai dari menjaga penglihatan tetap sehat, menunjang pertumbuhan tubuh, hingga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan reproduksi. Berdasarkan beberapa manfaatnya bagi tubuh, penting untuk selalu memenuhi asupan vitamin A setiap harinya. 

Asupan vitamin A dapat diperoleh melalui konsumsi beberapa makanan sehat, seperti ikan dan sayuran tertentu. Namun, kira-kira apa saja ya makanan sehat yang dapat menjadi sumber vitamin A? Yuk, ketahui informasinya di sini!

Beberapa Sumber Vitamin A untuk Kesehatan 

Terdapat beberapa makanan seperti ikan dan sayuran yang dapat menjadi sumber vitamin A yang baik, antara lain: 

1. Ikan salmon 

ikan salmon

Pilihan makanan pertama yang dapat menjadi sumber vitamin A adalah ikan salmon. Di mana setengah fillet ikan salmon: 229 mikrogram dapat menyediakan 25 persen kebutuhan harian vitamin A. Sementara itu, pada porsi lain, sekitar 100 gram: 149 mikrogram salmon dapat menyediakan 17 persen kebutuhan harian vitamin A. Menariknya lagi, selain kaya akan vitamin A, ikan salmon juga diketahui kaya akan protein yang baik.

2. Telur rebus

telur rebus

Telur rebus merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki banyak nutrisi penting di dalamnya. Nah, selain mengandung protein dan beberapa mineral, nyatanya telur rebus juga kaya akan vitamin A. Perlu diketahui bahwa setiap 1 ons telur (sekitar 83 mikrogram) dapat memberikan sembilan persen kebutuhan harian vitamin A. Sementara itu, setiap 100 gram telur rebus dapat memberikan 249 mikrogram atau sekitar 33 persen kebutuhan harian vitamin A. 

3. Ikan makarel

ikan makarel

Ikan makarel adalah ikan yang diketahui juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Perlu diketahui bahwa setengah ikan makarel yang dipotong berukuran 388 mikrogram dapat menyediakan sekitar 43 persen kebutuhan harian vitamin A. Menariknya lagi, makarel juga diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan tubuh. Salah satunya adalah berpotensi meningkatkan kesehatan jantung pada orang dewasa. 

4. Sayuran kale

sayuran kale

Sayuran kale adalah makanan padat nutrisi, karena rendah kalori namun diperkaya oleh banyak vitamin, mineral, dan antioksidan penting. Salah satu vitamin yang terkandung pada sayuran kale dan memiliki kadar yang tinggi adalah vitamin A. Perlu diketahui bahwa setiap satu cangkir sayuran kale yang direbus (885 mikrogram) dapat menyediakan 98 persen kebutuhan harian vitamin A. 

5. Bayam 

bayam

Seperti sayuran berdaun hijau lainnya, bayam juga merupakan sayuran mengandung banyak nutrisi. Salah satu nutrisi tersebut adalah vitamin A. Di mana setiap setengah cangkir bayam rebus dapat menyediakan 573 mikrogram vitamin A atau 64 persen dari kebutuhan harian.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bayam dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, sayuran ini juga diklaim dapat meningkatkan kesehatan jantung. 

6. Wortel 

wortel

Setengah cangkir wortel mentah dapat mengandung 459 mikrogram Vitamin A atau 51 persen dari kebutuhan harian. Wortel juga rendah akan kalori namun tinggi akan serat. Serat sendiri diketahui dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan tubuh. 

Itulah beberapa makanan seperti ikan dan sayuran yang dapat menjadi sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan. Mulai dari ikan salmon, telur rebus, ikan makarel, sayuran kale, bayam, hingga wortel. Karena itu, tidak ada salahnya untuk memasukan berbagai makanan tersebut ke dalam menu sehari-hari. 

Selain itu, memenuhi asupan vitamin A tentunya juga dapat dilakukan melalui konsumsi suplemen kesehatan. Jika saat ini kamu membutuhkannya, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Halodoc, lho. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre lama di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. 20 Foods That Are High in Vitamin A. 
Medical News Today. Diakses pada 2022. Which foods are rich in vitamin A?